7 Juli 2018

Liburan Singkat di Pantai Srau Pacitan

Foto Pantai Srau Pacitan
Pantai Srau, merupakan salah satu pantai yang perlu dipertimbangkan ketika liburan di Pacitan, meski namanya tidak sepopuler pantai klayar nan instagramable maupun pantai watu karung yang merupakan destinasi favorit para peselancar namun pantai ini cukup populer untuk mereka yang suka camping di pantai.

Pemandangan sunrise dan sunset yang bisa dinikmati dalam satu kawasan pantai ini menarik para pecinta senja maupun pagi untuk menikmatinya bersama teman-teman sekaligus untuk camping. Meskipun terkesan hanya dibiarkan saja, pantai ini sebenarnya memiliki fasilitas yang cukup memadai untuk para pengunjung.


    Lokasi Pantai Srau

    Pantai Srau Pacitan
    Pantai Srau Pacitan
    Pantai srau secara administratif terletak di Dsn. Srau, Ds. Candi, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan, Jawa Timur. Sebenarnya lokasi pantai ini hanya berjarak sekitar 35km dari pusat kota Pacitan, namun karena jalan yang sempit dan berkelok membutuhkan waktu lebih dari satu jam dari pusat kota ke pantai srau. 

    Jalan ke Pantai Srau

    Akses ke pantai srau ini bisa dibilang cukup mudah, jalanan beraspal sudah sampai di pantai dengan kondisi yang masih bagus. Jalan menuju pantai ini cukup sempit setelah masuk dekat kantor desa Dadapan yang juga cukup dekat dengan Sentono Gentong, tempat wisata baru di Pacitan.

    Selepas kantor desa Dadapan, jalan mulai menyempit namun masih cukup luas. Namun setelah masuk pertigaan menuju rute pantai srau jalanan didominasi tanjakan dan kelokan yang cukup mudah untuk dilewati. Namun karena kondisi jalan yang sempit, harap berhati-hati ketika berpapasan dengan kendaraan lain.

    Rute ke Pantai Srau

    Ada dua rute untuk menuju Pantai Srau, yang pertama dari Pacitan Kota yang kedua dari Solo
    • Dari Pacitan kota ambil rute ke pantai telengria, dan ikuti jalan bus rute solo. Sesampainya di kantor desa dadapan ambil kiri untuk menuju ke pantai Srau. Sampai nanti akan menemukan pertigaan dengan petunjuk arah pantai srau belok kiri.
    • Dari solo bisa ambil rute perjalanan menuju ke Pacitan. Ambil jalan ke kanan setelah Pasar Ngadirejan. Ikuti jalan terus sampai pasar Dilem kemudian ambil ke kanan. Ikuti jalan utama sampai menemukan pertigaan dengan papan petunjuk pantai srau belok ke kiri. 

    Harga Tiket Masuk Pantai Srau

    Pantai srau merupakan pantai yang sudah dikelola sehingga untuk bisa masuk kawasan ini akan dikenakan tiket masuk yang dibandrol dengan harga cuma Rp. 5.000. Namun pastikan pengunjung meminta karcis sesuai dengan yang dibayarkan, karena oknum petugas tiket terkadang curang dengan tidak memberikan karcis yang sudah dibayar.

    Kemarin rombonganku juga bayar untuk 6 orang masa iya cuma dikasih 3 tiket? Karena  ada Ucik yang galak, akhirnya semua karcis yang menjadi hak kami karena sudah dibayar diberikan. Ini salah satu bentuk pungli yang mau nggak mau harus ditegakkan. Bayangin aja satu rombongan 15 ribu masuk ke kantong pribadi padahal ketika liburan ada ribuan orang yang datang? Tinggal mengalikan saja berapa banyak uang yang didapatkan oleh oknum yang seharusnya bisa masuk pendapatan daerah yang nantinya juga bakal balik ke destinasi dalam bentuk fasilitas?

    Keindahan Pantai Srau

    Pantai Srau Pacitan
    Pantai Srau Pacitan
    Setelah perjalanan yang cukup panjang dari Kediri jam 1 dini hari, akhirnya kami tiba di pantai srau sekitar pukul 7 pagi. Setelah berhenti untuk sunrise di Pantai Soge dan sarapan di daerah Pasar Arjowinangun. 

    Pantai srau memiliki 3 spot, karena letakknya yang sedikit menjorok ke lautan. Rombonganku memilih untuk menikmati pantai di spot yang kedua, atau tengah-tengah. Beberapa dari kami mandi di pantai menikmati air asin dan birunya langit. Sedangkan aku dan beberapa teman lebih menikmati berbaring beralaskan tikar yang disewa dari warung setempat dengan harga 10 ribu saja. 
    Pantai Srahu Pacitan
    Lesehan di Pantai Srahu dengan sampah berserakan di dekatnya
    Sayang keindahan pantai ini tidak terawat dengan baik, banyak sekali sampah yang berserakan di pinggir pantai. Sampah-sampah dari orang yang berkunjung di pantai ini. Nah, apabila tiket yang sudah dibayarkan pengunjung masuk ke pendapatan daerah dan dialokasikan untuk petugas kebersihan gini kan bisa mengurangi kotornya pantai ini, selain berharap ke pengunjung untuk tidak buang sampah sembarangan. 

    Tempat sampah pun tidak terlalu banyak, mungkin bisa ditambahkan beberapa tempat sampah di beberapa titik. Sehingga pengunjung tidak malas membuang sampah di tempatnya kan?

    Di bagian tengah pantai srau memiliki spot instagramable berupa watu karang bolong dengan ombak yang melewatinya. Pesisir pantai selain didominasi pasir putih nan lembut juga terdapat bebatuan karang seperti di pantai pasir putih gondo mayit Blitar.

    Kalau mau bermain air, untuk spot yang tengah ini cukup aman, seperti yang dilakukan oleh kedua temanku berikut ini
    Mandi di Pantai Srau Pacitan
    Mandi di Pantai Srau Pacitan
    Cuaca cukup cerah siang itu, pedagang juga banyak yang berjualan. Tampak beberapa tenda juga masih berdiri meski siang semakin panas. Rombongan mobil dan elf pun masih terus berdatangan ketika kami memutuskan untuk segera melanjutkan perjalanan ke Ponorogo.

    Mungkin itu dulu cerita tentang pantai srau yang aku datangi untuk kedua kalinya, setelah yang pertama belum terdokumentasikan dengan apik di blog

    Posting Komentar

    Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

    Whatsapp Button works on Mobile Device only

    Start typing and press Enter to search