26 Februari 2018

Aiola Eatery, Tempat Makan Populer Nan Hits di Surabaya

Setelah cuap-cuap singkat di group whatsapp temen-temen sekelas kampus, akhirnya Aiola Eatery menjadi pilihan untuk ngumpul, makan dan rasan-rasan. Ada semacam ritual tak tertulis yang biasanya diadakan secara dadakan apabila ada temen sekelas yang sekarang domisili luar Surabaya lagi main ke Surabaya.
Aiola Eatery, Tempat Makanan Hits di Surabaya

Aiola Eatery merupakan salah satu pujasera yang sering menjadi pilihan teman-teman yang ada di Surabaya untuk nongkrong bareng. Berikut beberapa pertimbangan yang menjadikan Aiola sebagai tempat makan favorit untuk teman-teman.
  • Bisa dibilang berada di pusat kota Surabaya, tidak jauh dari kantor walikota sehingga teman-teman dari sudut Surabaya mau nggak mau harus mengakui lokasinya berada di tengah Surabaya
  • Terdapat aneka menu masakan yang bisa menjadi pilihan, dan hampir semua masakan yang ada di Aiola Eatery ini bisa dijamin rasanya enak.
  • Bisa dibilang tempatnya juga cozy buat nongkrong lama sambil rasan-rasan.
Kurang lebih tiga alasan diatas yang membuat aiola eatery ini menjadi pilihan tepat untuk ngumpul bareng temen-temen. Pada kesempatan ini aku mau cerita beberapa makanan favorit yang ada di Aiola Eatery Surabaya.

Bubur Mang Dudung

 Bubur Mang Dudung dengan Telur
Bubur Mang Dudung dengan Telur
Merupakan salah satu makanan legendaris buat temen-temen kuliah, awalnya Bubur Mang Dudung ini jualan di Jl. Kedungdoro dan buka menjelang tengah malam. Namun semenjak kita lulus kuliah, Bubur mang dudung ini tersedia di Aiola Eatery. Meski harganya lebih mahal, tapi enggak perlu nunggu tengah malam untuk menyantapnya. Dan enggak harus antri lama untuk menyantapnya. Apalagi bukan anak kuliahan lagi sehingga ya enggak terlalu berat kalau sesekali ke sini. 

Perpaduan bubur, ayam dan tambahan telor setngah mateng menjadi perpaduan yang pas untuk disantap. Selain tambahan telur juga ada tambahan untuk rempelo ati, usus dan sejenisnya. Kalau aku sih lebih suka dengan nambah telur setengah mateng yang lumer. 

Tersedia dalam ukuran jumbo dan kecil, aku sendiri cukup dengan makan porsi kecil aja, karena masih ada jajanan lain yang bisa dinikmati di Aiola ini.  Harganya aku lupa kemarin berapaan, pokoknya enggak sampai 20 ribu untuk satu porsi lengkap dengan telur setengah matengnya.  14 ribu atau 19 ribu gitu. 

Bubur mang dudung ini menurutku layak diberi nilai 9/10.

Nasi Madura

Merupakan makanan yang pertama kali dikenalkan oleh +Fauziah Ramadhani ketika main ke ampel, meskipun di Aiola harganya lebih mahal tapi mendinglah daripada harus jauh-jauh ke ampel dan masih antri lama pula. 

Nasi campur madura ini berisi mie, srundeng, sambel dengan lauk yang bisa dipilih mulai dari udang, cumi, hingga jeroan. Harga tergantung lauk yang dipilih. Kemarin aku enggak pesen ini karena udah terlalu kenyang untuk menyantap makanan berat. Sehingga enggak ada fotonya.

Overall cukup recomended kok nasi campur madura di Aiola ini, harganya juga enggak sampai 20 ribu. Cuma sekitar 15 ribuan kalau enggak salah. Enggak tau keenapa masakan orang madura itu kebanyakan enak. 

Menurutku nasi Madura ini layak diberi rating 8/10.

Batagor Kabita

 Batagor di Aiola
Batagor di Aiola
Merupakan jajanan yang bisa ditemukan di berbagai macam daerah, tapi selama di Blitar aku belum pernah nemu batagor yang beneran niat jualannya. Berasa enggak batagor tapi cuma tepung goreng aja sih. Selama ini batagor favorit ada di depan halte Unair kampus B, tapi kata temen yang di Unair, sekarang udah pindah di deket-deket situ.

Di Aiola ini batagor yang dibandrol dengan harga 12 ribu per porsinya bisa dibilang enak, kalau enggak enak enggak mungkin bisa jualan di aiola dan harganya juga enggak semahal itu :D. Sayangnya, sambel batagor kadang enggak bisa ambil sendiri. Jadi nggak salah kalau ngambil sambelnya mie ayam :D

Menurutku batagor ini juga layak diberi rating 8/10

Mie Pitik

Merupakan salah satu favorit temen-temen yang makan di sini, aku sendiri juga suka sih. Berhubung perut enggak bisa diberikan semua makanan sekaligus, jadinyna ya nggak pesan. Cuma ngasih rekomendasi aja kalau mie pitik di sini juga enak.

Mienya besar-besar dengan porsi yang lumayan cuma harganya aku lupa. Biasanya datang komplit dengan sambel, kecap dan lain-lain yang kadang dikurangi jatahnya sama pemakan batagor dan sejenisnya karena kurang kecap / kurang pedas atau kurang yang lain :D.

Menurutku mie pitik ini layak diberi rating 8/10 juga.

Minuman Greentea / Gurin

Aku enggak tau darimana asalnya nama Gurin, karena sebenernya ini minuman greentea yang cukup populer di Surabaya dulu. Selain di Cincau Station yang tersebar di beberapa titik  pusat perbelanjaan Surabaya.

Segelas Es Green Tea ini dibandrol dengan harga Rp. 9.000 saja sih. Untuk kelas kafe mungkin bisa dibilang miring ya. Rasanya enggak mengecewakan. Jadi minuman wajib kalu makan di Aiola. Fotonya lihat foto batagor diatas ya, ada gelas berisi cairan ijo yang ngeblur ya itu minumnya :D

Untuk minumannya ini aku kasih rating 8.5/10

Cari Dessert buah-buahan? Coba main ke Kimi Kimi Fruit Dessert Surabaya.


 Waffle di Aiola
Waffle di Aiola

Selain makanan-makanan yang udah aku sebutin diatas, masih ada makanan lain seperti gado-gado, nasi goreng, tahu thek, crepes, pancake, waffle dan masih banyak lagi makanan yang bisa dipilih cuma selain aku belum pernah nyoba, aku lebih prefer makanan-makannan yang udah aku sebut diatas. Bawa uang 50 ribu rupiah udah bisa kenyang banget kok di sini.
ngumpul di Aiola Eatery

Jadi kalau cari tempat makan hits di Surabaya dengan beragam menu makanan, enggak ada salahnya nyoba di Aiola Eatery ini. Atau kamu punya rekomendasi tempat nongkrong asyik buat temen-temen kaya gini? Komen ya, mungkin nanti kalau ada kesempatan main ke Surabaya lagi tak coba mampir ;)

Lokasi Aiola Eatery

Aiola Eatery ini dekat dengan SMA Komplek populer di Surabaya, berada di belakang Grand City Mall Surabaya. Untuk lebih jelasnya bisa lihat peta yang aku tempel di bawah ini

Posting Komentar

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search