Cara Membatalkan Tiket Kereta Api Supaya Uang Kembali

Last Updated on 2 years by panduaji

Beberapa bulan lalu sebelum melakukan perjalanan backpacker ke myanmar dan thailand selama 9 hari aku punya agenda untuk berkunjung ke Jogja. Aku pun sudah terlanjur beli tiket sebelum bulan Februari. Dengan harga tiket Malioboro Express Rp. 140.000. Padahal kan bulan Februari ada promo tiket kereta api. Tapi karena ada diskon channel aku hanya perlu membayar Rp. 132.500.

Beberapa hari sebelum keberangkatan aku membatalkan kepergian ke Jogja dengan alasan tertentu. Udah terlanjur beli tiket PP dengan nilai Rp. 265.000 kan sayang kalau dibiarkan hangus begitu saja. Akhirnya aku putuskan untuk membatalkan tiket supaya bisa mendapatkan uang kembali meski enggak 100%. Bagaimana caranya membatalkan tiket kereta api supaya uang pembelian tiket bisa kembali? Ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Membatalkan Tiket Kereta Api

Cara Membatalkan Tiket Kereta Api Supaya Uang Kembali 1
Perlu diingat, meski dengan melakukan pembatalan tiket, kita tidak bisa mendapatkan uang pembatalan tiket sebanyak 100%, kita dikenakan biaya pembatalan tiket sebesar 25% dari harga tiket. Jadi dari tiket yang aku batalkan senilai Rp. 132.500, uang yang kembali sekitar Rp. 99.000 di kali dua tiket Pulang Pergi totalnya sekitar Rp. 198.000. Apalagi kalau beli tiket kereta api gajayana yang harganya 550ribu, kan mayan juga tuh.

Datangi Customer Service Stasiun

Sebelum datang ke CS stasiun, pastikan kamu datang ke stasiun yang menerima pembatalan dan pemgambilan tiket kereta api. Berikut daftar stasiun yang menerima pembatalan dan pengambilan uang tiket.
Daftar Stasiun yang Melayani Pembatalan Tiket Kereta Api
No Nama Stasiun Daerah operasi
1 Medan, Tebingtinggi, Siantar, Tanjungbalai, Kisaran Rantauprapat Divre I Sumatera Utara
2 Padang Divre II Sumatera Barat
3 Kertapati, Prabumulih, Lubuklinggau, Baturaja, Kotabumi, Tanjungkarang Divre III Sumatera Selatan
4 Serang, Rangkasbitung, Jakartakota, Gambir, Pasar Senen, Bogor,Bekasi, Cikampek Daop 1 Jakarta
5 Purwakarta, Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya, Banjar Daop 2 Bandung
6 Cirebon, Cirebon perujakan, Jatibarang, Brebes Daop 3 Cirebon
7 Tegal, Pekalongan, Semarangponcol, Semarangtawang, Cepu, Bojonegoro Daop 4 Semarang
8 Purwokerto, Kroya, Cilacap, Kutoarjo Daop 5 Purwokerto
9 Yogyakarta, lempuyangan, Solobalapan Daop 6 Yogyakarta
10 Madiun, Kertosono, Kediri, Jombang Daop 7 Madiun
11 Surabayagubeng, Surabaya Pasarturi, Sidoarjo, Malang, Mojokerto, Blitar Daop 8 Surabaya
12 Banyuwangi Baru, Kalibaru, Jember, Probolinggo, Pasuruan Daop 9 Jember
Di Blitar, untuk melakukan pembatalan tiket cukup membawa KTP Asli atas nama pemesan tiket. Nanti sama mbak CSnya KTP akan di fotokopi dan diisikan form pembatalan tiketnya. Pembatalan tiket tidak bisa diwakilkan kalau tanpa surat kuasa ya. Tiket print outnya juga jangan lupa untuk dibawa. Bukan hanya kode bookingnya. (Tiap stasiun pelayanan csnya berbeda-beda)

Setelah form pemesanan terisi, sama mbaknya diinstruksikan untuk datang ke loket pembatalan tiket. Nah, di loket yang melayani pembelian tiket go show sekaligus pembatalan tiket ini semua di proses dan diinformasikan biaya yang akan dikembalikan. Kalau setuju langsung di proses.

Menunggu Proses Pengembalian Uang (Refund) Tiket Kereta Api

Form Pembatalan Tiket Kereta Api
Form Pembatalan Tiket Kereta Api
Keluar dari loket kita akan menerima bukti pembatalan tiket yang digunakan untuk mengambil uang pengembalian. Uang pengembalian ini baru bisa diambil setelah 30 hari terhitung sejak tanggal pembatalan tiket. Jadi kudu nunggu sebulan buat ngambil uang pengembalian tiket. Enggak tau kenapa kok lama buanget.
Di Blitar sepertinya transfer bank tidak di rekomendasikan, karena enggak ditawarin pilihan itu sama mbaknya. Yasudah aku juga pengen tau proses pembatalan tiket, karena banyak juga yang enggak punya rekening bank.
Setelah satu bulan lamanya, aku datang ke stasiun kereta api Blitar lagi untuk mengambil uang kembalian. Langsung datang ke loket pembatalan tiket dan menyerahkan form pembatalan tiket. Dan uang langsung cair deh. Lumayanlah uangnya kembali Rp. 198.000 dan yang Rp. 3.000 untuk parkir motor di Stasiun.
Itulah proses pembatalan tiket kereta api. Waspada ya jangan sampai form pembatalan tiketnya hilang karena kalau hilang enggak bisa diambil uangnya. Aku dulu pernah melakukan pembatalan namun entah formnya hilang kemana aku juga enggak tahu. Apes banget deh -_-
Semoga informasinya bermanfaat
Previous

Itinerary dan Biaya Backpacker Myanmar – Thailand 9 Hari

Tips Sebelum Usaha Jualan Barang

Next

Saya juga ada di Instagram facebook Twitter dan Youtube Suka menulis tentang blogging di panduaji.com

12 thoughts on “Cara Membatalkan Tiket Kereta Api Supaya Uang Kembali”

  1. Mas mau tanya, kalau untuk tiket PP apa bisa dilakukan di 1 stasiun ?
    Misal jakarta-blitar, 2 tiket tersebut saya kembalian di 1 stasiun saja (stasiun blitar)
    Tanpa harus ke stasiun yang ada di jakarta nya kah ?

    Reply
  2. Soalnya sekarang kan di batasi..saya inginnya tetap mudik.takutnya begitu sampai di setasiun di tutup…(di larang mudik) kan itu merugikan saya dan masyarakat yg senasib dengan saya..dan apa juga kena potongan juga semisal di batalkan dari pihak KA…??

    Reply
    • dalam masa pandemi, semua tiket yang dibatalkan mendapatkan refund 100%. Tidak ada potongan untuk pembatalan tiket. Cek dulu jadwal kereta, karena banyak perjalanan kereta api yang dibatalkan

      Reply

Leave a Comment