10 Februari 2018

Jalan Jalan ke Penangkaran Rusa dan Kesambi Trees Park Maliran

Jadwal sudah sengaja di kosongkan untuk main ke Bromo ternyata gagal, karena salah satu teman sakit tipes / tifus, aku jadi teringat beberapa tahun lalu kena gejala tifus gegara kebanyakan piknik. Awalnya mau nekat aja sih berangkat, tetapi mungkin  Tuhan punya rencana yang lebih indah untuk menunda keberangkatan ke Bromo, batal deh pergi ke tempat yang agak jauh dikit dari Blitar. Pada akhirnya aku main ke daerah Blitar sini aja.

Akhirnya Penangkaran rusa maliran menjadi pilihan, karena udah lama enggak main ke sana dan pengen tau kondisi terkini yang katanya sudah lebih baik dari dulu. Ternyata hutann di sekitar penangkaran rusa ini diubah menjadi sebuah taman hutan yang diberi nama Kesambi Trees Park! Penasaran?

Penangkaran Rusa Maliran dan Kesambi Trees Park Maliran

Penangkaran Rusa Maliran dan Kesambi Trees Park ini terletak dalam satu kawasan, berada di wilayah Blitar barat tepatnya di Ds. Jatilengger, Kec. Ponggok, Kab Blitar ini pernah populer dulunya. Perjalanan dari rumah kurang dari tiga puluh menit. 

Begitu sampai di pintu masuk penangkaran rusa maliran ada petugas penjaga loket, per orang dikenakan tiket sebesar 10 ribu rupiah dan parkir roda dua sebesar 3 ribu rupiah per motor. Dengan tiket tersebut sudah bebas masuk ke kawasan penangkaran dan kesambi trees parknya yak! Untuk parkir roda dua juga udah lumayan, di bagian atasnya disediakan paranet sebagai iyup-iyup kendaraan.

Dari pintu masuk tidak tampak perubahan yang signifikan, hanya ada semacam gazebo untuk masuk ke dalam pagar penakaran rusa dan beton bertuliskan maliran deer feeding. Ternyata selain itu juga terdapat peta dan rute kawasan penangkaran ini.

Setelah mengikuti rute yang dibuat oleh pengelola, kami disambut dua ekor rusa dalam bentuk patung kayu yang dibuat oleh empat orang yang namanya tertulis di bawahnya. 
 Patung Rusa di Maliran
Patung Rusa di Maliran
Tidak jauh dari tempat patung tersebut berdiri, tampak sebuah gerbang kayu mungil yang kemudian diikuti pagar-pagar cantik di dalamnya mengarahkan kita ke jalan yang benar. Mengingatkanku dengan jalanan di Ginkakuji Temple Kyoto yang terbuat dari bambu berwarna hijau, meski di maliran ini menggunakan kayu yang lebih nyeni dengan bentuknya yang tidak begitu beraturan.

Tampak juga beberapa bapak tukang sedang membuat kalenan (sungai kecil) untuk memastikan bahwa air hujan yang turun tidak menggenang di kawasan kesambi trees park ini. Ini semua demi kenyamanan kamu yang mau main ke sini. 
foto kesambi trees park
Agung berjalan menyusuri jalan yang 'benar'
Di penghujung jalan kita bisa berkumpul dan bertemu di sebuah panggung kecil yang bisa digunakan untuk semacam acara komunitas gitu. Mau konser, atau orasi sepertinya bisa dilakukan di sini. Ada beberapa spot foto yang juga cukup instagramable kok untuk penggemar swafoto baik sendiri maupun bareng teman-teman. Dari kejauhan juga tampak sebuah sumur yang ternyata cuma buat menambah keindahannya, karena itu cuma beton yang dibentuk seperti sumur. Belum lagi semacam hall yang cuku cantik untuk tema pre-wed rusty gitu. Jadi enggak salah kalau kesambi trees park ini digunakan untuk foto pre wed.
Kesambi Trees Park
Kesambi Trees Park
Tidak sampai disitu yang membuatku takjub dengan perubahannya yang cukup drastis. Dari sebuah hutan tak terawat menjadi sebegini menariknya. Apalagi fasilitas outound untuk anak-anak ini wajib dicoba, sayangnya hanya untuk anak-anak dibawah usia 14 tahun :D. Tapi kalau mengajak anak kecil mainan di outbond ini tetap perlu pengawasan lho ya.

 Area Outbond di Kesambi Trees Park
Area Outbond di Kesambi Trees Park
Contohnya seperti ibu ini yang tetap mendampingi putranya yang bermain di kawasan outbond kesambi trees maliran.
Outbond anak di Kesambi Trees Park
Seorang ibu yang mendampingi anaknya
Baru main sebentar, lha kok ndelalah hujan deras turun. Untung ada sebuah bangunan dari kayu yang bisa menjad tempat kita berteduh dari hujan. Apalagi ada dedek-dedek gemes dari IAIN Tulungagung yang kebetulan juga main kesitu di hari terakhir KKNnya di Blitar bareng bapak-bapak perhutani. 
Berteduh di Kesambi Trees Park
Berteduh di Kesambi Trees Park
Setelah hujan reda, kami pun melanjutkan perjalanan berkeliling hutan yang cukup asyik ini. Tidak lupa juga mengunjungi rusa-rusa yang ada di kawasan maliran ini.  Aku jadi teringat tentang rusa-rusa di Nara Deer Feeding yang pernah aku kunjungi. Setelah sempat reda, ternyata hujan turun lagi dan semakin deras sedangkan stok foto masih belum banyak. Tetapi karena sudah punya janji, akhirnya segera meninggalkan penangkaran rusa ini karena para rusa sedang berkumpul di sisi lain, sehingga waktu tidak memungkinkan untuk mengejar mereka.

 Penangkaran Rusa Maliran
Penangkaran Rusa Maliran ketik Hujan

Info Penangkaran Rusa Maliran dan Kesambi Trees Park

Posting Komentar

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search