panduaji

Kategori: Review

Scribus, Software Open Source untuk Layout

Diperbarui:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut. Komisi ini membantu kami membiayai keberlangsungan blog ini.

Jurus Scribus sudah di download lebih dari 300 kali, namun sampai saat ini saya belum pernah posting apapun tentang Scribus itu sendiri, jadi pada kesempatan kali ini saya akan posting mengenai apa itu Scribus. 


Scribus adalah salah satu software open source yang digunakan untuk tata letak atau yang lebih dikenal dengan layout. Scribus berbeda dengan software pengolah kata seperti Ms. Word, Open Office Word Prosessor maupun Libre Office. Salah satu hal yang mebedakan Scribus dengan software office adalah kebebasan mengatur tata letak.

Pada Scribus kita bisa meletakkan tulisan dimana saja tanpa ada aturan baku seperti jika kita meletakkan tulisan di pengolah kata. Oleh karena itu Scribus merupakan software pengolah tata letak (layout) BUKAN software pengolah kata.

Scribus bisa didownload secara gratis dan legal pada scribus[dot]net. Scribus dapat dijalankan dibeberapa macam platform seperti Linux, Mac OS dan Windows. Kita pun dapat mendownload soure code dari Scribus jika ingin mengotak atiknya.
img by scribusstuff[dot]org
Selain itu, kita dapat mendownload dan upload konten scribus secara gratis di situs komunitas Scribusstuff[dot]org. Selain gratis kita juga bisa membeli maupun menjual konten yang memang di jual, namun kebanyakan konten yang ada di komunitas scribus tingkat internasional tersebut.

Apa yang bisa kita lakukan dengan Scribus
  • Membuat sebuah tata letak untuk majalah, koran, poster, brosur, kalender dll
  • Membuat sebuah dokumen PDF tingkat tinggi (form, password, tombol, interaktif dengan javascript, dll)
Secara garis besar itu guna scribus. Bagi yang sudah terbiasa menggunakan software lain untuk membuat sebuah layout tidak perlu ragu untuk pindah menggunakan Scribus. Tidak perlu takut hasilnya jelek, karena kualitas layout bukan karena softwarenya, tapi lebih ke orang yang membuatnya. Software hanyalah alat yang mempermudah pekerjaan kita. Apalagi mereka yang menggunakan software bajakan. Saya sarankan untuk menggunakan software yang legal, scribus merupakan salah satu alternatif pengganti software propietary yang harganya selangit.

Silakan dowload Jurus Scribus untuk belajar dasar Scribus.

Semoga bermanfaat 🙂
Shopee Lovember

Leave a Comment