Mengarahkan Nameserver Domain untuk Membuat Email dengan Custom Domain Blogger dan Google Apps

Jumat, November 23, 2012

Setelah persiapan membuat email dengan custom domain blogger dan google apps, kini saatnya kita mengatur DNS supaya domain tersebut dapat terintegrasi dengan blogger yang ingin kita custom domain. Yang perlu kita lakukan adalah mengarahkan nameserver (NS) domain ke hosting yang kita miliki. Saya perlu melakukan ini karena pembelian domain dan hosting di tempat yang berbeda. Untuk domain saya menggunakan idwebhost, sedangkan untuk hosting saya menggunakan idhostinger. Berikut langkah-langkah dalam mengarahkan nameserver domain dari beberapa cpanel domain.

Mendaftarkan Domain di Hosting

Buka cpanel dari hosting kemudian tambahkan url website yang akan kita arahkan ke hosting milik kita. Seperti yang saya lakukan di bawah ini. Setelah itu kita akan memiliki sebuah akun cpanel lagi pada hosting. 1 cpanel digunakan untuk 1 domain.
tambah akun domain pada hosting
tambah akun domain pada hosting

Mengalihkan Nameserver

Masuk ke dalam control panel dari domain yang sudah kita beli, kemudian cari menu untuk me-manage domain milik kita tersebut. Cari menu Modify Name Server, atau menu lain yang intinya untuk mengubah nameserver dari domain yang sudah kita miliki seingga mengarah pada hosting yang sudah kita miliki. Jika melakukan pembelian domain dan hosting pada satu perusahaan, saya pikir tidak perlu lagi mengalihkan nameserver karena domain sudah diarahkan ke hosting yang ada dalam paket tersebut.
cpanel domain idwebhost
modify nameserver di cpanel domain idwebhost

modify nameserver di cpanel mwn
Kedua screenshot diatas merupakan dua contoh cpanel domain dari sekian banyak perusahaan penyedia jasa domain, jadi sifatnya tidak mutlak, yang penting inti dari menunya sama dengan yang diatas, yaitu mengarahakan domain ke nameserver hosting yang kita miliki.

Setelah itu tunggu hingga proses penggantian Nameserver selesai. Proses ini memakan waktu mulai dari 30 menit - 48 jam, sabarlah menunggu hingga domain terarah ke hosting yang kita miliki.

Jika tidak mengetahui nameserver dari hosting yang kita miliki, coba buka control panel hosting kita, cari informasi yang terkait dengan akun milik kita. Akan ditunjukkan nameserver atau IP Server dari hosting yang kita miliki
name server hosting
cek name server hosting
Setelah mengalihkan nameserver, kita akan pelajari bagaimana menambahkan custom domain pada akun blogger. Sehingga url blogger kita bisa menggunakan TLD.


Tahapan:
  1. Membuat Email dengan Custom Domain Blogger dan Google Apps Part I
  2. Membuat Email dengan Custom Domain Blogger dan Google Apps Part 2
  3. Membuat Email dengan Custom Domain Blogger dan Google Apps Part 3
  4. Membuat Email dengan Custom Domain Blogger dan Google Apps Part 4


    You Might Also Like

    0 comments

    Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

    Facebook

    Subscribe