8 Oktober 2018

Jenius Card, Kartu Debit Online Pengganti Kartu Kredit

Kartu Debit Online Jenius
Tidak lama lagi kartu kredit yang aku miliki sudah habis masa berlakunya dan aku nggak punya cita-cita untuk memperpanjang penggunaan kartu kredit setelah muncul beberapa produk perbankan debit card online yang bisa menggantikan fungsi kartu kredit. Kalau dulu kita nggak bisa menggunakan kartu debit untuk transaksi online, namun sekarang dengan adanya debit online kita bisa menggunakannya untuk transaksi.

Sebenarnya ada banyak pilihan produk debit online yang bisa dipilih, namun dari sekian banyak pilihan akhirnya aku memutuskan untuk menggunakan debit card online dari Jenius yang merupakan produk dari BTPN.

Dengan adanya jenius card ini, kamu bisa melakukan belanja online ke luar negeri tanpa harus memiliki kartu kredit. Jadi nggak perlu ngikutin tutorial cara belanja di aliexpress juga. Karena transaksinya sama dengan kartu kredit hanya saja kartu debit harus ada saldo sejumlah barang yang dibayar untuk menggunakannya.

Apa Itu Tabungan Jenius?

Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya, apa itu jenius card. Jenius merupakan salah satu layanan rekening digital dari BTPN yang memfasilitasi kita dengan debit card online yang bisa digunakan untuk transaksi layaknya kartu kredit.

Untuk pembuatan rekening digital jenius ini kita hanya perlu mendownload aplikasi jenius di iOS maupun di Android. Jangan lupa gunakan cashtag $ndundupan, karena katanya dengan mendaftar menggunakan cashtag kita akan mendapatkan uang Rp. 50.000. Tapi syaratnya harus pengguna di wilayah Jabodetabek. Tapi nggak ada salahnya buat yang belum pernah punya buat nyobain, siapa tahu berhasil mendapatkan bonus uang dari BTPN sebesar Rp. 50.000.

Dalam satu akun jenius, kita bisa mendapatkan sampai dengan 5 produk debit card sekaligus. Sehingga kita bisa memanage penggunaan masing-masing kartu dan semua transaksinya tercatat. Ini sangat membantu untuk yang malas untuk membuat pembukuan pengeluaran seperti aku.

Jujur yang paling aku butuhkan dari tabungan jenius ini adalah transaksi debit online untuk berbelanja di merchant berlogo visa (belanja software dan produk digital lainnya) dan biaya transfer antar bank yang digratiskan tentunya dengan syarat dan ketentuannya sendiri-sendiri.

Kenapa Tabungan Jenius?

Ada beberapa hal yang membuatku akhirnya memutuskan untuk menggunakan Jenius dibanding produk debit online yang lain. Diantaranya 
  • Beberapa teman yang menggunakan tabungan jenius ini banyak yang memberikan review positif. Terutama untuk mereka yang seringkali melakukan belanja produk-produk digital.
  • Ada debit online yang relatif aman karena kita bisa memiliki beberapa debit card secara langsung. Sehingga penggunaan masing-masing debit card bisa kita batasi. Ini sangat membantu banget dan lebih aman.

    Kartu debit primer tidak aku gunakan untuk transaksi online sama sekali, fungsinya hanya untuk mengisi kartu debit yang akan digunakan untuk berbelanja. Sehingga ketika aku mau membeli produk senilai 800rb misalnya, aku tinggal top up debit card sekunder dengan debit primer kemudian transaksi dan habis. Selama tidak diisi saldo kartu tidak akan bisa membuat tagihan bukan? Karena ini kartu debit bukan kartu kredit.
  • Transfer antar bank yang realtime dan tanpa biaya! Ini sangat membantu, seperti yang aku lakukan beberapa waktu lalu ketika aku sedang kemping. Ternyata salah seorang teman membutuhkan dana segar, berhubung ada saldo di jenius bisa langsung transfer malam itu juga dan langsung masuk. Berbeda dengan transaksi inernet banking antar bank yang biasanya diproses di hari kerja, kalaupun bisa transfer antara bank online juga dikenakan biaya. Namun dengan jenius gratis tanpa biaya (dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, beberapa puluh transaksi untuk nilai saldo sekian juta)
  • Menjalin silaturahmi dengan mbak bank BTPN, karena dulu hampir tiap bulan ketemu sama mbak bank ketika ambil uang pensiunan. Dengan pakai jenius ini kan sesekali main ke BTPN buat setor tunai, siapa tahu bisa bersilaturahmi #eh.

Bagaimana Cara Mendaftar Jenius?

Cara untuk mendaftar jenius itu super duper mudah, tidak perlu setoran awal pun bisa. Begini caranya
  1. Download Aplikasi Jenius di iOS maupun Android
  2. Buka aplikasi dan masukkan data diri, jangan lupa gunakan cashtag $ndundupan saat pendaftaran untuk mendapatkan bonus Rp. 50.000
  3. Ikuti semua langkah-langkahnya (pastikan kamu dekat dengan KTP dan NPWP, karena diminta foto. Tanpa NPWP pun juga bisa kok.
  4. Setelah proses selesai, aktivasi akun Jenius bisa langsung datang ke kantor BTPN terdekat atau request di datengin petugas.
  5. Aku males nunggu, jadi aku datengin kantor BTPN Sinaya di Blitar dan langsung datang ke CS untuk aktivasi dengan menunjukkan KTP dan NPWP (kalau pendaftaran menggunakan NPWP).
  6. Setelah melakukan aktivasi, tinggal tunggu proses aktivasinya (kalau gak salah maksimal 2 hari)
  7. Beberapa hari setelah proses aktivasi akan ada kiriman paket yang isinya kartu debit jenius yang siap digunakan untuk transaksi.

Kesimpulannya

Tabungan Jenius ini menurutku cocok untuk kamu yang 
  1. Suka belanja online sebagai pengganti kartu kredit
  2. Pedagang online terutama yang dari marketplace, karena uang bisa masuk ke dalam rekening ini dan kita bisa transfer ke rekening bank lain tanpa harus kena biaya lagi. Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
Jika kamu bukan salah satu dari kedua orang di atas dan tetap memutuskan untuk mendaftar di jenius, mungkin bisa diinfokan melalui kolom komentar kenapa tetap mendaftarkan diri membuka tabungan Jenius?

Aku sudah coba untuk melakukan pembelian langganan premium di spotify dan berhasil. Nanti akan aku tulis dalam postingan sendiri membeli langganan premium di spotify dengan biaya Rp. 49.990. Lebih hemat 5 ribu rupiah dibandingkan atm transfer maupun pakai pulsa. Lumayan, 5ribu di Blitar sudah bisa buat sarapan semangkok soto daging di warung Pak Sabar dekat rumah.


Temukan aku di Facebook, Instagram , Twitter!
Kalau artikelnya nggak muncul, coba deh matikan adblocknya ;)

Posting Komentar

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search