16 Maret 2018

Menjelajahi Tempat Wisata di Lereng Hutan Pinus Gogoniti Blitar

Jelajahi Wisata di Lereng Gogoniti Blitar

Selepas sarapan di nasi tiwul di gumuk sapu angin, perjalanan kami lanjutkan menuju beberapa lokasi wisata di lereng hutan pinus gogoniti. Setidaknya ada 3 tempat yang kami akan kami kunjungi hari itu, yaitu Kampung Gogoniti, Taman Ayu Gogoniti dan Hutan Pinus Gogoniti.

Ketiga tempat wisata tersebut berada di satu kawasan yaitu lereng hutan pinus gogoniti, namun berada di lokasi yang berbeda namun berada masih dalam satu jalur. Sebenarnya ketiga tempat tersebut bisa ditempuh dengan jalan kaki / motor, tapi karena jalan bebatuan yang licin ketika basah tidak disarankan mengendarai roda dua biasa seperti yang aku gunakan kemarin.

Berhubung perjalanan sebelumnya dari Gumuk Sapu Angin, kami pun meruntut perjalanan dari lokasi yang berada di paling atas / dekat gumuk sapu angin.

Kampung Gogoniti

Sebenernya agak aneh aja sih sama namanya,  diberi nama kampung tetapi tidak ada pemukiman penduduk di kawasan ini. Darimana penamaan kampung aku juga kurang tahu, yang jelas view terbaik dari kampung gogoniti adalah pemandangan perbukitan di sekitarnya, mungkin karena terlalu asik melihat pemandangan tersebut aku sampai lupa enggak ambil foto pemandangannya.
 Kampung Gogoniti
Kampung Gogoniti
Yang jelas  di kampung gogoniti ini terdapat beberapa spot yang selain bisa digunakan untuk foto-foto juga bermain. Jadi semacam semi outbond untuk anak-anak gitu. Karena ada beberapa rumah-rumahan pohon. Selain itu juga terdapat jembatan-jembatan yang menghubungkan antar pohon sehingga bisa juga jadi spot foto apik buat generasi kekinian.
 Rumah Pohon di Kampung Gogoniti
Rumah Pohon di Kampung Gogoniti
Selain itu di beberapa titik yang bisa digunakan untuk berkumpul bersama. Kata pak harry biasanya anak-anak sekolah belajar bersama di sana. Semoga aja bukan mbolos bersama :D.  Tidak lama aku berada di kampung gogoniti, karena memang belum sepenuhnya selesai. Dari ketiga tempat wisata di lereng gogoniti, kampung gogoniti ini merupakan yang paling baru dan belum selesai pengembangannya. Bahkan di google maps belum ada lokasinya, agak bingung sih mau menandai karena belum yakin betul lokasi tepatnya kalau di google maps.

Untuk HTMnya sendiri aku kurang tahu, kemarin enggak bayar soalnya jadi yang tanya ya maaf belum bisa jawab. Paling mahal sekitar 5000 per orang. Seperti di kebanyakan tempat lain.

Taman Ayu Gogoniti

Spot Favorit di Taman Ayu Gogoniti
Spot Favorit di Taman Ayu Gogoniti
Taman Ayu Gogoniti ini pernah aku sambangi sebelumnya, waktu cari konten buat Jelajah Blitar. Waktu itu dari Malang mau pulang ke Blitar tapi karena masih terlalu pagi akhirnya mampir deh ke  taman ayu gogoniti yang masih baru. Jika dibandingkan dengan Kampung Gogoniti, Taman Ayu Gogoniti sudah buka lebih dulu, jadi prasarananya juga bisa dibilang cukup lengkap.

Di Taman Ayu Gogoniti ada delman yang bisa kamu naiki mengelilingi wilayah taman ayu gogoniti, selain itu juga terdapat ATV yang bisa disewa untuk berkeliling. Terserah deh mau pilih yang mana. Selain itu warung makanan juga udah banyak, baik yang dibawah hingga yang diatas perbukitan. Jadi jangan takut kelaparan kalau di taman ayu gogoniti ini.
Anak-anak bermain di Taman Ayu gogoniti
Permainan untuk anak juga lumayan banyak, ada ayunan hingga rumah pohon atau cuma yang  sekedar mau duduk duduk santai aja juga bisa. Menikmati kesejukan di lereng hutan pinus.

