[Tutorial Game 3D] Dasar Pergerakan Objek

Minggu, Mei 19, 2013

Industri game berkembang pesat, Indonesia sebagai salah satu negara berkembang memiliki kesempatan untuk ikut bersaing. Tidak hanya sebagai pengguna game, harusnya Indonesia bisa menjadi produsen game. Untuk itu saya coba buat tutorial dasar pembuatan game 3D. Software yang saya gunakan adalah Blender. Pada kesempatan kali ini yang akan dibahas adalah dasar pergerakan objek. Tutorial ini sekaligus akan menjawab lebih detail pertanyaan yang ada di Forum Blender Indonesia.


Saya pilih Blender karena gratis dan sudah terlanjur terbiasa menggunakannya :D. Selain itu juga berjalan dengan lancar di sistem operasi Ubuntu yang saya gunakan. Fitur game logicnya sederhana dan sudah bisa dibuat untuk membuat game tanpa perlu menulis script. Untuk yang belum punya Blender, silakan download di halaman resminya : http://www.blender.org/download/get-blender/.

Blender splash screen
Blender splash screen
Buka Blender terlebih dahulu, dan sebelum mulai dengan dasar pergerakan objek pada game kita perlu mengubah mode rendernya. Karena secara default Blender digunakan untuk animasi. Pilih mode Blender Game. Dari tampilan 3D tidak ada yang berubah, yang membedakan adalah properties dari mode ini yang memang diperuntukkan untuk game.
Blender Game Mode
Blender Game Mode
Karena ini dasar, saya akan menggunakan default cube yang sudah disediakan oleh Blender sebagai objek yang akan digerakkan. Sebelum bermain dengan logic ada baiknya kita ubah tampillan menjadi game logic, sehingga kita bisa dengan mudah menavigasi berbagai macam kebutuhan untuk game :D.
Game Logic Window
Game Logic Window
Saya asumsikan teman-teman disini sudah memahami navigasi di Blender, apabila belum saya sarankan untuk membaca terlebih dahulu ebook saya yang berjudul dasar pengenalan Blender yang bisa didownload gratis melalui link di bawah ini.
Pertama-tama seleksi objek cube yang sudah ada di jendela 3D. Setelah itu perhatikan bagian bawah dari jendela 3D. Ada 3 bagian pada game logic yaitu Sensors, Controllers dan Actuators. Masing-masing punya peran yang kurang lebih sebagai berikut
  • Sensor berguna untuk melakukan input, berupa keyboard mouse dan sebagainya.
  • Controllers berguna untuk menangkap apa yang dikirimkan oleh sensor dan meneruskan kepada actuators
  • Actuators berguna untuk membuat sebuah aksi baik itu berupa gerakan, pembuatan objek atau lainnya.
Kali ini saya ingin membuat objek bergerak mengikuti tombol pada keyboard. Untuk itu kita perlu menambahkan sensor keyboard. Pada sensor keyboard isikan key dengan tombol keyboard yang ingin kita gunakan untuk menggerakkan objek, misalnya panah atas, maka akan tampak seperti gambar di bawah ini
insert key keyboard
insert key keyboard
Lanjutkan dengan menambahkan controller add, kemudian sambungkan antara sensors dengan controllers sehingga tampak seperti gambar di bawah ini.
menambahkan controllers
menambahkan controllers
Setelah itu tambahkan actuator motion sehingga objek bisa bergerak sesuai dengan yang kita inginkan. Pada actuator motion ada beberapa parameter yaitu Loc, Rot, yang bisa diubah pada sumbu X, Y dan Z. Sambungkan dengan controllers terlebih dahulu sebelum mencoba menjalankan.

menambahkan motion
menambahkan motion
Ada yang perlu diperhatikan sebelum mengatur parameter motion, yaitu posisi sumbu dan nilai parameter yang akan saya coba jelaskan berikut.

Pada navigasi Blender, sumbu X diwakili warna merah, sumbu Y warna hijau dan sumbu Z warna biru. Apabila ingin menggerakkan objek ke kanan / kiri gunakan sumbu X, ke depan / belakang sumbu Y dan keatas / ke bawah sumbu Z.
sumbu xyz
sumbu xyz
Untuk nilai parameter jangan langsung isi dengan nilai 1, karena objek akan langsung berpindah jauh sekali. Satuan yang digunakan adalah Blender Unit, 1 Blender unit ukurannya satu kotak seperti gambar di bawah ini.
satuan blender unit
satuan blender unit
Gunakan nilai positif untuk menggerakkan objek ke kanan (X) ke depan (Y)  dan ke atas (Z). Dan gunakan nilai negatif untuk sebaliknya. Tambahkan keyboard lainnya sesuai dengan keinginanmu :D. Untuk menjalankan game tekan tombol P.

Itu baru untuk satu pergerakan saja, coba bayangkan apabila kita cuma download game setelah itu crack, tanpa menghargai pembuatnya. Padahal Game PC sangat kompleks. Oleh karena itu cobalah hargai merek ayang membuat game :D.

Oh iya, berikut saya sertakan file yang berisi 4 tombol keyboard, beserta pergerakannya. Mungkin bisa digunakan untuk latihan dan memahami konsep pergerakannya.


You Might Also Like

2 comments

  1. Wahh..... jadi ketemu nih tutorial dasarnya.....
    Thanks kang... ditunggu lanjutannya... hehehe

    BalasHapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe