Liburan ke Pantai Tambakrejo Blitar

Last Updated on 5 months by panduaji

Pantai Tambakrejo Blitar merupakan salah satu pantai yang paling ramai di Blitar, bahkan sejak aku masih kecil dulu. Namun aku baru pernah pergi ke pantai ini ketika sudah lulus kuliah, yaitu pada akhir 2014 silam. Tidak ada perubahan berarti hingga kini selain akses jalan yang semakin mudah dibanding yang dulu.

Selama pandemi hampir nggak pernah main ke luar, hingga akhirnya beberapa waktu lalu diajak Nisa untuk main ke pantai. Bukan karena mau piknik, tetapi berburu ikan buat kulineran. Setelah empat bulan nggak kemana-mana, akhirnya aku pun mau mencoba main ke Pantai Tambakrejo Blitar ini.

Piknik Pantai Tambakrejo

Sudah cukup lama memang nggak main ke pantai ini, karena nggak ada kenalan siapa-siapa di pantai ini. Nggak ada event apapun juga. Sehingga kalau mlipir ke sini paling ya cuma buat kulineran.

Rute dan Perjalanan Pantai Tambakrejo

Perjalanan dari Blitar kota ke Pantai Tambakrejo yang cuma sekitar 30an kilometer membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan. Maklum, jalanan yang sempit dan terkadang berkelok membuatnya semakin lama. Belum lagi kalau harus papasan dengan truk ternak maupun tebu.

Rute yang bisa dilewati dari Blitar Kota adalah sebagai berikut ini

  • Blitar Kota ke Selatan arah Tulungagung,
  • Dari Jembatan Kademangan ambil ke kiri (ada petunjuk arah sebelum jembatan)
  • Ikuti jalan lurus terus ke selatan mengikuti jalan utama melewati hutan dan perkampungan
  • Sampai di perempatan gawang dengan satu pohon besar di tengahnya. Ambil ke selatan (ada petunjuk arah).
  • Ikuti jalan terus jalan utama sampai di Pantai Tambakrejo

Aku pernah bikin video tentang kondisi jalan dan rute menuju ke Pantai Pasetran Gondomayit yang ada di sebelah pantai ini. Jalannya kurang lebih sama. Bedanya hanya beberapa ratus meter sebelum pantai tambakrejo belok kiri untuk menuju ke Pantai Pasetran Gondo Mayit.

Pemandangan di Pantai Tambakrejo

Jika kadar kecantikan pantai dilihat dari warna pasir dan warna lautnya, pantai tambakrejo memang menawan. Bahkan termasuk salah satu pantai bagus di Blitar yang wajib kamu kunjungi. Apalagi akses jalannya yang juga mudah membuat siapapun bisa dengan mudah datang ke pantai ini meski nggak bisa kalau harus membawa bus.

Pantai tambakrejo memiliki sebuah pasar ikan yang terletak di sebelah timur, ada banyak ikan segar dan asap yang dijual di kawasan ini. Tapi kalau aku lebih suka beli langsung di salah satu warung yang berada tepat di selatan pasar ikan ini. Terkadang dapat harga yang lebih murah dibanding yang di pasar.

Warna laut di pantai ini biru cakep, dengan pasir berwarna putih. Mirip dengan pantai pasetran gondomayit yang hanya dipisahkan oleh sebuah bukit. Sedangkan di sisi barat, terdapat dermaga untuk kapal para nelayan pantai ini.

Dermaga Pantai Tambakrejo Blitar
Dermaga Pantai Tambakrejo Blitar

Selain pemandangan laut yang memikat, terdapat spot memancing yang juga bisa jadi spot untuk berswafoto lantaran pemecah ombak dianggap instagramable. Pemandangan sore juga cukup memikat dengan warna sunset yang hangat. Cocok buat penggemar senja, macing sambil ngopi menunggu matahari terbenam.

Pemecah ombak pantai Tambakrejo Blitar
Pemecah ombak pantai Tambakrejo Blitar

Ada banyak kapal nelayan yang bisa disewa untuk sekedar mencoba melaut. Kalau nggak salah satu orang cukup bayar 15 ribu untuk kapal berisi 10 orang menuju sedikit ke tengah. Aku belum pernah mencobanya, setiap kesana mungkin hanya dalam rombongan kecil dan bukan weekend. Sehingga agak susah mencari barengan

Kuliner di Pantai Tambakrejo

Seperti yang sudah aku ceritakan di awal, niat awal ke pantai ini adalah buat kulineran bukan buat piknik. Foto di atas adalah foto tahun 2018 ketika menjelajahi setiap sudut pantai ini. Baru sadar aku belom pernah menulis tentang pantai ini di blog. Akhirnya sekalian tulis.

Beruntung datang tidak saat akhir pekan, sehingga tidak banyak pilihan warung yang membuat semakin bingung dalam memilih tempat makan. Tentunya warung yang setiap hari buka jam terbang dalam memasak olahan ikan laut pun semakin tinggi sehingga rasanya bisa diadu.

Ikan di Pantai Tambakrejo
Ikan di Pantai Tambakrejo

Setelah berkeliling dan tanya harga di pasar ikan, pilihan tempat makan ada di warung depan pasar ikan yang juga menjual ikan segar beraneka jenis dengan harga yang relatif lebih murah. Ada banyak pilihan ikan yang bisa dipilih dan transparan ketika transaksi. Jadi nggak bakal kegetok harga.

Ikan bakar dengan sambel kecap dengan sedikit campuran kacang dan potongan bawang merah mantap untuk disantap. Harga tergantung besar kecil ikan yang dipilih serta jenis ikannya. Dan aku menyesal karena ternyata nggak sempat ambil foto makanannya gegara terlalu lama menunggu dibakar dan terlalu lapar untuk melaksanakan ritual foto :))


Seputar Pantai Tambakrejo

Ada yang mau ditanyakan di pantai tambakrejo? Berikut Q n A seputar tambakrejo yang seringkali ditanyakan teman-teman. Kalau ada pertanyaan lain, jangan ragu buat tulis di kolom komentar. Nanti akan aku jawab kok

Berapa lama dari Kota ke pantai?

Butuh waktu sekitar 1 jam perjalanan dari Kota menuju ke Pantai ini. Minimal spare waktu 3 – 4 jam kalau mau main ke Pantai Tambakrejo yak!

Bagamaimana kondisi jalannya?

Sejauh ini, Pantai tambakrejo merupakan pantai di Blitar yang jalannya paling enak. Bisa lihat video yang udah aku tempelin di atas untuk mengetahui bagaimana kondisi jalan terkini untuk menuju pantai tambakrejo

Apa mobil bisa sampai Pantai?

Bisa banget, karena jalannya sudah di dominasi aspal dan sampai ke pantai

Apa bus bisa sampai pantai?

Belum bisa, mungkin bus mini bisa sampai pantai. Kalau bus besar jelas belum bisa. Aku pernah bawa tamu dengan naik elf long menuju ke pantai ini bisa.

Apa bisa Camping?

Kalau bisanya sih bisa, cuma aku kurang tahu spot campingnya di sebelah mana. Karena terlalu dekat dengan pemukiman penduduk sehingga kurang asyik buat camping

Ada kulineran seafood?

Pantai tambakrejo pusatnya seafood di wilayah Blitar. Ada banyak penjual makanan laut, mau beli yang mentah, segar hingga asap juga tersedia. Harga bisa nego dulu kok sebelum membeli.

Leave a Comment