20 November 2018

Lontong Mie Mbak Asih, Kuliner Enak Murah Meriah di Surabaya

Kuliner di Surabaya
Aku pernah tinggal di Surabaya selama enam tahun sebelum memutuskan untuk kembali ke Blitar, kota kelahiranku. Selama enam tahun di Surabaya aku sudah menjelajahi ragam tempat yang kala itu belum sempat aku tulis di blog. Karena dulu aku suka nulis tentang tugas kuliah dan aneka hal teknis lain di blog ini.

Nah, dari sekian banyak kuliner yang ada dan pernah aku coba di Surabaya hanya ada satu yang tetap aku coba sampai sekarang, bahkan hampir bisa dipastikan setiap ke Surabaya selalu aku luangkan satu kali jam makan, menyantap menu khasnya, yaitu Warung Lontong Mie enak dan murah di Jl. Karah Agung V, Surabaya.

Lontong Mie Mbak Asih Karah Agung

Sampai sekarang aku sebenernya masih agak bingung sih apa bedanya lontong mie dengan lontong balap selain pada mienya. Kalau lontong balap garuda yang pernah aku beli itu nggak ada mienya dan paling cocok dimakan pakai sate kerang yang artinya harus merogoh kocek tambahan, sedangkan lontong mie yang senantiasa aku beli di warung mbak asih ini sama dengan lontong balap hanya saja mie berwarna kuning sudah include di dalam setiap sajiannya, ditambah lagi lento goreng satu potong.

Lontong Mie Mbak Asih di Karah Agung
Lontong Mie Mbak Asih di Karah Agung.
Pertama kali mengenal yang namanya lontong mie adalah ketika aku pindah ke Surabaya untuk melanjutkan sekolah di SMKN 1 Surabaya pada tahun 2007. Satu porsi lontong mie terdiri dari lontong, tahu, lento, sayur kecambah dan kuahnya yang dicampur dengan petis, cabai dan bawang goreng yang dilarutkan pada kuahnya. Nikmatnya bener-bener aduhai bikin ketagihan.

Aku sampai hapal bagaimaan urutan dalam melakukan penyajian setiap porsinya.
  • Cabe sesuai request diletakkan di piring dengan petis dan bawang goreng
  • Diberi kuah sayuran dikit dan di renyek sampai mencampur tetapi nggak sampai halus
  • Setelah itu kuah yang sudah bercampur dengan petis dan bawang goreng dimasukkan ke dalam plastik
  • Lontong dipotong dan dimasukkan ke dalam plastik
  • Tahu dipotong dan dimasukkan ke dalam plastik
  • Ditambahkan sayur kecambah dengan kuahnya
  • Baru bagian atas ditambahkankan mie berwarna kuning
  • Terakhir ditambahkan brambang goreng pada bagian atasnya.
  • Lento disajikan terpisah nggak masuk dalam plastiknya (lebih enak dipotong-potong dan dicampurkan nanti kalau sudah di rumah)
  • Jadi jangan heran ketika mienya nggak kelihatan karena berada ada di paling atas dan akan berada di paling bawah ketika dituangkan ke mangkuk
 Lontong Mie Mbak Asih di Karah Agung V Surabaya
Lontong Mie Mbak Asih di Karah Agung V Surabaya
Perpaduan gurih kuahnya yang dicampur dengan petis madura, dan bawang goreng yang dilarutkan dengan kuahanya benar-benar lezat. Jika disuruh milih antara lontong mie mbak asih di karah agung ini dengan lontong balap garuda aku bakalan milih lontong mie ini. Petisnya lebih mantep dan nendang. Selain itu harganya juga jauh lebih ekonomis

Harga Lontong Mie Mbak Asih

Pertama kali membeli lontong mie mbak asih pada tahun 2007 harganya masih Rp. 3.500 saja.  Kala itu Mbak Asih yang sebenernya sudah ibuk-ibuk meladeni pembeli sendiri. Kok bisa sih, ibu-ibu yang anaknya sudah satu sekolah sama aku dibilang mbak-mbak :D ? Kalau sekarang rata-rata yang nglayani di warung adalah anaknya. 

Kalau dulu antri beli aja bisa sampai setengah jam lebih, sehingga males banget kalau disuruh beli ini karena bakal lama berdiri nungguin. 

Sekarang dengan porsi dan rasa yang tetap enak harganya cuma Rp. 9.000. Rasa petis yang nendang dan porsi yang melimpah benar-benar menjadi surga tersendiri. Antrian pun bejo bejan karena jam bukanya sekarang lebih lama.

Selain lontong mie juga ada lodeh ceker sih. Aku suka sama lodehnya cukup enak dan nendang dengan rasa pedas yang ukur-ukur . Tapi aku lebih suka sama menu lontong mie nya.

Lokasi Lontong Mie Mbak Asih

Kalau dulu lontong mie mbak asih ini berjualan di atas sungai sebelah barat pasar karah yang cukup populer seantero Ketintang, kini bergeser sedikit berada di sebelah timur sungai dan menghap ke barat .

Aku selalu beli dibungkus dan dimakan di rumah jika dibandingkan harus makan di lokasi. Tempatnya sempit dan antrian yang datang silih berganti membuat makan di tempat kurang nyaman. Selain itu tempatnya juga nggak terlalu bersih. Oleh karena itu semua foto di atas nggak ada yang di warung.

Kalau dulu, buka dari jam setengah 7 sampai habis. Kalau weekend biasanya jam 10an sudah habis kalau hari biasa sampai dhuhur. Sedangkan saat ini aku kurang tahu mulai buka jam berapa yang jelas buka sampai malam. Karena malamnya dibuat jualan penyetan yang kata kakakku juga enak. Aku sih kurang tahu menu lontong mie ada sampai jam berapa, aku pernah beli jam 2 siang masih ada kok.

Jadi ada baiknuya kalau mau beli lontong mie di warung Mbak Asih ini datang sebelum jam 2 siang. Alamatnya ada di Karah Agung gang V. Atau klik sini.
Temukan aku di Facebook, Instagram , Twitter!
Kalau artikelnya nggak muncul, coba deh matikan adblocknya ;)

Posting Komentar

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search