Cara Copy Paste Logic di Blender

Sabtu, Mei 25, 2013

Selain dapat digunakan untuk membuat animasi, Blender bisa digunakan untuk membuat game. Minggu lalu saya sudah tuliskan Tutorial Dasar Pembuatan Game: Dasar Pergerakan Objek di Blender Game. Kali ini saya mau nulis tutorial game lagi, yaitu cara copy dan paste logic dari satu objek ke objek lain. Pada tutorial ini, saya menggunakan file yang sudah saya buat minggu lalu, bisa download di sini atau mau bikin sendiri terserah.

Pertama-tama saya tambahkan kepala monyet yang belum memiliki logic, dengan Add (Shift A) - Mesh - Monkey. Terserah teman-teman mau menggunakan objek apa untuk percobaan.

add monkey
add monkey
Seleksi objek Monkey, kemudian sambil tekan shift seleksi objek yang sudah ada logicnya, sehingga kedua objek terseleksi. Pada file ini saya, setelah seleksi monkey, seleksi cube yang sudah ada logicnya. Ingat urutannya, seleksi terlebih dahulu objek yang belum ada logicnya!
Seleksi kedua objek
Seleksi kedua objek
Sambil kedua objek masih terseleksi, tekan spasi (space) kemudian ketik 'copy logic bricks to selected'. Setelah itu lihat file yang tadinya belum ada logicnya. Otomatis semua logic yang ada di cube akan dimiliki oleh monkey juga.
copy logic bricks to selected
copy logic bricks to selected
Kesulitan dalam belajar dasar blender game engine? Atau punya ide tutorial dasar game? silakan kirim email ke admin@panduaji.net , kalau bisa InsyaAllah saya bantu buatkan :D. Selamat belajar di malam minggu ini.

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe