Mie Ayam Pangsit Karanglo Blitar

Last Updated on 2 years by panduaji

“Kalau di tempat makan ada sumpit, cobalah belajar makan pakai sumpit. Biar suatu saat kalau pergi ke Jepang itu bisa makan pakai sumpit. Nggak ngisin-ngisini”

~ Bapak

Kalimat di atas bukanlah quote dari seorang tokoh yang populer. Hanya saran dari mendiang bapak beberapa tahun lalu. Bahkan aku sendiri sampai saat ini bingung, kenapa kok bisa tetap ingat bahkan menunaikan himbauan tersebut.

Kenapa harus Jepang? Nggak Tiongkok maupun negara lain? Mungkin Bapak tahu kalau aku yang saat itu naik mobil aja mabuk darat bisa terbang sampai ke Jepang. Sepertinya Bapak memang seorang visioner, hanya saja saat itu aku masih terlalu kecil untuk memahaminya.

Mungkin itu salah satu alasan kenapa aku suka berhenti di warung mie ayam. Karena warung mie ayam merupakan tempat makan paling murah dan tersedia di setiap penjuru kota yang menyediakan sumpit. Bahkan sampai saat ini di Blitar aja belum ada restoran khas Jepang yang beneran.

Witting Trisno Jalaran Soko Kulino, merupakan pepatah jawa yang cocok menggambarkan hubunganku dengan mie ayam. Aku yang tadinya makan mie ayam hanya karena pengen belajar makan menggunakan sumpit jadi suka makan mie ayam.

Jadi beberapa waktu lalu ketika liburan ke Jepang, aku senantiasa makan menggunakan sumpit karena sudah terbiasa latihan menggunakannya di warung mie ayam. Terima kasih untuk para pemilik warung mie ayam yang sudah menyediakan sumpit. Tanpamu mungkin aku nggak bisa makan pakai sumpit saat ini.

Warung Mie Ayam Pangsit Karanglo di Blitar

Warung Mie Ayam Karanglo
Tampak depan Warung Mie Ayam Karanglo, Blitar

Ada banyak warung mie ayam di Blitar, hampir setiap warung memiliki ciri khas masing-masing. Menurutku, untuk saat ini, Depot Mie Ayam Gemini merupakan warung mie ayam paling enak dan paling mahal di Blitar. Dibandrol dengan harga Rp. 16.000 per mangkok. Kalau penasaran bisa baca ulasannya di sini.

Entah kenapa kalau aku di Blitar, mengeluarkan uang Rp. 16.000 untuk semangkok mie ayam itu benar-benar berat. Bahkan jauh lebih berat dibandingkan beli makanan di restorasi kereta api. Untuk itu aku mulai mencoba kuliner mie ayam di Blitar dan pada akhirnya menemukan salah satu yang bisa masuk daftar mie ayam enak di Blitar, yaitu Mie Ayam Karanglo.

Mie Ayam Pangsit Karanglo yang Khas

Mie Ayam Pangsit Karanglo
Seporsi Mie Ayam Pangsit Karanglo dibandrol dengan harga Rp. 8.000

Mie Ayam Karanglo merupakan warung mie ayam yang terletak di daerah Karanglo, Sananwetan, Kota Blitar. Mie ayam homade yang dibuat sendiri oleh pemiliknya memiliki tekstur lembut nan kenyal. Warung ini terkenal menyajikan mie ayam non msg, cocok untuk yang anti micin.

Kuah kaldunya juga bisa dibilang bening, dengan rasa yang lembut bercampur dengan rasa dari aromapotongan daun bawang ditaburkan membuat kuahnya benar-benar terasa suweger.

Belum lagi potongan ayam bentuk dadu nan rapi dengan bumbu yang meresap menambah kekayaan rasa dalam setiap sendok mie ayam pangsit Karanglo ini. Sayur sawi menjadi salah satu ciri khas mie ayam yang populer dimana-mana.

Toping pangsit memiliki penampilan yang cukup menarik, potongannya tipis dengan warna kecoklatan. Renyah dan gurih rasanya memang cocok untuk menambah efek suara ketika memakannya.

Salah satu yang paling menyenangkan adalah kebebasan pengunjung untuk menambahkan acar sendiri di mangkoknya. Mana acarnya juga enak.

Baca juga : Mie Ayam Worldclass di Blitar

Harga Mie Ayam Pangsit Karanglo

Satu mangkok mie ayam pangsit dibandrol dengan harga Rp. 8.000. Lebih ekonomis jika dibandingkan dengan mie ayam gemini. Meski untuk rasa itu beda kelas, setidaknya untuk level warung mie ayam, warung ini bisa dibilang cukup berkelas menurutku.

Segelas teh hangat maupun es teh dibandrol dengan harga Rp. 2.000, sedangkan untuk es jeruk kalau nggak salah dibandrol dengan harga Rp. 3.000. Apabila merasa pangsitnya kurang, di setiap meja sudah disediakan dengan harga Rp. 1.000 per plastik.

Lokasi Mie Ayam Pangsit Karanglo

Mie ayam pangsit karanglo ini berada di sebelah sisi selatan Jl. Sumatra, Keluarahan Sananwetan, Kec. Sananwetan, Kota Blitar. Tidak terlalu jauh dari pemakaman umum Karanglo.

Buka setiap hari Senin sampai Sabtu mulai pukul 11.00 WIB sampai habis, biasanya sih sebelum jam 5 sore sudah habis. Jadi disarankan datang siang menjelang sore saja. Daripada kehabisan.

Jika masih bingung menemukannya, bisa coba klik di sini, biarkan google maps yang menunjukkan tempatnya padamu.

Kalau sudah nyobain makan di warung mie ayam pangsit karanglo, gimana menurutmu? Tuliskan di kolom komentar yang sudah disediakan di bawah ini ya.

Punya referensi tempat makan mie ayam enak di Blitar? nggak ada salahnya untuk menulisnya di kolom komentar yang sudah aku sediakan. Siapa tahu aku cocok dengan rasa mie ayam yang kamu tawarkan.

Previous

Menginap di Hotel Ibis Arcadia Jakarta

3 Rekomendasi Rumah Murah Jakarta Barat di Bawah 500 Juta

Next

Saya juga ada di Instagram facebook Twitter dan Youtube Suka menulis tentang blogging di panduaji.com

2 thoughts on “Mie Ayam Pangsit Karanglo Blitar”

Leave a Comment