13 November 2017

Surat Keterangan Bekerja Freelance untuk Pengajuan Visa Jepang

Setelah menulis rangkaian itinerary liburan ke Jepang, sampai saat ini masih banyak pertanyaan seputar surat keterangan bekerja untuk freelance yang aku lampirkan ketika membuat visa jepang sendiri.
Visa Jepang di Paspor
Visa Jepang di Paspor
Pada postingan kali ini aku mau berbagi contoh surat keterangan bekerja sebagai freelance untuk pengajuan visa Jepang. Surat keterangan ini mungkin akan membantu untuk meyakinkan kedutaan bahwa kamu akan kembali ke Indonesia setelah selesai liburan karena punya tanggungjawab  pekerjaan.

Siapa yang Butuh Surat Keterangan Kerja ?

Secara aturan sebenernya enggak ada di website kedutaan. Namun banyak yang menyarankan untuk menggunakan surat keterangan bekerja. Ini juga sebagai jaminan kalau bakalan pulang setelah liburan ke Jepang.

Kalau orang yang bekerja di kantoran mungkin bisa minta surat keterangan kerja berbahasa inggris ke HRD. Untuk yang enggak punya kantor / punya usaha sendiri kaya aku? Mau nggak mau ya bikin surat keterangan bekerja sendiri.

Kalau biaya perjalanan ditanggung oleh orang tua, surat keterangan bekerja sepertinya enggak perlu. Karena orang tua secara tidak langsung akan menjadi penanggung jawabmu. Kalau biaya ditanggung sendiri mendingan bikin dulu daripada bolak balik.

Sebelum membuat surat keterangan bekerja, ada baiknya menyiapkan data-data yang valid. Seperti nama usaha, alamat bahkan kalau perlu website. Jangan mengada-ngada. Karena nantinya (mungkin) akan divalidasi oleh kedutaan.

Kebetulan aku punya jasa pembuatan website, jadi ya tinggal nyantumin alamat web jasa tersebut. Kalau pemilik toko online tinggal cantumin alamat website toko onlinenya. Anggap aja jasa freelancemu itu sebagai perusahaan.

Ingat! Enggak ada keharusan, tapi disarankan.

Contoh Surat Keterangan Bekerja Freelance untuk Apply Visa Jepang

Berikut contoh surat keterangan bekerja yang aku buat kemarin untuk mengajukan visa ke Jepang. Sengaja enggak dikasih link download biar ngetik sendiri :D. Tolong koreksinya ya kalau ada yang salah. Ini disadur dari punya mas frenkeyblog.com

Surat Keterangan Kerja Freelance
Semoga contohnya bisa bermanfaat yak :D

Posting Komentar

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search