Tips Memulai Nulis Blog

Kamis, Juni 27, 2013

Tips Memulai Nulis Blog - Blog sampai saat ini masih eksis, meski sudah tergerus dengan adanya jejaring sosial, seperti yang pernah saya ulas pada tulisan Blog vs Jejaring Sosial. Buat yang bingung bagaimana membuat blog, silakan manfaatkan platfrom gratis seperti wordpress dan blogger sebagai sarana belajar. Sudah banyak tutorial membuat blog, pada tulisan kali ini saya ingin mengulas apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menulis di blog.

belajar menulis di blog
img by corephp.com
Tentukan Tema Blog, untuk sebagian orang menentukan tema blog sangatlah penting, karena akan mempengaruhi siapa saja yang akan mengunjungi blog. Panduaji.net ini didominasi banyak sekali tulisan tentang tutorial blender dan software open source lainnya, namun semua masih ada hubungannya dengan jurusan Multimedia yang sedang saya dalami. Tetapi tidak sedikit juga yang OOT alias Out Of Topic. Karena memang ini memang blog pribadi

Coba tengok blog-blog terkenal seperti ilmukomputer. Isinya apapun tentang komputer, tidak ada kategori tempat wisata di sana. Karena memang ilmukomputer diperuntukkan untuk mereka yang belajar komputer.

Tentukan Kategori, menentukan kategori juga gak kalah pentingnya dengan menentukan tema, apalagi blog pribadi saya ini. Masih carut-marut, tapi karena sudah terlanjur banyak jadi ya malas merubahnya :D. Sekedar saran, saat mau menulis siapkan kategori-kategori yang akan paling sering ditulis.

Misal dalam blog saya panduaji.net, Saya akan banyak menulis tentang tutorial blender dan tutorial ubuntu. Kedua kategori tersebut harus saya buat sendiri, jangan membuat kategori tutorial untuk keduanya, karena jumlahnya yang banyak dan topik yang berbeda. Ini akan menyulitkan siapa saja yang mencari berdasarkan kategori. Buat saja Tutorial Blender dan Tutorial Ubuntu. Sedangkan tulisan-tulisan yang out of topic bisa dibuatkan sebuah kategori sendiri misal catatan, atau bebas.

Intinya, silakan persiapkan apa saja yang ingin di tulis di blog, biasanya sebelum menenulis blog akan memiliki kecenderungan terhadap hal tertentu. Tidak ada maksud lain selain supaya tampak lebih rapi. Setelah persiapan matang, baru tentukan template yang ringan dan mudah untuk dibaca. Jangan lupa untuk memilih template yang sesuai dengan apa yang akan kita tulis, jangan seperti blog saya HP Samsung yang menggunakan template manga, sedangkan isinya tentang informasi HP :D.

Jadi jangan ragu untuk memulai menulis di blog, good luck ;)

This article on English: [Blog Tips] Start Write on the Blog

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe