Cara Mengatasi Twitter di Hack

Kamis, Februari 06, 2014

Akhir-akhir ini banyak kasus twitter di hack, entah itu ngetweet sendiri, ngefollow sendiri dan masih banyak lagi. Pada tulisan ini saya mau share bagaimana cara mengatasi twitter di hack. Karena pada dasarnya meskipun kamu sudah ubah password akun, tetapi akunmu masih saja melakukan hal otomatis yang sama. Iya kalau apa yang otomatis itu bermanfaat, kalau tidak? Seperti hal-hal porno misalnya? Repot kan.

Cara mengatasi twitter yang di hack seperti itu bukanlah dengan mengganti password, karena sebenarnya mereka tidak membutuhkan login ke akunmu untuk melakukan hal tersebut. Coba bayangkan repot nggak kalau harus login ke masing-masing akun? Padahal ada ribuan orang yang seperti itu. Masa iya harus login logout untuk semua akun tersebut? Enggak efektif kan?

Sebelum melanjutkan ke penjelasan teknis sistem tersebut saya mau kasih tahu cara mengatasi twitter yang di hack sehingga melakukan follow, retweet, mention, tweet, dll secara otomatis. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatasi twitter yang di hack

Cara Mengatasi Twitter di Hack

  1. Buka Menu Setting and Help
  2. Pilih submenu Settings
  3. Pada bagian settings, buka Apps
  4. Pilih aplikasi yang menurutmu mencurigakan. Misal setelah menggunakan aplikasi tersebut tiba-tiba akunmu jadi sering follow, ngretweet dll. Setelah kamu kira-kira menemukan aplikasi tersebut, pilih Revoke Access.
Revoke Twitter Apps
Revoke Twitter Apps

Dengan melakukan revoke dari aplikasi yang tidak jelas, kamu tidak akan melakukakn retweet, follow, mention dll secara otomatis. Kini akunmu akan kembali ke kamu seutuhnya.

Saran dari saya, jangan menggunakan aplikasi yang tidak penting. Gunakan saja aplikasi yang sekiranya memang kamu butuhkan. Dan pastikan bahwa aplikasi tersebut memang berasal dari website yang benar-benar kamu percaya.

Kok Bisa Kena?

Mungkin ini menjadi pertanyaan besar banyak orang yang twitternya di hack. "Saya tidak pernah membagikan password ke siapapun tapi kok twitter saya bisa kena?" Saya sudah singgung sedikit sebelumnya, bahwa  TIDAK MEMBUTUHKAN PASSWORD untuk melakukan itu. Jadi meskipun kamu mengubah passwordmu ribuan kali, kalau kamu tidak melakukan langkah diatas, akunmu tetap dapat digunakan oleh orang lain. Tanpa perlu login. 

Pada bagian ini saya mau sedikit menjelaskan bagaimana sistem kerjanya. Sebelum akunmu tiba-tiba ngetweet, follow, dsb sendiri apakah kamu pernah menambahkan sebuah aplikasi tertentu? Jika pernah, sebelum menambahkan aplikasi tertentu kamu pasti akan di bawah ke halaman seperti pada gambar di bawah ini
Authorize Application
Authorize Application
Apakah kamu sudah membaca peringatan dari twitter? Bahwa kamu akan memberikan hak kepada sebuah aplikasi yang kebetulan pada screenshot diatas bernama Free100Followers untuk menggunakan akunmu? Setidaknya aplikasi tersebut dapat digunakan untuk
  • Membaca twitter dari timelinemu
  • Melihat siapa yang kamu follow dan follow seseorang
  • Update profilemu
  • Melakukan tweet untukmu.
Begitulah kurang lebih terjemahan dari apa yang saya tandai pada gambar. Kamu diberikan 2 pilihan antara menyetujui dan menolak. Apabila kamu menyetujuinya, kamu harus terima konsekuensinya. Apabila kamu tidak menyetujuinya, kamu tidak perlu bingung-bingung mencari cara mengatasi twitter di hack :D.

Toh aplikasi tersebut tidak mendapatkan ijin untuk melihat direct messagemu dan tidak dapat melihat passwordmu.

Salah Siapa?

Ini bukanlah salah twitter maupun salah orang yang iseng memanfaatkan celah ini. Tetapi murni 100% kesalahan pemilik akun. Lho kok bisa? Kenapa?

Karena tidak membaca konsekuensi yang sudah diperingatkan oleh twitter tentang hal tersebut. Padahal sudah dengan jelas dituliskan apa saja yang bisa dilakukan oleh aplikasi tersebut. Jadi kalau sampai mencak-mencak ya mungkin karena belum tahu. 

Coba bayangkan apabila kamu pemuda yang baik-baik terus tiba-tiba ngetweet seperti ini
Retweet Otomatis
Retweet Otomatis

Tips Menghindari Akun Twitter di Hack

  • Jangan memberikan passwordmu ke orang lain yang tidak kamu percayai
  • Pahami aplikasi yang meminta akses ke profilemu untuk melakukan sesuatu, pelajari darimana kamu mendapatkan website tersebut? Jika berasal dari sebuah website tertentu seperti hootsutie kamu bisa percaya itu. Tapi kalau berasal dari teman-temanmu lihat dulu apakah temanmu sudah di hack juga?
  • Jangan mudah percaya dengan penawaran-penawaran di twitter, mau download bbm for android aja kok harus memberikan akses ke akun twitter? Apa hubungannya android di bbm sama twitter?
Jika sudah mengetahui cara mengatasi akun twitter yang di hack, segera sebarkan tulisan ini ke teman-temanmu yang akunnya di hack, sayang kan kalau mereka harus membuat akun baru karena frustasi akun lamanya yang sudah memilikit tweet dan follower banyak tiba-tiba ngetweet sendiri. 

Semoga bermanfaat untuk mengatasi twitter yang di hack dan mencegah twittermu di hack.

You Might Also Like

5 comments

  1. maaf mas, mau tanya. twitter saya sering ngefollow sendiri dan nge RT sendiri. tidak ada aplikasi selain fb yang mengakses twitter saya, saya sudah ganti pasword 3 kali. tetap bertambah orang yang saya follow. perharinya sekitar 20 sampai 50 akun. bagaimana ini? tolong dibantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba revoke aplikasi facebook terlebih dahulu dan lihat. itu aplikasi facebooknya beneran atau aplikasi jadi jadian. soalnya nama aplikasi bisa dimanipulasi :)

      Hapus
  2. Maskalo gak bs tweet, follow , sm RT gmna? Tolong bantuuu :'(

    BalasHapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe