Cara Edit Foto Pakai Musik Jadi SlideShow

Bingung cara edit foto pakai musik jadi slideshow untuk promosi produk di status whatsapp, story instagram, facebook maupun tiktok? Sekarang kamu bisa bikin slideshow online dengan lagu secara mudah, hanya modal foto dari handphone, kamu sudah bisa bikin slideshow dengan animasi yang keren.

Kini kita bisa dengan mudah menawarakan produk melalui berbagai kanal media sosial yang ada seperti facebook, instagram, tiktok bahkan melalui status whatsapp pun bisa. Kita nggak perlu lagi sewa tempat untuk jualan, yang dibutuhkan adalah konten yang bisa diposting di media sosial.

Sekarang orang lebih suka melihat konten dalam bentuk video dibandingkan foto. Belajar membuat video akan membutuhkan waktu yang lama apalagi untuk UMKM yang semuanya dikerjakan sendiri. Mending bikin konten video dari foto-foto yang sudah dimiliki dan menambahkan video untuk menjadi slideshow.

Dengan konten video slideshow, konten bisa menjangkau lebih banyak orang karena sesuai dengan alogaritma media sosial yang lebih suka konten video dibandingkan foto.

Pada kesempatan ini saya mau berbagi tutorial bagaimana cara membuat video slideshow online yang bagus dengan tambahan lagu dan animasi hanya dengan modal foto. Oh iya, proses pembuatannya pun cepat yak, karena bisa pakai template yang sudah disediakan

Merencanakan Slideshow

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat skenario, dalam studi kasus ini saya akan membuat promo 4 bunga gratis cuma bayar ongkir saja dengan durasi video selama 20 detik saja.

Adapun bunga yang akan saya gratiskan kali ini adalah, Monstera Acuminata, Monstera Peru, Scindapsus Grey dan Spathiphyllum Peace Lily. Jadi udah ada gambaran 4 foto tanaman yang saya gratiskan dan durasi videonya 20 detik.

Saya tambahkan 1 foto greenhouse di dalam slideshow supaya lebih meyakinkan bahwa kita beneran bikin promo taneman gratis dan pembeli hanya perlu bayar di ongkir saja.

Daftar Slideshow Maker Online

Selanjutnya adalah mendaftar ke Flexclip SlideShow Maker untuk menggabungkan foto, animasi text maupun grafis dan lagu. Menggunakan slide show maker online ini lebih efektif karena tidak harus install aplikasi di handphone maupun di komputer, bisa dilakukan hanya menggunakan browser.

Mungkin banyak yang bertanya, kenapa saya menggunakan Flexclip? Bisa baca beberapa alasan di bawah ini yak!

Alasan menggunakan flexclip

Flexclip Slide Show Maker

Ada ribuan template yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan

Ada ratusan pilihan transisi yang bisa digunakan tanpa ribet

Ada ribuan pilihan teks lengkap dengan grafis animasi yang bisa diubah dengan mudah

Tersedia jutaan library musik dan video free royalti. Bisa digunakan tanpa harus takut kena copyright ketika di upload.

Cara Membuat Slideshow

Siapkan 5 Foto

Sebelum melakukan proses editing, hal pertama yang saya lakukan adalah menyiapkan 5 foto yang akan saya jadikan slideshow promosi dari barang yang akan saya jual. Untuk mempermudah prosesnya, saya siapkan dalam satu folder khusus.

Buka Slideshow Maker

upload foto

Kemudian buka slideshow maker dan upload 5 foto yang mau dijadikan slideshow. Setelah proses upload berhasil, kamu bisa mengubah urutan foto sesuai yang kamu inginkan.

Pilih Template

Cara Edit Foto Pakai Musik Jadi SlideShow 1

Pilih template sesuai dengan promo yang mau kamu buat. Saya mau membuat promo bunga gratis dan hanya bayar ongkir saja. Kamu tidak harus memilih yang template yang ada, nantinya kamu bisa edit slideshow sehingga sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Edit Template

Edit Template Slideshow

Langkah selanjutnya adalah edit template yang sudah kamu pilih. Sesuaikan text dan gambar sesuai dengan yang kamu inginkan. Kamu bisa menambahkan gambar, grafis, text, animasi dan masih banyak lagi. Bahkan kamu juga bisa mengubah dimensinya menjadi portrait 9:16 seperti yang saya lakukan, sehingga bisa kamu posting di TikTok, Instagram Reels, maupun platform media sosial lainnya.

Tambahkan Animasi

Tambahkan Animasi

Kamu juga bisa menambahkan animasi untuk berbagai grafis yang tersedia. Untuk yang belum terbiasa membuat aplikasi semacam ini mungkin akan sedikit kesulitan namun kalau sudah terbiasa kamu akan bisa melakukan editing slideshow dengan mudah

Tambahkan Musik

Tambahkan Musik

Ada banyak pilihan musik yang bisa dipilih dan masukkan ke dalam slideshow. Tentunya background musik yang tersedia ini free royalti. Kalau kamu punya lagu sendiri, kamu juga bisa menambahkannya dengan cara menguploadnya.

Export Slideshow

export video

Setelah semua proses editing selesai, sekarang kamu bisa tekan tombol export untuk mengubah slideshow menjadi video. Gunakan 1080p untuk export video dengan kualitas Full HD. Sehingga tidak pecah kalau di upload di facebook, tiktok, instagram maupun di status whatsapp.

Tunggu Proses Render

Export Slideshow

Kamu bisa menunggu proses render dengan mendengarkan musik atau mempersiapkan caption untuk postingannya.

Hasil Slideshow

Berikut hasil slideshow dari yang sudah dibuat di atas.

Cara Mudah Bikin SlideShow

Jadi bagaimana? Mudah bukan untuk membuat slideshow video bermodalkan foto yang sudah ada. Nggak perlu repot lagi, nggak perlu terlalu handal dalam proses editing. Dimulai dulu dari yang sederhana, sehingga kamu bisa fokus untuk meningkatkan kualitas produk yang kamu buat.

Seiring berjalannya waktu, kamu akan belajar juga bagaimana mengambil foto, mengambil video sehingga bisa membuat konten-konten yang lebih baik. Siapa tahu dengan konten-konten sederhana tersebut usahamu bisa berkembang menjadi lebih besar dan lebih baik.

Nggak menutup kemungkinan juga kamu bisa menambahkan tim kreatif untuk membuat konten-konten yang lebih baik ke depannya.

shopee promo

Saya juga ada di Instagram facebook Twitter dan Youtube Suka menulis tentang blogging di panduaji.com

Leave a Comment