Rekomendasi Tempat Camping di Blitar

Setelah bertahun-tahun, akhirnya saya putuskan untuk update rekomendasi tempat camping di Blitar! Maklum, camping merupakan salah satu cara untuk menyepi. Tidur dengan bertabur bintang-bintang. Namun sayangnya kemping kalau sendiri itu kurang seru. Ada baiknya mengajak teman-teman yang se-frekuensi.

Ada orang yang suka camping di pegunungan sekalian naik gunung, ada juga yang di tempat nyaman. Adapula yang suka camping di Pantai. Dari banyak pantai di Blitar, enggak semuanya enak buat camping.

Berikut rekomendasi tempat camping di Blitar yang bisa kamu pertimbangkan. Semua tempat yang ditulis ini sudah pernah saya datangi sehingga saya berani untuk merekomendasikannya.

Hutan Pinus Loji

Camping di Hutan Pinus Loji

Salah satu tempat camping terbaik di Blitar yang cocok untuk semua umur. Berada di lereng Gunung Kelud, tepatnya di Desa Tulungrejo, Kec. Gandusari, Kab. Blitar merupakan kawasan hutan pinus yang terletak pada ketinggian sekitar 680 mdpl. Suasana hutan yang sejuk dengan akses jalan untuk siapapun membuat kamu bisa datang naik kendaraan roda dua maupun roda tiga.

Terdapat fasilitas kamar mandi, cocok untuk orang yang mau kemping tapi enggak ngoyo sama sekali. Kalaupun butuh koneksi internet, banyak provider yang bisa digunakan di tempat ini. HTM cuma Rp. 15.000 untuk yang mau menginap di sini.

Pantai Serang

Sunset di Pantai Serang Blitar
Sunset di Pantai Serang Blitar

Selain Pantai Pangi, ada pantai serang yang juga bisa digunakan untuk camping. Camping di bawah pepohonan cemara udang. Kalau ke Pantai Serang, saya lebih suka membawa hammock dan tidur bergelantungan dibandingkan harus tidur di dalam tenda.

Suasana tidur di hammock semalaman benar-benar nyaman. Selama enggak musim angin, nggak perlu khawatir untuk masuk angin. Kalau datang ke Pantai Serang, ada baiknya agak siang. Maksimal jam 4 sore sudah berada di lokasi, karena sayang kalau camping ke Pantai Serang tetapi tidak menikmati keindahan sunset di Pantai ini.

Makan malam di pantai ini bisa dengan ikan bakar. Banyak penjual makanan yang jualan hingga malam kok. Jadi nggak perlu khawatir dengan ketersediaan menu makanan di sini. Bahkan di beberapa warung terdapat wifi.

Pantai Serang yang berada di Desa Serang, Kec. Panggungrejo, Kab. Blitar ini bisa ditempuh sekitar 90 menit perjalanan dari Kota Blitar. Kondisi jalan juga relatif mudah. Bisa diakses dengan motor, mobil, hingga bus medium. Bahkan kalau rombongan rame-rame juga terdapat outbond lho.

Brak Papat Sirah Kencong

Brak Papat Sirah Kencong Blitar

Brak Papat Sirah Kencong sebenarnya merupakan pos para pegawai perkebunan sirah Kencong, selain brak papat terdapat brak satu, dua dan tiga. Meskipun begitu aku nggak tau dimana letakknya. Brak papat merupakan pos tertingginya, di ketinggian 1340 mdpl kita bisa melihat keindahan hamparan kebun teh yang hijau dan megahnya gunung kelud yang menjulang.

Apabila malam, kita bisa melihat keindahan bintang-bintang yang bersaing dengan gemerlap malam lampu di bawah. Aku udah beberapa kali menikmati camping di brak papat sirah kencong ini.

Suasana Malam di Brak Papat Sirah Kencong Blitar

Untuk menuju brak papat sirah kencong ini membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan dari kebun teh sirah kencong dengan berjalan kaki. Selain itu juga terdapat sumber mata air yang jaraknya mungkin sekitar 1 km dari brak papat. Meski agak susah sih ngambilnya dan enggak ada petunjukknya.

Dengan medan yang tidak terlalu sulit, tempat ini sangat cocok untuk mereka yang masih pemula di kegiatan daki mendaki gunung.

Pemandangan pagi di Brak Papat Sirah Kencong Blitar
Pemandangan pagi di Brak Papat Sirah Kencong Blitar

Pantai Pangi

Pantai Pangi Blitar

Pantai Pangi merupakan pantai yang terletak di Ds. Tumpak Kepuh, Kec. Bakung, Kab. Blitar. Sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Blitar. Pantai favorit yang tidak terlalu ramai dengan fasilitas yang cukup memadai serta keindahan yang luar biasa, membuatku suka sekali main ke pantai ini. Kalau dihitung-hitung, ini merupakan pantai yang paling sering aku kunjungi dibandingkan pantai lain.

