Kuota dalam Internet Unlimited

Minggu, Desember 25, 2011

Dominasi warnet sebagai salah satu tempat untuk menjelajah dunia maya mulai menurun, meski tidak sedikit warnet yang sampai membuka cabang-cabang seperti yang ada di daerah Bratang Surabaya. Hal tersebut dikarenakan mudahnya mendapat internet personal yang lebih efektif tanpa harus pergi ke warnet dan menggunakan perangkat sendiri di rumah dengan memanfaatkan modem.

Kini harga modem sudah cukup terjangkau. Smart misalnya, hanya dengan 300ribu rupiah kita sudah bisa memiliki modem seutuhnya + internet unlimited gratis 2 bulan. Jika dikalkulasi, memang menggunakan modem sendiri jauh lebih murah dibandingkan menggunakan jasa di warnet.

Misal jika seharian kita online di warnet selama 2 jam dan membayar 5 ribu rupiah, maka selama satu bulan kita akan menghabiskan uang sampai dengan 150ribu rupiah. Dengan modem, kita bisa langgangan internet unlimited dengan biaya bervariasi tergantung masing-masing provider dengan harga mulai 45ribu rupiah hingga ratusan ribut. Semuanya merupakan inernet unlimited. Di sini saya akan sedikit share tentang beberapa istilah yang sering membuat teman saya bingung terkait internet unlimited.

Dengan menggunakan layanan internet unlimited, kita dapat mengakses halaman sebanyak apapun dengan membayar harga yang TETAP tiap bulannya. Entah itu kita gunakan maupun tidak kita gunakan. Internet unlimited di sini memang benar-benar tidak terbatas, kita bisa menggunakan layanannya. Ada beberapa teman yang bingung mengenai hal ini terlebih ada yang dinamakan kuota, fup, dsb.

Kuota, merupakan hal yang cukup sensitif dalam dunia internet unlimited untuk orang awam. Pada umumnya teman-teman mengtahui bahwa menggunakan langganan internet unlimited, tetapi kenapa harus dibatasi dengan kuota, berarti nggak unlimited dong?

Menurut saya, kuota tidak membatasi akses internet kita yang unlimited, karena entah kuota habis maupun kuota belum habis, kita masih tetap bisa mengakses internet. Yang perlu digaris bawahi tentang pengertian kuota dalam internet unlimited. Yaitu batas pemakaian wajar. Hal ini tidak berbeda jauh dengan FUP (Fair Ussage Policy).

Katakanlah kita berlangganan internet unlimited dengan kecepatan hingga 1Mb/s dengan kuota 2GB. Jika pemakaian internet unlimited kita belum melebihi kuota, maka kita dapat menikmati kecepatan data hingga 1Mb/s, namun jika sudah melebihi kita masih dapat menggunakan internet unlimited tanpa biaya tambahan dengan kecepatan yang jauh lebih rendah dari 1Mb/s, bisa saja 64kb/s. Tergantung masing-masing kebijakan operator. Jadi KUOTA tidak membatasi kita dalam berselancar di dunia maya, namun hanya membatasi kecepatan kita berselancar di dunia maya.

Jika diilustrasikan sebagai pengendara. Saat kuota masih, kita bagaikan ngebut di jalan tol, namun ketika kuota sudah habis, kita bagaikan menyusuri lorong sempit dan gang yang gelap. Kurang lebih seperti itulah isitlah kuota / FUP dalam internet unlimited.

You Might Also Like

4 comments

  1. goblok, ngapain bayar unlimited dengan quota, yg kita mau sebulan bayar fix untuk kecepatan yg fix, emang orang Indo plg pinter cr cara ngeruk duit lbh bnyk en nipu org dngn kata unlimited

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukannya hendak membela operator, sebenarnya ini cuma permainan kata saja. Unlimited bisa berarti kita bebas menggunakan internet. Hanya kecepatannya saja yang dibatasi.

      Hapus
  2. Jdi gan misalnya ada pesan masuk kata operator "Paket Internet Anda sudah mencapai 90% dari kuota. Terimakasih telah menggunakan produk ******* "
    saya ngmbil paket 1 bulan 500mb kuota .. apakah kuota itu akan kmbali 0% pada saat keesokan harinya ??

    BalasHapus
  3. nggak gan, 500MB/bln maksudnya kuota 500MB bisa dipakai selama 1 bulan. Kalau kuota sudah habis ya sudah. Silakan isi ulang lagi. Soalnya itu kuota bulanan, bukan harian.

    Dulu salah satu operator CDMA menawarkan internet unlimited dengan kuota harian 200MB. Setelah kuota terpakai, keesokan harinya kita masih dapat kuota 200MB lagi karena kuotanya harian.

    BalasHapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe