Using RabbitVCS

RabbitVCS adalah software alternatif dari RapidSVN yang selama ini saya gunakan untuk menerjemahkan Blender. Saya mendapatkan informasi tentang software tersebut dari mas Aditia. 
Awalnya saya bingung karena setelah melakukan instalasi seperti yang sudah dibeberkan di situs resmi RabbitVCS, saya tidak menemukan aplikasi RabbitVCS untuk segera melanjutkan penerjemahan Blender yang sudah lama terbengkalai. Ternyata setelah bertanya lagi kepada mas Aditia, RabbitVCS sudah otomatis terintegrasi dengan nautilus, sehingga langsung dapat diakses melalui nautilus.
Using RabbitVCS 1
Dari sini saya terfikirkan untuk membuat sebuah ebook tentang penggunaan RabbitVCS. Semoga project tersebut bisa saya selesaikan pada liburan semester ini. Dengan adanya ebook tersebut, orang yang awam tentang pemrograman seperti saya ini dapat berkontribusi dalam pengembangan project open source. Dalam jangka waktu yang lama, user tidak hanya menjadi seorang user, melainkan juga developer. Semoga belum keduluan orang lain untuk ebooknya :Dv.
Kini saatnya kembali ke RabbitVCS, software ini dapat digunakan untuk mengakses dan menyunting SVN (SubVersioN), mungkin lebih cocok jika disebut sebuah plugin dari nautilus dan sejenisnya. RabbitVCS hanya dapat tersedia untuk pengguna sistem operasi LINUX dan MAC.
Berikut langkah-langkah untuk melakukan instalasi RabbitVCS di ubuntu

Add reposityory dengan cara

sudo add-apt-repository ppa:rabbitvcs/ppa
Update repository dengan cara
sudo apt-get update
Dan install RabbitVCS
sudo apt-get install rabbitvcs-nautilus2 rabbitvcs-thunar rabbitvcs-gedit rabbitvcs-cli
Untuk pengguna nautilus 3 atau pengguna ubuntu oeneric ubahlah

rabbitvcs-nautilus2

menjadi

rabbitvcs-nautilus3

Setelah selesai melakukan instalasi langsung saja restart nautilus atau komputer. Temukan rabbitvcs pada nautilus > file.

Using RabbitVCS 2



Selamat mencoba dan ditunggu partisipasinya di project open source seperti penerjemahan Blender ke dalam bahasa Indonesia 🙂

Saya juga ada di Instagram facebook Twitter dan Youtube Suka menulis tentang blogging di panduaji.com

2 thoughts on “Using RabbitVCS”

Leave a Comment