Kiat Belajar Sukses di Perguruan Tinggi

Jumat, Januari 30, 2015

Menurut wikipedia, belajar adalah perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Sedangkan perguruan tinggi merupakan lembaga pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan tinggi. Sebelum mempelajari kiat sukses belajar di perguruan tinggi, kita harus mengetahui dulu latar belakang kita melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Kesuksesan setiap orang itu berbeda, begitupun cara untuk menempuh kesukesan tersebut. Oleh karena itu semua bisa diketahui dari niat atau latar belakang!

Apa yang saya tulis tentang kiat belajar sukses di perguruan tinggi ini merupakan buah dari pengalaman pribadi ketika mengenyam pendidikan formal di perguruan tinggi selama 3 tahun. 3 tahun lulus? Keren! Iya dong, kan Diploma 3 :D.

Latar Belakang Kuliah

Mengerjakan tugas kuliah - dokumentasi Rizki Amalia Miza 

Sebagai seorang mahasiswa, seharusnya sudah bisa mengetahui jawaban latar belakang kuliah sebelum mendaftar kuliah. Seperti saya yang kuliah karena tuntutan keluarga. Serius! Saya yakin banyak teman-teman saya yang mengalami hal demikian. Mereka kuliah karena diminta oleh orang tua. Ada banyak sekali alasan umum yang melatarbelakangi seseorang kuliah, diantaranya adalah sebagai berikut

  • Kuliah Karena tidak punya kemampuan
  • Kuliah karena diminta orang tua
  • Kuliah biar tidak nganggur
  • ... (Mau menambahkan) ?


Kalau kamu mahasiswa kreatif mungkin bisa saja mencari alasan lain kuliah untuk mencari teman, untuk mendapatkan link, atau untuk mencari jodoh #eh ?

Apabila latar belakang kamu kuliah karena tidak memiliki kemampuan di dunia kerja, ketika kuliah jangan tidur saja! Ikuti semua mata perkuliahan yang kamu ambil dengan baik. Supaya kamu bisa lulus dengan baik dan menguasai berbagai macam bidang yang kamu ambil saat kuliah. Sehingga kamu bisa sukses karena kuliamu bisa menjawab permsalahan yang ada waktu masuk kuliah, yaitu tidak mempunyai kemampuan!

Untuk kamu yang kuliah karena diminta orang tua, cukup mudah. Kamu cukup rajin kuliah dan menyelesaikan semua tugas kuliah dengan baik. Ketika lulus orang tuamu pasti bahagia karena kamu berhasil menyelesaikan studimu. Bukankah itu berarti kuliahmu sudah sukses membuat orang tuamu bangga ;)

Khusus latar belakang supaya tidak nganggur biasanya akan memilih kampus mana saja dengan jurusan apa saja yang terpenting peminatnya sedikit dan mudah untuk masuknya. Alasan yang satu ini cukup sulit menentukan hasil yang dicapai, karena dengan masuk kuliah berarti kamu sudak sukses menanggalkan predikat nganggurmu menjadi mahasiswa.

Mahasiswa kreatif harusnya memiliki latar belakang dan tujuan yang jelas tentang kuliahnya. Sehingga bisa merancang strategi kreatif untuk mensukseskan kuliahnya, entah apapun itu yang melatar belakanginya. Karena kreativitas tidak bisa dibatasi.

Tentukan Prioritas.

Setelah mengetahui latar belakang kuliah, saatnya kamu menentukan prioritas yang ada di dunia perkuliahanmu. Karena ada banyak hal menarik di dunia ini seperti pertemanan, persahabatan hingga percintaan. Prioritas ini dibuat untuk tetap menjagamu supaya terus berada di rel yang sudah melatarbelakangi kamu kuliah.

Misalnya kamu kuliah karena ingin membahagiakan orang tua, janganlah mementingkan kegiatan di luar kampus dibanding kegiatan belajar mengajar di kampus. Karena orangtuamu bisa saja kecewa ketika menerima surat cinta dari kampus yang memberitahukan bahwa kamu sering tidak masuk kuliah, sehingga menyebabkan kuliahmu tidak berhasil karena malah membuat orang tua kecewa.

Kembangkan Diri

kembangkan diri sesuai minat
Kembangkan diri sesuai dengan minat dengan ikuat kegiatan diluar kampus - dokumentasi pribadi

Apapun alasan kamu kuliah, kamu wajib mengembangkan diri! Terutama untuk mengenal siapa dirimu yang sebenarnya, apa yang kamu inginkan dan apa yang menjadi tujuan hidupmu. Karena pengembangan diri ini sangat menentukan apa yang akan kamu lakukan setelah meninggalkan dunia kampus.

Pengembangan diri ini bisa dengan mendalami berbagai macam hal yang menarik buatmu. Mulai dari mendalami hal-hal yang menarik untukmu, berorganisasi, berkomunitas hingga membuat bisnis. Semuanya baik untuk dicoba! Namun tetap berpatokanlah pada prioritas yang sudah kamu tentukan. Karena apabila prioritas kamu tinggalkan kemungkinan besar kamu akan berbelok dari rel yang sudah kamu tentukan sebelumnya.

berkomunitas
Berkomunitas - dokumentasi pribadi


Karena tidak sedikit mahasiswa memilih berhenti di tengah jalan ketika sudah masuk di kampus impian dan menemukan bahwa dirinya lebih suka untuk berbisnis dibandingkan dengan kuliah. Tidak salah bahwa beberapa orang tua melarang anaknya untuk bekerja ketika kuliah lantaran apabila si anak / mahasiswa sudah menghidupi dirinya sendiri makan dia akan memilih untuk berhenti kuliah.

Berjejaringlah!

berjejaring diluar kampus
Membangun jaringan dengan kalangan industri - dokumentasi pribadi

Salah satu hal mutlak selain mengembangkan diri saat kuliah adalah dengan berjejaring atau biasa dikenal dengan membangun sebuah link. Berjejaring boleh dengan teman satu kampus maupun alumni, namun kamu juga harus berjejaring dengan orang-orang di luar kampus. Entah itu orang-orang yang memiliki hobi sama di sebuah komunitas maupun orang-orang yang menurutmu keren. Bangun hubungan yang baik dengan mereka, suatu saat kamu PASTI akan membutuhkan mereka.

Kalau kebanyakan mahasiswa sekarang lulus kemudian mengirimkan ratusan lamaran pekerjaan ke berbagai macam perusahaan, dengan memanfaatkan link / jejaring yang sudah dirintis sejak kuliah kamu tidak perlu lagi mengirimkan lamaran pekerjaan, justru merekalah yang akan menawari kamu pekerjaan hingga kamu mungkin akan kebingungan mau memilih yang mana.

Berjejaring dan Berkontribusi - dokumentasi pribadi


Tentu contoh tersebut tidak akan berlaku kalau kamu hanya asal kenal saja. Oleh karena itu ketika masih menjadi mahasiswa berkontribusilah. Sekecil apapun kontribusimu bisa sangat berarti untuk orang lain. Contohnya saja kamu membuat sebuah website komunitas, hal tersebut akan membuat orang komunitas mengetahui siapa kamu, apa yang bisa kamu lakukan, dari situ kamu sudah menanam benih yang bisa kamu petik setelah lulus kuliah. Saya percaya apa yang buat saya kecil bisa saja berarti sangat besar untuk orang lain.

Dengan berjejaring, kamu juga bisa mengembangkan diri terutama untuk bidang-bidang yang kamu sukai. Jangan jadi mahasiswa online terus di facebook namun tidak memiliki jejaring yang luas. Media online membuatmu semakin mudah membangun jejaring yang luas. Manfaatkanlah itu!

Selesaikan Kuliahmu!

selesaikan kuliah
selesaikan kuliah - dokumentasi pribadi

Menyelesaikan kuliah itu penting, menurut saya. Meski sempat beberapa kali ingin rasanya segera keluar dari dunia perkuliahan, namun karena saya ingat tujuan akhir saya kuliah adalah membahagiakan keluarga maka saya harus menyelesaikan kuliah. Karena meskipun saya sukses dalam banyak hal namun kalau saya tidak menyelesaikan kuliah tentu keluarga akan kecewa dan gagal sudah misi saya kuliah untuk membahagiakan mereka. Meski tidak menjadi mahasiswa berprestasi, keluargamu akan bangga kamu bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu.

Semoga tulisan saya tentang kiat belajar sukses di perguruan tinggi ini bisa membantu mahasiswa-mahasiswa galau yang bingung ketika belajar di perguruan tinggi. Kesuksesan kuliah itu yang menentukan adalah mahasiswa, caranya pun yang menentukan juga mahasiswa.

You Might Also Like

7 comments

  1. Harus tetap semangat dan gapai mimpi-mimpi itu satu persatu

    BalasHapus
  2. Keren kak tulisannya, setuju deh sama "Kesuksesan setiap orang itu berbeda". semua punya cara sendiri buat meraih kesuksesannya sendiri-sendiri

    BalasHapus
  3. Percayalah... masa kuliah adalah waktu yang tepat untuk mbribik sana-sini.. nanti nyesel kalo masa kuliah gak digunakan dengan (mbribik) semestinya, tapi ya belajar teteplaah.. nakal sithik ra popo, sing penting sembodho :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, nakal sitik wae penting ra kebacut :D. Rugi kalau cuma dihabiskan di area kampus.

      Hapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe