panduaji

Kategori: Jajan

Kuliner Sambel Belut di Warung Cak Hot Brongkos Kesamben Blitar

Diperbarui:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut. Komisi ini membantu kami membiayai keberlangsungan blog ini.

Lesehan Warung Belut Cak Hot

Sudah pernah mencoba lalapan belut mak rumi di Siraman Kesamben yang super duper mantap? Pada kesempatan ini aku mau bagi info tempat makan belut yang enak selain warung mak rumi, yaitu Warung Cak Hot di Brongkos Kesamben! Katanya, ini merupakan warung anaknya Mak Rumi. Buah tidak jatuh jauh dari pohonnya kan? Nah, untuk itu perlu dicoba biar afdol!

Akhir pekan yang cukup gabut, akhirnya aku putuskan untuk meluncur ke Warung Cak Hot di Brongkos kesamben bersama Dira, teman baru yang suka makan-makan dan jalan-jalan. Kenal gegara sama-sama sering nongkrong di Ruang Tuang. Kami berdua kebetulan emang beneran nganggur, menempuh perjalanan hampir satu jam hanya untuk cari bahan postingan blog.

Kuliner Lalapan Belut dan Sambel Bawang Murah Meriah

Tidak berbeda jauh dengan warung Mak Rumi, warung cak hot ini lebih bisa dibilang rumah sederhana dengan toko kelontong di salah satu sisinya. Teras, ruang tamu dan ruang tengahnya digunakan sebagai warung lalapan sambel belut. Tidak ada cara terbaik memesan selain langsung masuk menuju dapur yang ada pada bagian belakang rumah
Sambil menunggu pesanan datang, aku lihat-lihat sekeliling, tak terlalu ramai karena jam sudah menunjukkan pukul 02.00. Jam makan siang sudah berlalu, sedangkan jam pulang kantor juga belum. Tampak daftar menu di dinding dengan harga yang sama persis dengan warung Mak Rumi Siraman Kesamben.
Jam buka warung belut cak hot
Teras rumah yang disulap jadi warung
Dibagian depan sebelum masuk tadi ada info kalau warung Cak Hot ini buka setiap hari Senin – Sabtu mulai pukul 11.00 – 21.00. Jangan sampai terkecoh dengan jadwalnya yak! Biar enggak sia-sia usaha untuk datangnya. 
Kurang lebih setelah 10 menit menunggu pesanan belut sudah tersaji di depan meja lesehan sederhana di ruang tamu. Tadi mau duduk di depan tapi ada mbak dan mas yang sedang asyik berduaan. Dengan pencahayaan seadannya akhirnya aku mulai ritual ‘ibadah‘ sebelum makan untuk para blogger, moto makanan!
Lalapan Belut Warung Cak Hot di Blitar
Lalapan Belut Warung Cak Hot di Blitar
Belut berukuran sedang digoreng cripsy dengan tepung membuat kita tidak perlu repot memikirkan tulangnya. Bisa langsung disantap sekalian! Sambel bawangnya pun juga identik dengan aroma dan rasa yang mantap. Tapi jujur aku masih lebih suka di Mak Rumi. Entah kenapa, padahal waktu aku ke Mak Rumi itu posisi aku sudah kenyang tapi masih bisa makan dua porsi!
Yang aku suka dari warung belut cak hot ini sambelnya lebih banyak jika dibandingkan dengan sajian di warung Mak Rumi. Atau karena pengaruh harga cabe ya? Aku kurang tahu pastinya. Yang penting lebih banyak lebih nikmat.
Oh iya, tadi lupa belum infoin harga seporsi nasi belut di warung cak hot. Untuk 1 porsi belut goreng lengkap dengan sambel bawangnya hanyar 5ribu rupiah. Sedangkan untuk 1 porsi nasi hanyar 2ribu rupiah. Murah kan ? 10 ribu sudah lengkap dengan minumnya!

Lokasi Warung Cak Hot di Brongkos

Dari Blitar kota ambil arah ke timur menuju ke Malang sampai di kawasan Brongkos. Setelah rel kereta api masuk gapura di kiri jalan dan lurus terus ikuti jalan utama sejauh kurang lebih sekitar 800 meter. Nanti ada petunjuk menuju warung Cak Hot yang seadanya. Waspadalah, karena disekitarnya ada beberapa warung belut yang mungkin bisa menipumu. Karena aku dulu sudah pernah terkecoh dengan warung belut yang aku kira warung legendaris, rasanya nggak ada yang spesial dan engngak sama dengan yang bersliweran di foto. 
Kalau bingung dengan arahan yang sudah aku jelaskan diatas, coba deh pakai google maps! Bisa gunakan link https://goo.gl/maps/pdUZjVAJLNB2 . Sengaja nggak di embed biar website enggak terlalu berat saat ngeload
*semua foto merupakan dokumentasi pribadi, sekaligus buat ngisi konten di JelajahBlitar.
Shopee Lovember

Leave a Comment