Backup Data di Media Penyimpanan Gratis di Internet

Rabu, Juli 17, 2013

Backup Data di Media Penyimpanan Gratis di Internet - Pernah mengalami kehilangan data di hardisk maupun flashdisk? Entah itu karena tidak sengaja terhapus maupun karena virus? Bagaimana rasanya? Mungkin ada yang langsung galau gak karuan, atau biasa-biasa saja. Coba bayangkan apabila data yang hilang merupakan data yang super duper penting. Mungkin bakal kalang kabut deh :D.

Seperti yang sudah pernah saya tulis beberapa tahun silam tentang pentingnya file sharing, backup data perlu dilakukan kepada file-file penting. Ingat! Yang benar-benar penting seperti progress tugas akhir atau proyek-proyek yang sedang dikerjakan.

Mediafire atau Dropbox
Mediafire atau Dropbox
Salah satu tempat backup file yang cukup aman adalah di internet, karena kita tidak perlu melakukan perawatan pada hardware atau media penyimpanannya. Cukup daftar, upload dan data terback up deh. Saya sendiri menggunakan dua layanan penyimpanan data online, yaitu MediaFire dan Dropbox. Keduanya merupakan layanan penyedia penyimpanan data online gratis.

Mediafire

Merupakan salah satu layanan yang sudah saya gunakan sejak tahun 2009. Saya gunakan mediafire untuk menyimpan file-file yang sengaja saya sebarkan di internet, seperti ebook, tutorial. Karena dengan menggunakan mediafire kita bisa mudah membagikan file ke siapapun, selain itu kita juga bisa tahu berapa ratus / ribu orang yang sudah mendownload file yang kita upload.
dashboard mediafire
dashboard mediafire
Saat saya mendaftar dulu, mediafire merupakan penyimpanan cloud yang berbasis browser. Namun sekarang, mediafire juga menyediakan aplikasi untuk mobile dan desktop (BETA) yang tersedia untuk sistem operasi Windows, Mac dan Linux.

Dengan daftar mediafire secara gratis, otomatis kita akan mendapatkan kapasitas penyimpanan 50 GB GRATIS. Tunggu apa lagi? Daftar Mediafire GRATIS! Dan dapatkan hardisk di internet sebesar 50GB. Masih kurang? Kita bisa tambah lagi secara gratis saat sudah mendaftar, buat saya itu sudah sangat banyak dan belum terpakai 1%nya :D.

Dropbox

Merupakan salah satu layanan penyimpanan data gratis di internet yang berbasis browser, mobile dan desktop. Sehingga kita bisa mengakses data dari manapun, ketika kita tidak dapat mengakses melalui PC, kita bisa manfaatkan smartphone untuk mengaksesnya.

Kapasitas yang disediakan oleh dropbox tidak sebesar mediafire, hanya 2GB. Namun itu sudah lebih dari cukup untuk saya. Kalau kurang, silakan upgrade. Ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Sesuai dengan kebutuhan lah.
dropbox
dropbox on browser
Biasanya saya gunakan dropbox untuk mengerjakan proyek kolaborasi dengan teman yang terpisah oleh jarak, Karena dropbox dapat terintegrasi langsung dengan desktop, sehingga saya cukup letakkan sebuah file pada folder dropbox, secara otomatis file tersebut akan diupload ke server. Sehingga kita tidak terasa bahwa sedang upload. Dan apabila teman kita sedang mengubah atau menambahkan file pada folder dropbox yang dibagikan / shared dengan kita, otomatis kita akan mendownload file tersebut, dan tahu-tahu sudah ada di folder kita. Sulapan :D! 

Selain itu kita juga bisa membagikan link download dengan siapapun asal kita letakkan file tersebut pada folder public.

Tertarik memanfaatkan dropbox untuk project kolaborasi online? Dapatkan dropbox gratis dengan kapasitas penyimpanan 2GB dengan mendaftar dropbox.

Bingung memilih mediafire atau dropbox? Daftar keduanya saja, kan gratis. Dan gunakan mana yang nyaman untuk aktivitasmu.

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe