panduaji

Kategori: Uncategorized

Install IBM Worklight di Eclipse

Diperbarui:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut. Komisi ini membantu kami membiayai keberlangsungan blog ini.

Install IBM Worklight di Eclipse – IBM Worklight merupakan sebuah plugin / adds on pada eclipse (mungkin juga bisa untuk platform lain) yang digunakan untuk membuat sebuah aplikasi hybird (basisnya html5) untuk semua platform (Android, iOS, WindowsPhone, iPhone, iPad, dll). Mirip dengan phonegap lah. Kenapa kok bisa digunakan untuk semua platform? Karena basisnya HTML5 bisa diakses oleh semua smatphone tersebut. Tetapi untuk mengakses masing-masing hardware smartphone diperlukan juga pengetahuan tentang pemgrograman masing-masing device.

Pada tulisan ini saya mau share bagaimana saya melakukan instalasi IBM Worklight pada Eclipse yang berjalan di sistem operasi Ubuntu 12.10. Sebelumnya harus Install Eclipse 4.2.2 seperti yang sudah saya tuliskan sebelumnya. Untuk melakukan instalasi Worklight, disarankan menggunakan koneksi internet. Karena saya menggunakan repositori online saat melakukan instalasi.

  • Buka Eclipse 
  • Help > Install New Software
  • Tekan tombol add dan masukan parameter sebagai berikut
    • Name: IBM Worklight (Penamaan bebas)
    • Location: http://public.dhe.ibm.com/ibmdl/export/pub/software/mobile-solutions/worklight/wdeupdate/
Install IBM Worklight - Menambah Repositori
Install IBM Worklight – Menambah Repositori
  • Next > Tunggu proses check dependensi selesai. Apabila selesai akan ada pilihan toolkit yang bisa diinstall, pilih semuanya kemudian Next lagi. Baca EULA, setelah itu baru tunggu eclipse yang sedang download IBM Worklight sampai selesai.
  • Setelah proses instalasi IBM Worklight selesai, coba restart eclipse dan akan muncul sebuah menu Worklight pada eclipse seperti pada gambar di bawah ini
IBM Worklight
IBM Worklight
Saya masih baru belajar pemrograman mobile, jika mungkin pada tulisan ini ada penjelasan yang salah atau kurang tepat, tolong di koreksi :). Mari belajar bersama 😀
Shopee Lovember

2 thoughts on “Install IBM Worklight di Eclipse”

  1. mau tanya mas, saya coba instal worklight tapi pada saat proses kedua itu muncul pesan The operation cannot be completed. See the details., kenapa ya mas?

    Reply
    • proses kedua yang dimaksud bagian mana? apakah sudah terhubung dengan internet? terus coba klik see the details untuk mengetahui detail masalahnya

      Reply

Leave a Comment