Cara Melakukan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Online

Rabu, November 11, 2015

Melakukan pembayaran STNK di Surabaya dulu itu enak, tinggal datang ke drive thru di daerah Jl. Ayani sambil bawa motor dan nunggu enggak sampai 10 menit. Sejak drive thru tersebut enggak aktif, aku kudu bayar ke samsat yang memakan waktu antrian cukup lama. Kalau enggak gitu kudu ke Mall, aku sendiri males jalan-jalan ke Mall meski cuma buat bayar STNK.

Sekarang aku domisili di Blitar, sedangkan plat nomer kendaraanku masih menggunakan plat nomor Surabaya. Dari situ aku pun mencoba untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online menggunakan pembayaran internet banking mandiri.

Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dengan Internet Banking Mandiri

Berikut langkah-langkah untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor menggunakan fasilitas e samsat online. Untuk amannya, pastikan kamu belum melewati batas pembayaran pajak (baca:belum telat).

Buka E-Samsat

Halaman depan E-Samsat
Halaman depan E-Samsat
Langkah pertama adalah membuka e samsat jawa timur yang beralamat di http://www.esamsat.jatimprov.go.id/ . Karena daerah saya ada di Jawa Timur. Saat ini layanan e-samsat hanya berlaku untuk 1 provinsi.

Misal saat ini domisili di Jogja sedangkan kendaraan menggunakan plat nomor Jawa Timur, kita enggak bisa melakukan perpanjangan online di Jogjakarta. Untuk provinsi lain silakan cari sendiri alamat e-samsatnya ya.

Setelah menekan link e-samsat anda akan diarahkan ke halaman peringatan berbahaya (untuk beberapa kasus) lanjutkan saja proses sehingga anda mendapatkan halaman seperti di bawah ini.

Halaman E-Samsat Jatim
Halaman E-Samsat Jatim
Peringatan berbahaya tersebut dikarenakan sertifikasi SSL tidak valid dengan url. Seharusnya sih warnanya ijo kaya di salah satu blogku yang beralamat di https://mblitar.net. Aku juga kurang begitu paham dengan sertifikasi https.

Pengisian Data Kendaraan Bermotor

Setelah itu, masukkan data kendaraan bermotor berupa kota asal kendaraan bermotor dan samsat dimana kendaraan bermotor tersebut diurus. Setelah itu masukkan plat nomor kendaraan yang akan di bayar pajaknya. 

Dalam kasusku, kendaraanku dari Kota Surabaya. Di Surabaya ada 3 samsat, karena domisili di selatan, kendaraanku masuk dalam regional surabaya selatan yang diurus oleh samsat ketintang. Kalau Blitar ada 2 samsat, satu di wilayah kota dan satunya di kabupaten. 

Jaringan Samsat Sibuk
Jaringan Samsat Sibuk
Kalau lagi apes bakal dapet informasi bahwa jaringan samsat sedang sibuk. Kalau sudah begitu ada baiknya untuk coba lagi beberapa menit kedepan. Kalau sudah berhasil, nanti kamu akan masuk ke halaman informasi kendaraan bermotor yang kamu maksud (dalam beberapa kasus, untuk bisa masuk ke halaman ini, kamu perlu menyiapkan informasi nomor rangka.)

Informasi Kendaraan
Informasi Kendaraan
Pada halaman tersebut kita bisa melihat data kendaraan kita dan biaya yang harus dibayar untuk kendaraan yang kita gunakan. Apabila yakin dengan data tersebut dan mau langsung melakukan pembayaran, langsung tekan tombol Ya.

Pilih Tempat Pengambilan Nota Pajak

Pembayaran Pajak Online
Pembayaran Pajak Online

Langkah selanjutnya adalah memilih tempat pengambilan nota pajak. Sebelum itu masukkan nomor BPKB yang bisa ditemukan di STNK.

Kemudian pilih kota pengambilan nota pajak yang akan kita bayar. Contohnya aku mau ambil di Blitar. Di Blitar ada 2 samsat, yaitu Blitar Kota dan Wlingi yang terletak di Kabupaten. Aku pilih kota Blitar yang beralamat di Jl. Melati nomor 17 karena hanya beberapa kilo dari rumah, kalau Wlingi jaraknya puluhan kilo dari rumah :D.

Pilih bank untuk melakukan pembayaran, untuk samsat jatim ada 3 pilihan, yaitu Bank Mandiri, Bank Jatim dan Bank BRI. Masing-masing bank memiliki opsi pembayaran sendiri-sendiri. Hanya bank mandiri yang menyediakan pembayaran melalui internet banking. 

Selanjutnya tekan tombol pengajuan kode bayar. Maka dengan seketika kita akan mendapatkan kode bayar yang unik.
Kode Bayar E Samsat
Kode Bayar E Samsat

Pembayaran Melalui Internet Banking

Selanjutnya buka internet banking mandiri dan mencoba dengan menu Bayar > Penerimaan Negara > E Samsat. E Samsat bank mandiri jawa timur adalah 50004. Aku udah coba masukin dengan benar tapi selalu muncul error.

Penerimaan Negara
Penerimaan Negara
Karena lelah error mulu, akhirnya aku bertanya melalui mandiricare di twitter. Ternyata untuk melakukan pembayaran tidak melalui menu tersebut, melainkan menu multipayment.

Jadi aku kudu buka menu Bayar > Multi Payment > E-Samsat Jatim
Pembayaran E samsat multi payment
Pembayaran E samsat multi payment
Setelah memasukkan kode bayar, selanjutnya melakukan pembayaran menggunakan internet banking. Jumlah tagihan akan otomatis ditampilkan sesuai dengan kode bayar

Pembayaran E-Samsat Internet Banking Mandiri
Pembayaran E-Samsat Internet Banking Mandiri
Setelah itu print bukti pembayarannya dan bergegaslah ke samsat dimana kita akan mengambil nota pembayaran pajak. Berikut penampakan bukti pembayaran E-Samsatnya..

Bukti Pembayaran Internet Banking Mandiri
Bukti Pembayaran Internet Banking Mandiri
Karena kita hanya bisa mengambil nota tersebut paling lama 7 hari setelah melakukan pembayaran. Karena sudah kesiangan, aku pun mengambil keesokan hari. Di Blitar, pelayanan samsat hanya sampai pukul 12.00 siang.

Pengambilan Nota Pembayaran Pajak di Samsat

Datanglah ke samsat yang sudah didaftarkan sebelumnya dengan membawa bukti pembayaran melalui internet banking. Selain itu bawa KTP Asli, STNK Asli dan BPKB untuk jaga-jaga segala kemungkinan yang diperlukan.

Datanglah pada jam kerja, saranku sih datang antara jam 8 pagi hingga jam 11 siang. Langsung masuk aja ke Samsat di bagian pembayaran sambil menyerahkan butki pembayaran. Kalau ragu, ada baiknya tanya ke pusat informasi supaya dipandu.

Aku hanya menunggu sekitar 5 menit, setelah itu sudah dipanggil dan menerima Nota Pembayaran Pajak Kendaraan bermotor yang sudah aku bayar melalui internet banking Mandiri. Setelah itu aku bisa bebas pergi meninggalkan samsat tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Ternyata melakukan pembayaran pajak online melalui internet banking mandiri beneran mudah deh, meski sempat error saat melakukan pembayaran. Sangat cocok dicoba buat yang males antri lama-lama di samsat. Kalau bagaian pembayarn samsat rame ya sepertinya tetap harus antri lama.

Menurutku sih lebih enak lewat drive thru karena enggak perlu menunggu lama untuk melakukan pembayarn. Prosesnya juga lebih cepet enggak ribet, tinggal bawa motor kemudian bayar.

Mungkin kamu juga perlu baca cara melakukan perpanjangan SIM apabila SIM yang kamu miliki sudah hampir kadaluarsa.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu yang mau bayar pajak kendaraan bermotor secara online. Bagikan kabar gembira ini siapa saja yang membutuhkan informasinya. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe