Cara Mudah Menulis Blog untuk Mahasiswa

Kamis, Februari 13, 2014

Untuk sebagian orang menulis blog itu mudah bahkan sangat mudah, sedangkan untuk bagian yang lain mungkin sangatlah sulit bahkan sulit banget untuk menulis kalimat pembuka. Mungkin dia terlalu kepikiran nanti yang baca banyak dan takut kalau tulisannya jadi bahan tertawaan. Jangan GR dulu banyak yang baca, lha wong yang ngelike / komentar terhadap linkmu di facebook juga belum tentu baca kok. Serius. Banyak yang judge dari judul dan meta deskripsi yang muncul di halaman facebook.

Kali ini saya mau share tips trik menulis blog untuk mahasiswa dan pelajar.  Awalnya saya juga mempraktekkan cara ini dan berhasil kalau kamu mau konsisten :). Gimana caranya? Menulislah apa yang kamu dapatkan di sekolah / kampus hari ini. Pelajaran apa yang kamu dapatkan hari ini. Misal tentang web development tulis, jika tentang fisika ya tulis, atau muncul opini-opini tulis aja. Intinya tulis apa yang kamu dapatkan saat belajar di pendidikan formal hari ini.

Kenapa Kok Nulis Ulang Pelajaran?

nulis blog
Mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa kok saya harus menulis ulang apa yang saya dapatkan di sekolah / kampus di blog? Ada sebuah alasan yang kuat dan alasan yang lain saya otak atik gatuk :D. Berikut alasan-alasan kenapa saya menyarankan nulis ulang pelajaran yang sudah didapatkan di pendidikan formal.

Kamu Punya Bahan Tulisan

Apabila kamu tidak bolos, berarti kamu mendapatkan pelajaran dan apa yang kamu dapatkan itu adalah sebuah bahan untuk ditulis. Ceritakan kembali saja apa yang kamu dapatkan di sekolah. Beres kan? Tidak ada alasan untuk tidak memiliki bahan.

Bahan untuk ditulis awalnya memang sulit diperoleh, apalagi buat kamu yang gak suka otak atik berbagai macam hal. Berbedea dengan orang-orang yang suka otak atik sesuatu. Pasti punya banyak bahan untuk ditulis, bahkan terkadang sampai bingung mau mendahulukan yang mana.

Pelajaranmu Bermanfaat untuk Orang Banyak

Dengan menulis ulang pelajaran di blog, pelajaranmu bisa bermanfaat untuk orang banyak. Bayangkan, berapa banyak orang yang tidak memiliki kesempatan melanjutkan sekolah seperti kamu, terutama yang mahasiswa. Jika tidak bermanfaat kenapa sampai di ajarkan di pendidikan formalmu? Mungkin bisa jadi pembelajaran untuk mereka yang tidak dapat melanjutkan belajar di pendidikan formal. 

Kok saya jadi kepikiran bikin portal dengan tajuk kuliah sendiri, supaya apa yang didapatkan di bangku kuliah bisa dipelajari sendiri secara otodidak oleh siapapun yang berminat :D.

Nulis Blog Yuk

Sebenarnya cara menulis yang mudah adalah menulis ulang apa yang sudah kita alami sendiri, karena kita benar-benar mengalaminya bukan katanya orang lain. Sehingga secara tidak langsung kita punya ikatan emosi tentang hal tersebut. Jadi cobalah untuk menulis di blog dari apa yang sudah kamu alami. Meskipun jelek, setidaknya kamu sudah mencoba memulai untuk menulis dan suatu hari tanpa kamu sadari tulisanmu akan menjadi baik. Karena tanpa mulai menulis kamu tidak akan memiliki tulisan yang baik.

Selain menulis, cobalah untuk membaca. Sehingga apa yang kita keluarkan juga mendapatkan asupan materi dari buku-buku. Karena secara tidak langsung buku mensupplay kosa kata baru kedalam pikiran kita. Sepertinya untuk membaca buku perlu sebuah tulisan baru. Jadi cukup sekian lah tulisan saya hari ini, semoga besok masih bisa posting lagi.

Jika masih bingung saat mau nulis blog, mungkin kamu bisa baca tulisan saya tentang tips mulai menulis blog terlebih dahulu. Semoga bermanfaat, dan ayo nulis blog :)

Gambar diambil dari Flickr dengan lisensi creative commons

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe