27 September 2018

Cara Melakukan Recovery File dan Foto yang Hilang

Tutorial Cara Recovery File
Jam menunjukkan pukul 11 malam ketika aku pulang dari ngopi di Ruang Tuang, sebelum tidur aku ingin upload foto di Instagram yang udah cukup lama enggak aku isi. Iseng kubuka hardisk dan mencari stok foto yang aku dapatkan ketika liburan backpacker ke Jepang beberapa waktu lalu. Awalnya tidak ada masalah ketika kubuka satu persatu preview dari foto yang ada, tetiba semua jadi kalut ketika aku tak mendapatkan folder masing-masing kota yang aku kunjungi. Jebul folder-folder itu ILANG! Seriously!

Ketika semua foto selama 10 hari di Jepang hilang, tidak ada yang bisa aku lakukan lagi selain mengikhlaskannya. Ada sedikit rasa menyesal kok bisa kehilangan data tersebut. Aku positif thinking aja, siapa tahu habis ini dapat hadiah liburan keliling Jepang lagi.

Nah, pada postingan kali ini aku enggak akan membahas hal yang sendu, karena selalu ada jalan untuk berikhtiar. Salah satunya dengan berusaha merecovery / mengembalikan data yang hilang di komputer yang mungkin aja kehapus menggunakan software gratis yang bernama Photorec

Cara Mengembalikan Data Hilang dengan PhotoRec

Jika kamu juga merasakan hal yang sama, ada baiknya mencoba melakukan recovery data seperti yang akan aku tuliskan pada postingan ini. Tapi perlu diingat, nggak perlu berharap terlalu banyak data bisa kembali semua karena kemungkinannya kecil sekali. Mungkin beberapa data bisa terselamatkan. 

Pertama, download dan install Testdisk (photorec merupakan salah satu software dalam testdisk) sesuai dengan sistem operasi yang kamu gunakan saat ini. 

Kedua, jalankan program photorec. Untuk pengguna Linux dan Mac harus menggunakan terminal, jangan lupa untuk mengeksekusi program photorec ini dengan previlege admin alias sudo! Berikut perintah untuk menjalankan photorec yang berada di folder Download. sudo Downloads/testdisk-7.1-WIP/photorec. Masukkan password dan photorec siap digunakan.
 Perintah menjalankan Photorec
Perintah menjalankan Photorec, 
Ketiga, pilih hardisk yang ingin kita recovery. Ingat-ingat dimana kamu menyimpan foto yang sedang kamu cari. Biar nggak perlu recovery banyak file dari hardisk yang ada.

Keempat, pilih partisi yang ingin di recovery. Beruntunglah kamu yang punya beberapa partisi di HDD. Jadi bisa dengan mudah memilih partisi yang akan di recovery.
Pilih partisi yang akan di recovery
Kelima, pilih menu file-opt untuk memilih file yang sedang kita cari. Karena aku cuma butuh nyari gambar dari kamera ya hanya piih file dengan esktensi .jpg aja. Daripada buang-buang waktu untuk file yang sedang tidak dicari.
 Pilih esktensi file yang nigin di recovery
Pilih esktensi file yang nigin di recovery
Keenam, pilih menu search kemudian pilih menu free untuk melakukan recovery pada file-file yang terhapus. Sedangkan kalau ingin mengembalikan file dari sistem yang corrupt bisa pilih menu whole. 

Ketujuh, pilih lokasi penyimpanan file recoverynya dan tunggu proses recovery hingga berhasil cuy! Selamat ngecom coklat, baca buku dan berdoa supaya file yang diharapkan bisa terecovery. 

Proses recovery foto dengan photorec
Proaes recovery foto dengan photorec

Hasil Recovery Foto dengan Photorec

Hasil Recovery Foto
23rb foto berhasil di recovery dengan photorec

Hasil recovery foto dengan photorec ini akan sangat random, jadi kamu nantinya masih harus milihi foto-foto yang sudah berhasil dikembalikan.  Karena beberapa hal berikut ini
  • File hasil recovery memiliki nama yang random cuy!
  • File hasil recovery tidak otomatis menyesuaikan folder yang lama
  • File hasil recovery banyak yang muncul lebih dari satu
Jadi setelah proses recovery yang cukup panjang, aku masih harus memilih foto-foto yang benar-benar aku dibutuhkan. Berikut penampakan hasil foto recovery yang bikin males. Apalagi datanya kalau nggak penting-penting banget.

Foto Hasil Recovery
Mau memilih foto hasil recovery?
Berapa banyak foto yang berhasil kamu recovery? Kalau aku ada puluhan ribuan cuy! Banyak file foto yang aku harapkan nggak ketemu. Jadi males milihin satu persatu, soalnya foto mantan beberapa kali juga nampak di file recovery ketika aku coba buat cari :)). Kalau udah males milihin, nggak ada cara selain diikhlasin. Mungkin nanti ada yang bayarin liburan musim dingin di Jepang lagi buat ambil foto-foto baru #eh.

Kalau ada yang mau ditanyakan seputar cara recovery file ini, silakan bisa tulis di kolom komentar yang sudah aku sediakan. Santai aja, ntar aku jawab satu persatu sebisaku kok ;). Semoga tulisan ini bisa membantu teman-teman yang juga mengalami kehilangan file foto atau sejenisnya.
Temukan aku di Facebook, Instagram , Twitter!
Kalau artikelnya nggak muncul, coba deh matikan adblocknya ;)

Posting Komentar

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search