Menambahkan Driver Shape Key Blender 2.6

Rabu, Juni 06, 2012

Beberapa waktu lalu ada seorang teman bertanya tentang bagaimana caranya membuat kontroler untuk shape key. Setelah mencoba mencari, akhirnya saya menemukan bagaimana caranya untuk membuat driver kontroler di Blender.

Driver Kontroler Shape key berguna untuk mempermudah animator dalam menggerakkan komponen shape key, sehingga cukup dengan menggerakkan kontroler di 3D view, animator sudah dapat menggerakkan shape key.

Berikut contoh sederhana membuat driver kontroler shape key pada Blender 2.6. Saya buat sebuah contoh sederhana dengan sebuah cube yang diberi shape key.

Pertama, buat sebuah cube dan buat 2 shape key. Yang pertama adalah basis, yang merupakan bentuk mutlak / asli yang tidak dapat dirubah. Sedangkan yang kedua, adalah shape dimana kita merubah bentuk dari cube tersebut.
Add shape key
Kemudian masuk edit mode > Apply shape key in edit mode > set value: 1.000 > Scale hingga bentuk yang diinginkan. Saya contohkan membuat bentuk piramida dengan melakukan scale ke vertex yang teratas. Jangan disangkut pautkan dengan iluminati lho ya :p. cuma contoh sederhana.
shape key
Coba gerakkan value pada object mode, otomatis bentuk dari cube akan berubah-ubah sesuai dengan nilai yang sudah kita atur. Semakin mendekati value 1.000 maka bentuk cube akan semakin menyerupai bentuk piramida. Sedangkan semakin jauh dari nilai 1.000 maka bentuknya akan menyerupai sebuah cube.
Shape key test
Itu merupakan contoh yang sederhana, coba bayangkan jika seorang animator harus mengatur melalui nilai-nilai tersebut mungkin akan ada mengalami kesulitan. Oleh karena itu terkadang ada shape key yang diberi driver, sehingga cukup menggerakkan bone, shape key bisa digerakkan.

Tambahkan driver dengan cara klik kanan pada value shape key > Add driver. Ketika kita sudah menambahkan driver, otomatis warna value menjadi ungu dan kita tidak bisa lagi mengubah nilai value. 
Add driver
Untuk membuat drivernya yang perlu kita lakukan adalah membuat sebuah bone dengan cara Add > Armature > Single Bone.
Add bone
Pindah mode jendela ke animation untuk mempermudah penambahan driver-driver. Pada bagian Graph Editor pilih type Driver > Seleksi valuenya > Tekan N untuk memunculkan properties.
Driver properties
Pada bagian driver properties ganti typenya : averaged value > Ob / Bone : Nama armature yang digunakan dan pada Bone: nama bone yang dipakai. Pada contoh tersebut saya menggunakan Ob: Armature dan Bone: Bone.

Variabelnya space menggunakan local space untuk menggerakkan sejajar dengan sumbu objek, bukan global. Sedangkan typenya silakan menyesuaikan sendiri mau digerakkan kemana arah drivernya. Untuk bagian ketiga saya sendiri kurang bisa menjelaskan fungsinya.

Set variabel driver
Setelah itu seleksi bone > pindah ke pose mode > coba gerakkan pada sumbu X, Y dan Z. Apakah objek tersebut akan berubah ketika kita menggerakkan tulangnya? Jika belum, mungkin ada yang salah dengan cara yang sudah dilakukan. Untuk merubah bentuk bone tersebut agar sesuai dengan bentuk yang diinginkan, silakan menggunakan shape rig.


You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe