Tips Memilih CMS Blog

Sabtu, Juni 29, 2013

Tips Memilih CMS Blog - Dalam membuat sebuah blog banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan, terutama apa tujuan ngeblog itu sendiri? Dengan mengatahui tujuan kita bisa mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan. Dalam tulisan ini, kita bahas bagaimana memilih sebuah CMS (Content Management System) untuk blog kita.

2 CMS yang paling banyak digunakan oleh penulis blog adalah wordpress dan blogger. Meskipun  diluar sana masih banyak CMS yang bagus. Saya menggunakan Blogger dan Wordpress, karena itu yang perlu dipersiapkan untuk masing-masing CMS adalah sebagai berikut.

Macam-macam CMS Blog
Macam-macam CMS Blog
CMS Blogger
Sebenarnya kita tidak perlu mempersiapkan apapun saat memilih platform blogger, karena semua sudah disediakan oleh blogger mulai dari hosting sampai domain yang memiliki alamat *.blogspot.com. Jadi tinggal daftar secara gratis dan dapatkan semuanya. Apabila sewaktu-waktu ingin mengubah nama domain menjadi domain TLD kita bisa beli langsung di blogger atau membeli pada penjual domain di Indonesia. Setelah membeli domain silakan ikuti step by step mengubah domain blogger ke TLD

CMS Wordpress
Ada dua cara menggunakan CMS wordpress, yaitu mendaftar di wordpress.com dan mendownload CMS di wordpress.org dan upload di hosting sendiri. Yuk kita bahas satu persatu :D

Jika memanfaatkan wordpress.com kita bisa gunakan secara gratis seperti CMS blogger. Domain  .wordpress.com juga sudah di sediakan. Tetapi ada beberapa kelemahan dari wordpress.com:

  1. Tidak boleh digunakan untuk jualan
  2. Jika ingin ganti nama domain harus beli melalui wordpress.com
  3. Jika ingin menambah hosting juga harus membeli lewat wordpress.com
Jika mendownload CMS di wordpress.org ada beberapa hal yang harus disiapkan.
  1. Hosting, digunakan untuk upload file wordpress
  2. Domain, digunakan supaya dapat dibuka orang lain.
Apabila masih bingung coba baca tentang domain dan hosting. Untuk memilih hosting sesuaikan dengan kebutuhan. Ada 3 penyedia jasa hosting dan domain yang pernah saya gunakan dan cukup memuaskan.
  1. IDWEBHOST: Dari semua layanan yang pernah saya gunakan, servicenya terbaik.
  2. MASTERWEB: Hosting murah 
  3. IDHOSTINGER: Tersedia paket gratis dan premium. Untuk akun gratis, space sampai dengan 2GB, premium unlimited.
Mungkin teman-teman ada yang memiliki pengalaman dengan platform / CMS lain seperti druppal, joomla, tumblr, dll? 

Read it on English: [Blog Tips] Choose Blog CMS
Sumber gambar: aweber.com

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe