panduaji

Kategori: Sponsored

#JadiBisa Pergi Dadakan dengan Mudah dan Murah Naik Kereta Api Berkat Traveloka

Diperbarui:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut. Komisi ini membantu kami membiayai keberlangsungan blog ini.

3 tahun belakangan aku menambahkan jalan-jalan sebagai salah satu hobiku. Jadi jangan harap bisa menemukan tulisan tentang jalan-jalan pada artikel lawas blog ini. Kamu baru bisa menemukan catatan perjalanan yang cukup informatif pada postingan 3 tahun terakhir.

Dari sekian banyak cara jalan-jalan yang ada, sebenernya aku lebih suka dengan cara backpacker melakukan perjalanan. Backpacker pas-pas an tentunya karena sangat sesuai dengan kemampuan finansial saat ini. Aku lebih suka berdiam diri untuk mengamati jalan-jalan yang kulalui daripada tergesa-gesa untuk mengejar tempat-tempat yang harus aku datangi ketika aku berada di suatu daerah.

Baca : Naik Kereta Api Gajayana Luxury

Dari berbagai macam moda transportasi yang ada, kereta api merupakan salah satu kendaraan favorit untuk menikmati perjalanan. Dengan kereta api aku bisa melihat perbedaan dari setiap daerah yang dilalui hanya dengan menoleh ke luar jendela, berbeda dengan kendaraan pribadi yang mana aku harus fokus melihat kedepan karena terlalu beresiko untuk menoleh tanpa berhenti.

Kereta api yang melintas di belakang rumah

Sebagai pejalan pas-pasan yang enggak suka ribet, seringkali aku harus memperhatikan setiap detail perjalanan sebagai referensi. Meski dalam prakteknya, banyak rencana yang berubah. Karena ada kalanya terlalu asyik atau bosan dengan tujuan-tujuan yang aku rencanakan sebelumnya. Kereta api mungkin memang tidak fleksibel seperti Bus, tetapi kereta api bisa memastikan kalau aku bisa diantarkan dari kota A ke kota B pada pukul sekian. Sehingga tidak perlu membuatku menunggu tanpa kepastian layaknya Bus dari Tulungagung ke Blitar di malam hari yang pada akhirnya memaksaku untuk menginap satu malam di terminal.

Saat menulis ini aku sedang bingung antara berangkat ke Solo untuk menghadiri Kopdar Blogger atau mengurungkannya. Aku masih bisa memesan kereta api Malioboro Ekspress yang berangkat pada pukul 10 pagi nanti melalui aplikasi traveloka. Aku baru tahu kalau sekarang bisa pesan tiket kereta api online 3 jam sebelum keberangkatan melalui aplikasi Traveloka. Ternyata Traveloka sudah menjadi partner resmi KAI sehingga bisa menyediakan tiket sangat akurat dengan harga paling murah.

Ada banyak kereta api yang melayani rute Blitar – Solo lengkap dengan harga tiket dan jam keberangkatan tanpa harus membuka rutenya. Belum lagi fasilitas filter sesuai keberangkatan dan harga sehingga bisa milih yang sesuai. Karena ada acara nanti malam, setidaknya siang / sore aku sudah harus sampai Solo. Ternyata hanya ada dua pilihan yaitu kereta eksekutif dan ekonomi. Tanpa pikir panjang lagi tentu aku pilih yang ekonomi, cuma 175 ribu. Lebih murah dibanding eksekutif yang 250ribu :D.

Pilihan kereta api Blitar - Solo
Pilihan kereta api Blitar – Solo lengkap dengan jam dan harga

Sebelumnya aku sudah beberapa kali menggunakan aplikasi traveloka untuk membeli tiket pesawat maupun penginapan, sehingga aku enggak perlu repot-repot mengisi data diri lagi yang lumayan memakan waktu. Aku cukup klik dan klik data diri untuk keperluan pemesanan tiket kereta api sudah terisi.

Pilih tempat duduk kereta di Aplikasi Traveloka

Setelah memilih kereta dan mengisi data diri, ternyata aku bisa memilih tempat duduk sendiri dan gerbongnya. Sehingga aku bisa memastikan bahwa selama perjalanan pemandangan indah disepanjang rel di musim tanam padi tidak kulewatkan.

Ada banyak pilihan pembayaran yang tersedia, sehingga aku enggak perlu jauh-jauh datang ke ATM untuk membayar. Cukup bayar dari internet banking di rumah. Aku sempat ragu ketika ingin membayar pesanan ini. Karena belum yakin 100% untuk berangkat. Aku iseng coba lanjutkan pembayaran dengan memilih layanan bank yang aku miliki. Lha kok ternyata di halaman selanjutnya ada menu kupon yang identik dengan promo. Aku coba aja tekan tombol menu diatas kanan aplikasi, jebule ada menu OnGoing Promo. Enggak pakai lama aku coba klik menu tersebut.