Sungai di Pantai Pangi Blitar

Di Pantai Pangi, setiap akhir pekan selalu banyak yang camping di sini. Jadi buat kamu yang suka camping, tidak ada salahnya untuk camping di sini. Selain camping ada banyak kegiatan lain yang bisa dikerjakan di pantai pangi ini, salah satunya adalah dengan cara memancing. Enak kan Camping sambil Mancing ?

Kalau ke pantai pangi enggak perlu repot bawa bekal banyak-banyak, karena ada warung yang menjual makanan dan minuman sampai malam. Jadi bener-bener cocok untuk kamu yang ingin menikmati sensasi tidur diluar rumah. Bahkan untuk malam tahun baru sepertinya aku bakalan camping di pantai pangi lagi deh. Camping sambil mancing kepiting buat tahun baruan sepertinya bakalan seru :D.

Gunung Kelud via Tulungrejo

Gunung Kelud via Tulungrejo, Blitar

Meski sampai saat ini statusnya tidak jelas karena masih jadi rebutan Blitar dan Kediri, aku enggak mau ambil pusing. Kediri terus membangun akses wisata ke kawah Kelud, sedangkan Blitar? Sepertinya tidak begitu terlihat prosesnya, entah itu karena menghormati proses rebutan yang belum final atau karean urusan lain. Aku enggak mau komentar lebih jauh.

Pendakian gunung kelud ini bisa ditempuh melalui 2 jalur, yaitu Karangrejo Garumm atau Tulungerejo Gandusari. Kalau mau camping, aku sarankan sih lewat yang Tulungrejo Garum. Sekarang sudah ada post perijinan pendakian dengan retribusi 5 ribu rupiah. 

Rekomendasi Tempat Camping di Blitar 1

Perjalanan pendakian juga lumayan lama jika dibandingkan dengan brak papat sirah kencong. Yaitu sekitar 4 jam perjalanan. Udah gitu enggak ada sumber mata air disepanjang jalur pendakian. Mungkin kamu nanti akan mendengar suara air terjun dengan air yang cukup deras namun tidak bisa dijangkau, karena kalau sudah turun ke air terjun, satu-satunya cara untuk bisa pulang adalah dengan menyusuri sungai sampai bawah. Ini pernah terjadi pada tahun 2015 lalu, ketika melakukan pendakian ke gunung kelud ini. 

Buat kamu yang mau mendaki ke gunung kelud, ada baiknya buat bawa air yang cukup banyak, karena memang tidak ada sumber air yang bisa diandalkan kalau sudah melakukan pendakian ke gunung ini. 

Untuk menuju pos pendakian gunung kelud, dari Blitar Kota ikuti  peta ke arah Wlingi. Kemudian dari Wlingi ikuti petunjuk jalan menuju Rambut Monte. Ikuti terus jalannya sampai kamu sampai di gapura selamat datang di desa Tulungrejo.

Basecamp Pendakian Gunung Kelud Tahun 2015
Basecamp Pendakian Gunung Kelud Tahun 2015

Setelah masuk desa Tulungrejo, ikuti jalan terus sampai ada pertigaan yang terdapat masjid di pojokan. Ambil kiri sampai ada pertigaan lagi dan ambil kanan. Dari situ lurus aja nanti kiri jalan ada tulisan pos pendakian gunung kelud. Rumah nomor dua dari ujung. Kalau bingung, mending tanya rumah pak Dasuki kepada warga sekitar.

Baca : Pendakian ke Gunung Kelud via Tulungrejo

Masih Bingung Tempat Camping di Blitar?

Jadi sampai saat ini masih ada 3 tempat yang aku rekomendasikan untuk camping, tempat lain nyusul ya karena aku belum pernah. Kalau kamu punya referensi tempat camping asyik di Blitar, jangan lupa kasih tau lewat kolom komentar. Kapan-kapan aku coba deh main ke sana.

Saya juga ada di Instagram facebook Twitter dan Youtube Suka menulis tentang blogging di panduaji.com

2 thoughts on “Rekomendasi Tempat Camping di Blitar”

    • sirah kencong atau brak papat? Kalau brak papat musim hujan gini ada sumber mata air. Kalau kemarau mata airnya kering ada baiknya bawa air lebih dari bawah. selebihnya cukup perlengkapan camping biasa sih.

      Reply

Leave a Comment