Kemarin kalau gak salah sih tiketnya 5 ribuan deh, aku lupa soalnya udah lewat dari 2 minggu lalu main ke sini. Tempat ini lebih cocok buat piknik rame-rame sama keluarga atau teman-teman. Kemarin terlalu banyak ambil video jadi jarang ambil foto waktu main ke sini. 

Hutan Pinus Gogoniti

Salah satu spot di Hutan Pinus Gogoniti
Salah satu spot di Hutan Pinus Gogoniti
Hutan pinus gogoniti merupakan spot rintisan tertua jika dibanding dua tempat diatas. Letaknya juga berada di paling selatan sehingga paling dekat dengan daerah Kesamben. Selain ada tempat foto, warung, dan rumah pohon seperti yang sudah ada di Kampung Gogoniti dan Taman Ayu Gogoniti, di Hutan Pinus Gogoniti ini terdapat kuda yang bisa dinaikin! Jadi untuk anak-anak sampai orang tua bisa nyobain naik kuda di hutan pinus ini. Buat foto-foto juga oke kok.

Harga tiket masuknya aku enggak tahu juga, kemarin mas-mas penjaga tiketnya begitu melihat aku datang pakai baju jelajah blitar langsung dirusuh lewat aja satu rombongan. Yaudah enggak bayar tiket maupun parkir. Penak to?

Kemarin terlihat ada pembuatan outbond area di kawasan hutan pinus gogoniti ini, meski skalanya enggak sebesar di Kesambi Trees Park Maliran, tapi ya lumayan lah. Selain ada ayunan kamu juga bisa beristirahat di hammock yang sudah tersedia di beberapa titik. 


Kawasan Wisata di Kawasan Lereng Gogoniti

 Salah satu spot di taman ayu gogoniti
Salah satu spot di taman ayu gogoniti
Jujur aku sebenernya agak bingung dengan kawasan lereng gogoniti ini, karena semuanya bisa dibilang punya komoditas yang sama. Yaitu HUTAN PINUS! Sebagai orang yang suka jalan jadi bingung mau main kemana ketika ketiganya tidak menawarkan hal yang berbeda, bahkan cenderung sama. Tempat foto dan bersantai.

Dari ketiganya aku paling suka di Taman Ayu Gogoniti, meski aku melihatnya hanya sebatas tempat nongkrong dan foto-foto aja. Penggunaan ATV di jalan yang disediakan sih lumayan, tapi delman juga lumayan. Namun untukku tetap aja sih kurang menarik. Kecuali kalau di hutan tersebut disediakan trek khusus motor ATV bakal lebih keren apalagi kalau sampai bisa balapan atv dengan trek hutan pinus :D

Di hutan pinus gogoniti ada kuda yang lumayan, meski treknya enggak jauh dan cuma diantar kaya di kebon binatang. Ini bisa jadi icon sendiri dibanding kawasan wisata gogoniti yang lain. Namun menurutku masih kurang menarik aja kalau enggak ada apanya gitu. 

Sedangkan yang kampung gogoniti sebenernya aku bingung juga, karena belum punya wajah. Mungkin lebih cocok kalau dibuat camping ground / tempat outbond khusus aja.

Dengan adanya perbedaan di masing-masing destinasi, setiap orang punya ketertarikan sendiri-sendiri. Kalau semua sama ya mending datang ke tempat yang paling dekat kan? Selain itu akses jalan yang paling mudah juga akan menjadi pilihan utama.

Semoga pengelola lereng gogoniti ini bisa membuat tematik khusus untuk masing-masing kawasan sehingga memiliki ciri khas meski sama-sama berada di lereng hutan pinus gogoniti. Eh, maaf jadi maido tempat wisata di Blitar
Temukan aku di Facebook, Instagram , Twitter!
Kalau artikelnya nggak muncul, coba deh matikan adblocknya ;)

Posting Komentar

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search