Nikmatnya Nasi Pecel Khas Blitar

Senin, Desember 29, 2014

Selama ini Pecel selalu identik dengan Madiun, selama hampir enam tahun di Surabaya sebagian besar nasi pecel yang saya lihat adalah nasi pecel madiun. Nasi pecel madiun enak, namun entah kenapa saya lebih suka menikmati nasi pecel khas Blitar.

Mungkin banyak yang belum tahu tentang nasi pecel khas Blitar, secara rasa saya tidak bisa mengungkapkan perbedaannya. Karena tidak semua rasa bisa diungkapkan dengan kata-kata bukan? Sayuran sepertinya juga tidak jauh berbeda. Ada yang bilang pecel Blitar lebih pedas dari Pecel Madiun, namun level pedas itu sepertinya enggak bisa dijadikan patokan :D.

Saya belum pernah pergi ke madiun untuk menikmati pecel madiun secara langsung di kota itu, kecuali membeli di stasiun ketika dulu masih banyak penjual pecel yang berkeliling menawarkan dagangannya. Selain itu saya hanya pernah mencoba nasi pecel madiun di sekitar Surabaya.

Nasi Pecel di Blitar

Penjual nasi pecel di Blitar bisa dibilang banyak sekali, hampir di setiap jalan kita bisa dengan mudah menemukan nasi pecel, apalagi kalau pagi. Mulai dari nasi pecel yang terkenal seperti mbok bari hingga nasi pecel yang diberi nama seadanya saja tanpa terlalu ribet memikirkan namanya.

Pecel memang identik dengan menu sarapan. Sayuran dengan tuangan sambel bumbu kacang nan pedas benar-benar menggugah selera. Apalagi ditemani tempe goreng yang masih hangat dan kemriyuknya suara iwak peyek ketika dimakan. Buat yang belum tahu nasi pecel, berikut penampakannya

nasi pecel mbok bari blitar
nasi pecel mbok bari blitar


Gambar diatas merupakan nasi pecel mbok bari blitar yang saya beli beberapa waktu lalu, harganya pun cukup murah, hanya 5 ribu rupiah saja. Harga yang tidak mungkin saya dapatkan di Surabaya untuk sepiring nasi pecel. Di mak yem dekat kampus saja harganya 8 ribu, itu pun belum termasuk minum :D.

Masalah rasa memang tidak bisa di seragamkan, mungkin pecel khas Blitar memang belum terlalu dikenal, masih kalah pamor dibandingkan nasi pecel madiun yang sudah menyebar ke berbagai macam penjuru tanah air.

Buat pecinta nasi pecel yang sedang berkunjung ke Blitar, silakan coba deh nasi pecel di Blitar. Kalau ragu memilih tempat yang enak, silakan coba pecel mbok bari. Kalau saya punya warung pecel favorit sendiri yang menurut saya lebih cocok daripada di mbok bari. Tapi sulit untuk menuliskannya di sini.

Sambel Pecel Blitar

Saat ini mulai banyak penjual sambel pecel yang ada di Blitar, entah itu sambel pecel buatan sendiri, UKM bahkan sampai kelasnya pabrik. Kalau saya, lebih suka mencoba sambel pecel buatan sendiri dan UKM daripada yang sudah masuk dalam kategori pabrik. Menurut saya rasanya sudah beda, mana yang dikerjakan oleh manusia dan mesin.

Harga sambel pecel Blitar pun ber-variasi, sekitar 35 - 50 ribu untuk satu kilo sambel pecel. Ini contoh kemasan sambel pecel yang biasa dijual, saya comot dari tokopedia :D.

Kemasan Sambel Pecel Blitar
Kemasan Sambel Pecel Blitar
Buat yang masih penasaran dengan nasi pecel khas Blitar coba deh langsung main ke Blitar. Saya anterin gratis asal juga dibeliin :p. Meski ada yang buka sampai malam hari, nasi pecel ini enak di santap saat sarapan. Ditunggu ya kunjungannya di Blitar, banyak kok tempat wisata di blitar yang bisa dikunjungi ;)

Salam


You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe