Control Speed Blender Video Sequence Editor

Minggu, September 23, 2012

Blender selain digunakan untuk animasi 3D, juga mumpuni untuk editing video. Saya sudah pernah menulis tutorial bagaimana cara menggunakan Blender untuk video editing. Tutorial tersebut mengenai Basic Blender Video Editing. Beberapa waktu lalu saya sempat bermain dengan Blender video editing lagi dan saya menggunakan fitur control speed, yang berfungsi untuk mengatur kecepatan dari sebuah strip sequence. Dengan fitur tersebut kita dapat mempercepat maupun memperlambat sebuah video. Berikut konsep fiturnya beserta cara penggunaannya.

Cara menggunakan fitur sama dengan fitur efek yang lain, yaitu dengan melakukan seleksi pada object kemudian Add (Shift A) > Effect Strip > Speed Control. Kemudian muncullah sebuah efek strip yang memiliki panjang sama dengan yang sudah kita seleksi
speed control strip
speed control strip
Panjang strip tersebut akan selalu mengikuti panjang strip yang kita beri efek. Hal ini berlaku untuk semua efek strip. Kita bisa menarik ujung-ujung strip yang berupa video, audio, gambar. Namun kita tidak bisa menarik strip efek.
perpanjang strip
perpanjang strip
Kenapa tidak dengan menarik strip tersebut otomatis akan memperpanjang durasi dari strip tersebut? Sebuah pertanyaan yang juga timbul dalam diri saya, bukankah itu sederhana? Daripada harus menggunakan tambahan efek strip yang awalnya saya tidak tahu bagaimana cara kerjanya. Saya sendiri kurang tahu kenapa, namun satu hal yang terjadi ketika kita menarik sebuah strip lebih panjang dari semestinya. Frame terakhir yang akan tampak pada video. Bisa dibilang pemanjangan tersebut hanya untuk frame terakhir. Mungkin karena ini bertujuan untuk melakukan still image dari sebuah animasi. Karena hanya still image kenapa harus dirender. Iya kalau rendertimenya sebentar, kalau lama? Mending pakai fasilitas ini.

Step by step penggunaan fasilitas control speed

  • Seleksi strip video yang ingin diberi efek percepatan maupun perlambatan.
  • Add > Effect Strip > Control Speed
  • Tarik strip yang sudah diberi efek control speed sesuai kebutuhan. Semakin panjang bisa semakin lama.
  • Seleksi strip efek control speed
control speed effect
efek control speed
  • Pastikan pada Effect Strip properties yang ada di sebelah kanan kita mengaktifkan Stretch to input strip length dan mengatur nilai Multiply Speednya 1.00. Jika nilai Multiply speednya kurang dari 1.0 maka video yang tampilkan pun tidak seluruhnya. Misal kita atur Multiply speed menjadi 0.5, maka efek strip hanya akan menampilkan 0.5 dari strip video yang diberikan efek. Dengan strip asli yang terdiri 300 frame, kemudian ditambahkan efek strip speed control. Kita tarik strip asli tersebut hingga frame 500. Namun jika kita atur Multiply speed menjadi 0.5 maka gambar yang akan ditampilkan selama 500 frame tersebut adalah gambar yang ada pada frame pertama hingga setengah frame asli, pada kasus ini adalah frame 1 - 150.
Saya sendiri belum explore lebih lanjut tentang efek strip ini. Karena untuk saat ini masih cara tersebut yang saya butuhkan. Mungkin teman-teman memiliki pengalaman tersendiri dalam menggunakan Control Speed di VSE?

Semoga tulisan ini bermanfaat :D. Jika ada kesalahan konsep dalam tulisan ini tolong beri tahu saya. Karena saya juga tidak ahli dalam menggunakannya. Salam

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe