Cara Membuat Koneksi ke Database dengan PHP

Kamis, April 03, 2014

Tadi saya mendapat mata kuliah seputar website dengan php. Meski tidak begitu mahir dalam php apalagi sampai database, namun masih sedikit paham dengan fungsi-fungsi dasar yang penting seperti cara membuat koneksi ke database.

Pada tulisan ini saya mau menuliskan apa yang saya peroleh siang tadi. Sebelum melakukan apa yang saya jelaskan pada tulisan ini, kamu harus sudah memiliki xampp yang terinstall dan berjalan dengan baik di komputermu.

Setelah xampp terinstall kini saatnya kamu menjalankannya. Untuk pengguna ubuntu bisa menjalankan xampp yang diinstall dengan cara saya menggunakan
sudo /opt/lampp/lampp start

Setelah menjalankan perintah diatas, selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memasukkan password dan biarkan server xampp berjalan di komputermu. Selanjutnya saya akan mencoba menuliskan langkah-langkah mulai dari membuat database sampai dengan membuat koneksinya.

Membuat Database dengan phpMyAdmin

Setelah server berjalan, jalankan browser dan buka halaman phpmyadmin yang bisa kamu buka melalui alamat localhost/phpmyadmin. Sebenarnya cara membuat database dengan phpmyadmin sudah pernah saya tulis. Saya akan coba mengulang sedikit pada tulisan kali ini.

Buka menu database dan buat sebuah nama database. Pada contoh kali ini saya menggunakan database mmbasik. Setelah itu tekan tombol create
Membuat Database di phpmyadmin
Membuat Database di phpmyadmin

Membuat User pada Database

Setelah database dibuat sekarang buka menu previleges dan buat sebuah user. Saya menggunakan user panduaji, untuk host gunakan localhost dan password gunakan sesukamu. Gunakan password yang mudah saja untuk pembelajaran ini supaya lebih mudah diingat. Pastikan user panduaji memiliki akses penuh terhadap database mmbasik yang sudah kita buat.

Buat user database

Membuat Koneksi ke Database dengan PHP

Database memang sengaja tidak diisi terlebih dahulu, karena tulisan ini fokus pada pembuatan dan penyambungan database. Langkah selanjutnya adalah membuat koneksi ke database. Berikut kode php yang digunakan untuk membuat koneksi ke php.

<?
mysql_connect("localhost","namauserdatabase","passworddatabase");
$conn=mysql_select_db("namadatabase");
if($conn){
 echo "konek";
}else{
 echo "gak konek";
}
simpan file tersebut dengan nama koneksi.php (bisa yang lain asal jenis file .php) dalam htdocs ( bisa di htdocs maupun dalam subfolder. Folder htdocs berada di dalam folder instalasi xampp. Sekarang buka browser dan buka halaman file koneksi.php tersebut di localhost. Karena saya masukkan file koneksi.php pada folder elearning di htdocs maka saya harus mengakses dengan alamat

localhost/elearning/koneksi.php

Apabila semua sudah terisi dengan benar, maka akan muncul tulisan konek. Cocok dengan apa yang saya tuliskan pada script diatas. Apabila ada yang salah, bisa dipastikan akan muncul pesan gak konek. Pastikan username, password dan nama database benar. Apabila tidak benar akan muncul pesan error.

Mungkin cukup sekian tulisan tentang cara membuat koneksi ke database dengan php. Untuk web developer ini merupakan hal yang sepele. Tolong koreksinya apabila ada yang salah dari tulisan ini. Semoga tutorial web development kali ini bisa bermanfaat untuk teman-teman yang sedang belajar php seperti saya.

Nantikan tutorial dasar web development hanya di blog ini :D

You Might Also Like

1 comments

  1. siipp gan tambahin ttng buat database,buat table,mengisi table,menampilkan isi record

    BalasHapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe