Kirim Uang Lewat Western Union Quick Pay

Sabtu, Januari 12, 2013

western union quick pay form (blue form)
western union quick pay form (blue form)
Western Union merupakan salah satu perusahaan yang melayani pengiriman uang kilat seperti kita kirim uang melalui ATM / Internet Banking yang dalam waktu singkat setelah tombol submit ditekan uang kita sudah tiba di Lokasi. Beberapa waktu lalu saya mencoba untuk bisnis online, yaitu sebagai seorang pedagang. Saya beranikan diri untuk import produk tersebut dari Cina. Karena produk yang saya inginkan belum ada di Indonesia. mau tidak mau ya import saja. Apalagi saya juga membutuhkan produk tersebut, itung-itung sambil menyelam minum air :D


Dari hasil transaksi saya dengan distributor dari Cina tersebut, saya diharuskan untuk membayar sekian dollar. Sebenarnya ada banyak metode pembayaran, mulai dari kartu kredit Visa, Master Card, Money Bookers dll. Namun dengan kondisi saat ini saya belum bisa mengajukan kartu kredit, otomatis Western Union yang menjadi pilihannya. Distributor tersebut memberikan nomor rekening western union atas nama perusahaan bukan perorangan. Di sinilah kesulitan tersebut berawal.

Sebelum masuk ke permasalahan, berikut 3 layanan Western Union beserta ciri-cirinya
  • Penerimaan Uang, menggunakan form berwarna kuning
  • Pengiriman Uang ke Perorangan, menggunakan form berwarna hijau
  • Pengiriman Uang ke Perusahaan, menggunakan form berwarna biru
Dari beberapa agen Western Union, banyak yang tidak menyediakan FORM BIRU yang khusus digunakan untuk mengirim uang kepada perusahaan yang terdaftar di Western Union. Tiap ke agen seperti POS, BRI, Danamon, Saudara, dll selalu diberi dengan FORM HIJAU. Padahal sudah minta form biru, namun hasilnya nihil. Malah ada yang ngeyel "sama saja antara form biru dan hijau". Parah banget deh. Untung gak jadi transfer pakai form hijau. Saya coba jelaskan pemahaman saya tentang form biru dan hijau
Form Hijau merupakan form yang digunakan untuk mengirim uang kepada perorangan, jadi yang menerima uang transfer kita adalah seseorang, bukan sebuah perusahaan. Selain itu, pilihan mata uangnya sama dengan mata uang yang berlaku di negara tujuan kita.

Form Biru merupakan form yang digunakan untuk mengirim uang kepada perusahaan, jadi yang menerima uang transfer kita adalah sebuah perusahaan, bukan perorangan. Menerima pilihan pengiriman menggunakan US$ meski negara tujuan tidak menggunakan mata uang tersebut.

Setelah berkeliling Surabaya, saya iseng untuk mencoba masuk ke Bank BTN Pusat (Mungkin), yang beralamat di jalan Pemuda, dekat dengan Delta Plasa. Awalnya disitu saya diberi form hijau, namun setelah minta form biru + contoh formnya di hape, akhirnya saya bisa mendapatkan form berwarna biru.
western union quick pay form (blue form)
western union quick pay form (blue form)
Yang perlu di bawa saat pemngiriman uang adalah KTP. Ntar bakal difotokopi oleh agen setempat. Tiwas fotokopi sendiri :D. Selain itu juga harus bawa uang yang berlebih, maksudnya jangan mepet sama uang pembayaran. Karena kemarin untuk kirim uang ke perusahaan Singapura saja saya habis Rp. 91.700. Tergantung jumlah uang yang di kirim. Jadi bawalah uang yang lebih.
western union quick pay service
western union quick pay service
Sebelum pulang, saya diberi 3 form biru oleh customer care di Bank BTN, kalau di bank BTN terdekat tidak ada form biru, bisa digunakan, Tidak rugi tadi curhat mencari-cari form biru sampai kantor pos pusat di tugu pahlawan tidak menemukan form biru tersebut.

You Might Also Like

4 comments

  1. nice info bang. ane jg seharian keliling ke kantor pos, mandiri, bahkan btn juga yg namanya form biru itu jarang. kenapa ya ?

    BalasHapus
  2. saya kurang tahu, keliling di Surabaya juga baru nemu di Kantor Pusat BTN Sby, di kantor cabang juga nggak ada. Mungkin karena jarang sekali individu kirim ke perusahaan. Form biru kan form pengiriman uang ke perusahaan

    BalasHapus
  3. Saya nemu di bank Danamon , cm kadang jd pertanyaan apa send charge tiap bank beda? Karena slm ini blm nyoba via bank lain. Di Danamon kena krg lbh 2,41%.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sejak saat itu saya enggak pernah lagi kirim via western union. kapok :D

      Hapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe