Cara Mengatasi Auto Tag Video di Facebook yang Tidak Jelas

Selasa, Desember 23, 2014

Cara Mengatasi Auto Tag Video di Facebook yang Tidak Jelas - Sebelumnya beredar banyak sekali auto tag video mulai dari gadis mabuk, hingga video pesantren. Saya enggak tahu apa saja yang beredar. Soalnya saya sendiri tidak terkena virus / spam macam ini.

Hingga suatu ketika seorang teman saya terkena jebakan tersebut dan mention secara otomatis ke saya. Akhirnya datanglah kesempatan untuk mencari tahu sebenarnya mainan yang seperti apa sih video gadis mabuk dan lainnya.

Bukan Aplikasi Facebook

Dari hasil penyelidikan saya, saya menyimpulkan bahwa spam ini bukan disebabkan oleh aplikasi facebook, seperti auto retweet di twitter. Berikut salah satu jenis spam yang mirip dengan gadis mabuk

Spam di facebook
Spam di facebook
Apabila link tersebut di posting oleh sebuah aplikasi, seharusnya di bagian yang saya tandai pada gambar diatas menampilkan nama aplikasi yang memposting link tersebut. Biasanya lho. Akhirnya saya bisa mendapatkan username dan password dari teman saya yang terkena penyakit auto tag video tersebut. Cara mendapatkan username dan password facebook cukup mudah, yaitu tinggal tanya kepada yang punya akun :D.

Setelah itu saya coba browse berbagai macam aplikasi yang dia gunakan di facebook tersebut. MasyaAllah banyak buanget, sampai bingung milihin satu persatu. Akhirnya saya menyerah untuk mencari tahu aplikasi apa yang membuat auto tag video tersebut.

Autotag Disebabkan oleh Browser Extension

Setelah gagal mencari dengan aplikasi facebook, saya coba untuk membuka link tersebut. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, tentunya saya masuk ke mode private browser dimana saya tidak sedang login di facebook. 

Ketika kita klik link tersebut, kita akan dilempar pada sebuah halaman yang mirip dengan youtube. Nah disitu untuk memainkan video harus melakukan instalasi sebuah browser extension atau biasa disebut dengan adds on atau plugin di browser. Di sinilah sumber masalahnya.

Sebenarnya bukan akun facebookmu yang bermasalah, tetapi browser yang kamu gunakan untuk membuka facebook yang sudah teracuni oleh malware tersebut. Sehingga meskipun kamu gonta-ganti password ribuan kali, kamu akan tetap melakukan auto tag dan share video dengan judul bombastis.

Kalau sudah terlanjur bagaiman? Bisa kan diilangin? Tentu saja. Lanjutin aja bacanya untuk cara menghilangkannya.

Cara Menghilangkan Spam Gadis Mabuk Facebook

Karena disebabkan oleh plugin browser, cara menghilangkannya pun sedikit berbeda sesuai dengan browser yang kamu gunakan untuk facebookan. Extension ini hanya berjalan ketika kamu sedang online, apabila kamu sedang offline kamu tidak akan secara otomatis membagikan link dan tag hal tersebut.

Cara Menghilangkan di Chrome

Untuk menghilangkan di google chrome, kamu cukup buka menu settings > extension. Kemudian remove berbagai macam add on yang tidak kamu ketahui asalnya atau tidak kamu kenali, bisa jadi salah satu addson tersebut penyebabnya.

Kenapa saya tidak sebutkan nama addsonnya? Karena nama adds onnya bisa saja berbeda untuk satu komputer dengan komputer yang lain, tergantung si penyebarnya mau memberi nama adds on tersebut apa.
delete extension di chrome
delete extension di chrome

Cara Menghilangkan di Firefox

Untuk menghilangkan addson ini di Firefox pun caranya cukup mudah. Lansgun buka menu adds on kemudian pilih tab extension dan delete extension yang mencurigakan.
delete di firefox
delete di firefox
Cukup mudah bukan menghilangkan virus spam dan malware gadis mabuk ini? Saya sarankan untuk segera melakukan penggantian password kepada seluruh informasi login yang kamu akses menggunakan browser tersebut setelah menghapus addon mencurigakan dari browsermu. Takutnya addons tersebut telah mencuri password dari berbagai macam akun yang kamu miliki dan akses menggunakan browser tersebut. 

Jangan lupa untuk membagikan ke teman-temanmu yang saat ini sedang kebingungan bagaimana menyelamatkan akun facebooknya dari ancaman gadis mabuk-mabukan :D. Lain kali hati-hatilah saat mau install maupun klik link yang mencurigakan.

Tulisan ini dibuat secepat-cepatnya setelah capek dapat notifikasi auto tag. Sepertinya yang kena penyakit ini bisa sedikit bernafas lega, pasalnya dropbox sebagai media penyimpanan script jahat ini telah melakukan disable karena terlalu banyak mendatangkan bandwith :D

disable dropbox
Buat yang ingin tahu daftar dropbox dan dapat banyak space secara gratis bisa baca artikel saya beberapa bulan lalu yang berjudul cara mendapatkan space dropbox gratis.

Semoga tulisan pendek ini bisa bermanfaat ^^

Salam


You Might Also Like

8 comments

  1. Mas Panji, saya terkena spam itu juga. Sudah turn off platform dan sudah cek ke plugin adds-on tapi ga ada apa2. Gimana itu ya mas?

    BalasHapus
  2. apakah pernah login di perangkat lain? coba cek semua perangkat yang pernah digunakan untuk login. Selain itu coba cek applikasi facebook yang sudah diizinkan, bisa jadi dari situ juga

    BalasHapus
  3. ane coba dulu, makasih gan

    BalasHapus
  4. thanks, ijin share.

    BalasHapus
  5. permisi sya juga smaa, terkena sprti itu. kta temen dri virus dan efek sering share" d fb . pdhl mnrt sya yg sya share positif sja. tidak ad yg berbau seperti itu. dan sya buka fb melalui hp syaa. kira kira klo yang lewat hp bgaimana solusiny ya kak? terimakasih sebelum nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh ini pengaturan tersebut hanya bisa melalui web. Jadi coba deh ke warnet buat betulin :)

      Hapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe