Kalau Bepergian, Pilih Nginep Mana?

Last Updated on 2 years by panduaji

Biasanya kalau bepergian nginep mana? Pertanyaan yang cukup sering ditanyakan oleh teman maupun tetangga. Sebagai orang yang tinggal di kota kecil seperti Blitar, bepergian merupakan salah satu hal yang bisa dibilang cukup mewah. Apalagi kalau bepergiannya dalam rangka liburan.

Ada banyak opsi tempat menginap yang bisa dipilih ketika bepergian, bisa numpang nginep di rumah teman yang biasanya gratis, menginap di hostel ekonomis, menginap di hotel maupun sampai sewa apartemen harian jika bepergian dalam jangka waktu agak lama bersama beberapa teman sekaligus.

Berikut beberapa referensi tempat menginap yang bisa kamu pilih ketika bepergian

Menginap di Rumah Teman

Numpang nginep ke rumah teman merupakan opsi paling ekonomis untuk menghemat budget penginapan. Sebelum memutuskan untuk menginap di rumah teman, biasanya aku punya beberapa pertimbangan
  • Seberapa dekat dengan orang tersebut. Sebagai orang yang gampang pekewuh, memutuskan untuk numpang menginap di rumah teman merupakan hal yang sebenarnya aku hindari. Apalagi kalau nggak terlalu dekat. Karena meski cuma semalam itu mungkin bisa merepotkan teman yang aku datangi.
  • Lokasi merupakan hal kedua yang aku pertimbangkan, apalagi kalau untuk menghadiri event seperti ini. Lebih baik menginap di hotel / penginapan yang lokasinya dekat dengan venue daripada numpang menginap di rumah teman yang jaraknya jauh.
Kalaupun akhirnya aku memutuskan untuk menginap di rumah teman biasanya hanya 1 – 2 malam. Nggak enak kalau terlalu lama karena bisa saja kehadiranku yang terlalu lama mengganggu aktivitas sehari-hari tuan rumah. 

Menginap di Hostel

 Menginap di Enaka Asakusa Hostel, Tokyo
Menginap di Enaka Asakusa Hostel, Tokyo
Menginap di Hostel atau merupakan salah satu opsi terbaik ketika liburan sendiri. Karena harga penginapan di hostel bisa dibilang relatif murah dibandingkan hotel. Aku memilih opsi ini ketika backpackeran ke Jepang selama dua minggu beberapa waktu lalu.

Hostel sebenarnya mirip dengan hotel, tetapi biasanya di hostel ini satu kamar untuk beberapa orang sekaligus. Di Bangkok aku pernah menginap di hostel dengan bunkbed tanpa penutup, kalau di Jepang rata-rata hostel tertutup sehingga cukup privat. 

Penginapan model ini biasanya bisa dengan mudah ditemukan di kota – kota besar yang menjadi salah satu tempat singgah menuju kawasan tempat wisata yang populer.

Menginap di Hotel

 Menginap di Batiqa Hotel Palembang
Menginap di Batiqa Hotel Palembang
Menginap di hotel merupakan pilihan paling tepat jika pergi untuk urusan pekerjaan. Selain lebih privat, kita bisa tetap fokus untuk bekerja secara remote karena memang kondisinya memungkinkan untuk tidak diganggu siapapun. Apalagi koneksi internet di hotel biasanya juga sudah cukup mumpuni.

Jika dibandingkan dengan hostel, tentu hotel lebih mahal. Namun dengan fasilitas yang disediakan dan sebuah ruangan privat tentu menjadi pertimbangan yang tepat untuk yang bepergian untuk urusan pekerjaan. Apalagi kalau biaya hotelnya ditanggung sama kantor. 

Menginap di Apartemen

Apartemen merupakan salah satu hunian vertikal versi mewah untuk rumah susun. Biasanya dalam satu ruangan di apartemen itu terdiri dari beberapa kamar. Sehingga bisa digunakan ramai-ramai bersama beberapa teman sekaligus.

Menginap di apartemen merupakan pilihan paling tepat untuk yang bepergian dengan rombongan. Karena harga sewa apartemen relatif murah dengan berbagai fasilitas layaknya rumah kontrakan beserta perabotnya.

Dari beberapa kali ngobrol bareng teman yang sering liburan ke luar negeri bersama rombongan, kalau rame-rame mending sewa apartemen harian karena adanya dapur  bisa dimanfaatkan untuk memasak sehingga dapat menekan biaya makan ketika liburan

Apartemen biasanya hanya tersedia di kota-kota besar saja, jadi kalau mau bepergian ke kota-kota kecil homestay / hostel merupakan pilihan yang lebih ekonomis. 

Jadi Pilih Nginep Mana?

Jadi, kalau mau pergi sendirian semalam untuk urusan bisnis dan butuh ruang privat yang khusus, ada baiknya untuk menginap di hotel saja. Namun kalau nggak ada urgensi ruang privat bisa menghemat budget dengan menginap di hostel.
Kalau kebetulan ada teman dekat yang berdomisili tak jauh dari lokasi mending nginep aja di rumah teman. Karena selain bisa nyambung silaturahmi juga bisa berbagi cerita serta pengalaman. Selama mereka nggak repot, pasti mau kok ditumpangin buat nginep.
Jika bepergian bersama rombongan dalam jangka waktu agak lama gitu mending coba sewa apartemen harian. Karena fasilitas di apartemen seperti dapur bisa membuatmu dan teman-teman lebih hemat saat traveling.

Jadi, apakah kamu punya pertimbangan untuk menginap dimana ketika sedang bepergian?

Previous

Mencoba Naik Bis Bagong Surabaya Blitar via Tol

Ini Dia Spesifikasi Reno 10x Zoom Smartphone Cadas Dengan Kamera Canggih

Next

Saya juga ada di Instagram facebook Twitter dan Youtube Suka menulis tentang blogging di panduaji.com

Leave a Comment