Promo Kereta Api Traveloka

Ndilalah kersane ngalah, dari banyak promo yang tersedia ternyata ada promo tiket kereta api yang enggak nanggung-nanggung yaitu 30 ribu rupiah! Buat sebagian orang mungkin kecil, tapi untuk pemuda lajang di kota kecil sepertiku uang ini bisa buat makan 2 hari lho. Duh, Semakin enggak bisa nolak untuk melakukan perjalanan ini bukan? Akhirnya aku dapat tiket dari Blitar ke Solo dengan harga 144 ribu rupiah saja. Selain itu kode uniknya benar-benar unik, nominalnya tidak ditambahkan dari harga tiket, tetapi malah harga tiketnya yang dikurangi kode unik. Berasa dapat diskon tambahan deh 😀

Invoice Traveloka dengan Diskon

Dalam waktu kurang dari 1 menit, pembayaran aku lakukan. Baru aja menghela nafas, lha kok tetiba hape bunyi ada sms dan ada email masuk. Ternyata, E Tiket untuk pesanan barusan sudah terbit. Ketika iseng buka eticket yang ada di aplikasinya, ternyata terdapat barcode yang bisa langsung di scan untuk langsung ngeprint di mesin cetak tiket mandiri. Enggak perlu lagi ribet ngetik kode booking yang kadang salah pencet karena layar sentuhnyna agak enggak beres. Cukup scan, mesinnya langsung ngeprint tike kereta apimu.

Penampakan E-Ticket Kereta Api di Traveloka

Jam sudah menunjukkan pukul 4 pagi ketika aku menulis kalimat ini. Saatnya berkemas karena nanti jam 10 pagi aku sudah harus berada di stasiun untuk melakukan perjalanan ke Solo.

Sebelum mengakhiri tulisan tentang pengalaman belanja tiket kereta api secara online di Traveloka, berikut beberapa point membuatmu bisa mempertimbangkan untuk memesan tiket kereta api melalui Traveloka.

• Tampilan aplikasi yang sederhana, ringan dan cepat membuat pengguna merasa mudah dan nyaman saat menggunakannya. Tidak ada kesulitan saat mengakses semua menu yang ada. Para desainer aplikasi ini benar-benar memahami pengguna sehingga siapapun bisa memesan dengan mudah.
  • Kemudahan pemesanan membuat pengguna bisa membeli tiket dengan cepat dan efisien. Kurang dari 3 menit pengguna sudah bisa mendapatkan tiket yang dipesannya.
  • Metode pembayaran yang disediakan juga ada banyak, mulai dari kartu kredit, transfer ATM, SMS dan internet banking, debit card, maupun melalui minimarket yang tersedia di sekitar rumah.
  • Sering-sering aja cek halaman promonya. Siapa tahu kamu beruntung seperti aku yang bisa dapat potongan tiket sebesar 30 ribu tanpa kesulitan.
  • E Ticket dilengkapi dengan barcode yang bisa di scan untuk cetak tiket. Enggak perlu ngeprint e ticket, cukup tunjukin barcode ke mesin infra merah yang ada di mesin cetak tiket mandiri. Printer akan langsung ngeprint tiket yang kamu pesan
  • Oh iya, ada rute alternatif juga lho! Fitur ini akan sangat berguna apabila kamu akan bepergian ke suatu tempat yang tidak memiliki rute langsung dari tempat kamu berangkat. Traveloka akan menampilkan rute alternatif dan yang paling mudah buat kamu menuju destinasi impianmu.

Semoga sedikit ulasan tersebut bisa membantu teman-teman yang mau melakukan perjalanan naik kereta api. Sekarang sudah hampir jam 5 pagi dan aku harus segera berkemas untuk melakukan perjalanan yang kurang dari 5 jam lagi.

Baca juga : Cara cetak tiket kereta api

Jam sembilan kurang, aku sudah sampai di Stasiun Kereta Api Blitar, enggak terlalu ramai karena memang jam segitu tidak ada keberangkatan kereta. Aku langsung masuk ke bagian ruang tunggu, terdapat dua buah mesin print tiket mandiri meski yang nyala cuma satu. Scanner bar code juga sudah menyala, ada mbak cantik yang menunggu di samping mesin untuk membantu apabila mengalami kesulitan saat print tiket secara mandiri.

Ngepprint tiket kereta api pakai bar code

Cukup arahkan barcode di aplikasi traveloka ke bagian scanner infra merah, maka secara otomatis kode booking akan menampilkan data diri kita. Langsung klik print tiket akan dicetak oleh mesin dan kita sudah siap untuk check in di stasiun dan melakukan perjalanan naik kereta api!

Print tiket kereta api sendiri