,

Cara Membuat Video Perjalanan – 5 Tips Untuk Pemula

Apakah kamu mulai belajar untuk membuat video perjalanan dan bertanya-tanya bagaimana caranya membuatnya terlihat profesional?  Nggak perlu khawatir, pada kesempatan ini saya mau berbagai 5 tips untuk membuat travel video seperti para youtuber yang memiliki banyak subscriber.

Dengan video, kita bisa mengajak penonton untuk merasakan pengalaman yang sama dengan kita sebagai perekam video sehingga mereka bisa merasakan sensasi berlibur ke tempat-tempat menarik hanya dengan menonton video yang kita buat.

Berbeda dengan foto yang mengharuskan kita membuat cerita yang menarik untuk bisa mengajak orang merasakan pengalaman yang sama dengan kita. Apalagi kebanyakan dari kita cukup kesulitan untuk menulis cerita tersebut.

Namun untuk membuat video perjalanan yang bagus juga tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti sudut pandang , lensa, efek khusus hingga proses editing video.

Pada kesempatan ini, saya mau berbagi 5 tips sederhana bagaimana membuat video perjalanan yang cocok untuk pemula. Nggak pake lama, langsung saja masuk ke pembahasan

Tonton Banyak Video Travel!

Sebelum membuat video perjalanan, ada baiknya kamu menonton banyak video perjalanan terlebih dahulu. Dengan menonton video, kamu bisa mempelajari banyak hal yang bisa kamu jadikan referensi untuk membuat video perjalanan.

Beberapa hal yang bisa kamu pelajari dari menonton video perjalanan seperti tren yang sedang booming, framing ketika mengambil gambar hingga bagaimana menyusun cerita dalam video perjalanan.

Nggak ada salahnya mengikuti teknik yang sudah dilakukan oleh professional, seperti istilah ATM (Amati – Tiru – Modifikasi). Kita bisa belajar dengan mengamati, lalu menirukan dan melakukan modifikasi sehingga bisa membuat video yang sesuai dengan style kamu. Sehingga kamu bisa memiliki video perjalanan yang unik di internet.

Buat Perencanaan!

Sebelum membuat video, ada baiknya kamu merencanakan bagaimana jadinya video yang akan kamu buat. Mau bikin video bergaya sinematik, vlog, screencast maupun live action. Apapun video yang akan kamu buat, kamu perlu untuk merancangnya terlebih dahulu

Kesalahan pemula ketika membuat video adalah tidak merencanakannya sama sekali. Mereka hanya mengambil video tanpa tahu apa tujuan merekam itu. Sehingga ketika proses editing, banyak dari mereka yang menyesal karena melewatkan hal-hal penting yang harusnya direkam.

Jangan bermimpi bahwa kamu bisa membuat video bagus hanya dengan membayangkannya dan mengambil gambar sekenanya. Proses pembuatan video memang perlu direncanakan mulai dari awal hingga akhir. Kamu juga membutuhkan alat-alat dasar yang dapat menunjang sesuai dengan kebutuhan video yang akan kamu rekam. Ini membuat video yang kamu buat tampak profesional.

Jangan Mengabaikan Kekuatan Musik

Musik merupakan salah satu hal yang harus kamu pertimbangkan, karena dengan pemilihan musik yang tepat dapat membuat penonton videomu lebih ‘hidup’. Untuk menambahkan musik juga bisa dilakukan dengan mudah. Kamu bisa menggunakan aplikasi editing video apapun untuk membuat video seperti itu.

Dalam memilih musik, kamu perlu mempertimbangkan kesesuaian dengan video yang kamu buat. Enggak mungkin kamu menambahkan musik yang fun ke dalam video bernuansa misteri bukan? Itu hanya akan merusak suasana yang telah dibangun dengan videonya.

Pastikan bahwa video dengan musiknya selaras sehingga dapat saling menunjang untuk membangiktkan suasana dalam video.

Pandai Pandailah Mengambil Gambar!

Gundam di Tokyo Diver

Waktu berubah dengan cepat,kalau dulu sebagian besar pembuat video mengambil gambar sebanyak mungkin, namun saat ini mulai beralih dengan mengambil gambar seefektif mungkin.

Pengambilan gambar seperlunya dapat membantumu dalam proses editing. Kamu tidak perlu terlalu repot dalam memilih stok gambar yang dimiliki. Hal ini bisa dioptimalkan dengan melakukan perencanaan yang sudah dibahas sebelumnya.

Dengan mengambil gambar seperlunya, kamu tetap bisa menikmati keindahan tempat yang kamu kunjungi. Kamu tidak akan terlalu repot dengan pengambilan gambar yang justru dapat membuatmu lebih lelah dari tujuan awal jalan-jalan untuk bersantai.

Apabila kamu memiliki perencanaan yang matang, kamu bisa memperoleh gambar dengan baik dan di waktu-waktu yang tepat. Golden Hour menawarkan pencahayaan terbaik apabila kamu ingin mengambil video landskap yang apik.

Kamu perlu memanfaatkan cahaya alami untuk mengambil video, sehingga hasilnya bisa memuaskan. Cukup ambil gambar yang memungkinkan saja. Ketika cahaya sudah terlalu gelap dan tidak dapat mengambil gambar, lebih baik nikmati saja momennya. Dengan memanfaatkan cahaya alami, kamu bisa memperoleh gambar terbaik dari destinasi tersebut.

Nggak Terlalu Pusing dengan Alat

Kamera DSLR, Drone, Tripod, Stabilizer dan berbagai peralatan lain nggak perlu terlalu kamu pikirkan. Karena semua peralatan itu tidak bisa membuatmu tiba-tiba bisa membuat video perjalanan yang profesional.

Peralatan itu memang penting, namun yang paling penting bukan tentang peralatannya tetapi orang yang menggunakannya. Video perjalanan yang baik akan lebih menarik apabila kamu bisa menyusun cerita dalam video.

Terkadang kamu bisa membuat video profesional hanya dengan kamera handphone yang kamu gunakan saat ini. Semua tergantung bagaimana kamu bisa mengambil gambar dan menyusunnya dalam cerita yang menarik. Bukan tentang peralatan yang digunakan untuk mengambil gambar.

Untuk pemula, gunakan peralatan yang sudah kamu miliki saat ini. Selama kamera tersebut sudah cukup baik, kamu nggak perlu tergesa-gesa upgrade peralatan kamera yang mahal hanya untuk memulai membuat video perjalanan.

Mengemas Video!

Membuat video perjalanan itu tentang bagaimana kita mengambil gambar terbaik dan menyusunnya dalam sebuah cerita yang menarik sehingga penonton bisa terus menerus menonton video yang kamu buat.

Menentukan software editing video juga merupakan salah satu tips untuk bisa membuat video perjalanan yang menarik. Kemudahan dalam menggunakannya akan membantumu lebih cepat menyusun video perjalanan yang menarik

Kamu enggak perlu menjadi jago dalam proses editing video, kamu bisa memanfaatkan berbagai macam fitur pada software editing video seperti efek maupun template. Sehingga video perjalananmu menjadi lebih cepat selesai.

Jadi untuk pemula, saya sarankan untuk belajar teknik perekeman video sehingga bisa menciptakan tren baru dengan gaya sendiri. Jangan lupa untuk tetap menikmati proses pembuatan video, sehingga kamu bisa terus menerus membuat video perjalanan setiap jalan-jalan kemanapun.

Saya juga ada di Instagram facebook Twitter dan Youtube Suka menulis tentang blogging di panduaji.com

Leave a Comment