18 Februari 2018

Nyoba Sate, Gule dan Krengsengan Kambing di Warung Sate Sumberjo Blitar


Sepulang dari penangkaran rusa dan kesambi trees park di Sanankulon, kab Blitar, kami mampir di salah satu warung sate yang cukup populer di daerah sanankulon, yaitu warung sate sumberjo. Gerimis tipis-tipis mengiringi perjalanan kami menuju warung yang konon katanya merupakan warung sate yang beberapa kali dikunjungi pak Djarot mantan walikota Blitar yang juga menjadi mantan wakil gubernur dan mantan gubernur DKI Jakarta.

Tidak butuh waktu lama untuk menemukan warung sate sumberjo ini, karena lokasinya sudah cukup akurat di google maps. Begitu sampai, kami parkir motor di tempat yang sudah disediakan, pengunjung siang itu tidak begitu ramai, mungkin karena kondisinya hujan sehingga orang males keluar rumah.

Kami disambut seorang kakak cantik yang ternyata mantu dari pemilik warung sate ini, ada banyak menu yang tersedia di warung ini mulai sate kambing, gule kambing, krengsengan kepala kambing bahkan ada juga sate ayam. 

Sate dan Gule Kambing Enak di Blitar

Tidak butuh waktu lama untuk menyajikan semua pesanan yang ada tanpa terkecuali. Bahkan Nita sempat nggangguin masnya buat belajar bakar sate yang baik dan benar. Adapun menu yang tersaji siang itu adalah Sate Kambing, Sate Ayam, Gule Kambing dan Krengsengan Kepala Kambing. Aku mau coba ngreview satu-satu makanan yang tersaji biar berasa kaya food blogger gitu :D.

Sate Kambing (8/10)

 Sate Kambing di Warung Sate Sumberjo
Sate Kambing di Warung Sate Sumberjo
Bisa dibilang sate kambing yang disajikan siang itu cukup enak menurutku. Tidak ada aroma kambing yang biasanya cukup mengganggu dan terkadang membuatku mual ketika memakannya. Potongan dagingnya juga cukup besar sehingga bener-bener puas.

Tekstur dagingnya cukup empuk untuk daging kambing yang biasanya agak alot. Enggak salah kalau pak Djarod makan di sini, emang enak masakannya. Bumbu kacang yang tersedia juga cukup enak meski masih ada bumbu sate yang lebih enak di tempat lain. Overall sih enak dan perlu dicoba kalau main di daerah sanankulon.

Harga sate kambing untuk 10 tusuknya Rp. 24.000

Gule Kambing (8.5/10)

 Gulai Kambing di Warung Sate Sumberjo
Gulai Kambing di Warung Sate Sumberjo
Bisa dibiilang bakal jadi menu favorit kalau makan di sini lagi lain kali. Terakhir makan gule enak itu ketika traveling ke Bagan Myanmar. Meski rasa dari gule di warung ini masih dibawahnya, tekstur daging dan rasanya mirip-mirip lah.

Gule kambing disajikan dengan balungan yang aku bingung makannya. Cocok untuk dimakan bareng sate kambing dengan bumbu kacangnya. Tidak berbeda jauh dengan daging sate, daging kambing di gule ini juga super duper empuk.

Harga seporsi gule kambing Rp. 15.000

Krengsengan Kepala Kambing (7/10)

 Krengsengan Kepala Kambing
Krengsengan Kepala Kambing
Merupakan menu yang sebaiknya dipesan dulu sebelum datang karena tidak setiap hari tersedia. Sebagai orang yang enggak terlalu suka dengan kambing aku masih bisa menikmati krengsengan ini. Daging kambingnya juga empuk, kebetulan kemarin aku ngerasain enggak kepedesen sih, kalau temen-temen lain ngerasainnya kepedesen. Jadi aku kurang tahu untuk orang awam ini termasuk pedas atau enggak :D.

Harga (bervariasi)

Sate Ayam (8/10)

 Sate Ayam di Warung Sate Sumberjo
Sate Ayam di Warung Sate Sumberjo

Dagingnya super duper empuk dan enak. Meskipun enak, karena aku suka bakaran yang kering, menurutku kemarin kurang kering sehingga kurang berasa gosongnya di mulut. Tapi overall sih cukup enak dan boleh dicoba buat yang enggak suka dengan sate kambingnya.

Selain dagingnya yang cukup besar, semuanya daging. Enggak ada yang namanya gajih di setiap tusuknya. Jadi worthed banget

Harga satu porsi sate ayam 10 tusuk  12 ribu


Overall, tidak ada salahnya mencoba warung sate sumberjo ini kalau kamu memang suka sate kambing dan sedang ada di Blitar. Emang sih, dari Blitar kota butuh waktu ekstra untuk menuju warung ini. Tapi ya cukup worthed buat dicoba menu-menunya. Mungkin lain kali kalau main ke daerah sini dan lagi pengen sate bakalan lari ke sini.


Temukan aku di Facebook, Instagram , Twitter!
Kalau artikelnya nggak muncul, coba deh matikan adblocknya ;)

Posting Komentar

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search