Ghibli Museum di Tokyo (Tiket, Rute, Tips dan Trik)

Ndu, awakmu kudu dolan neng Ghibli Museum, ujar Mas Hiza melalui pesan singkatnya. Saya pernah terjun di dunia animasi, sudah sewajarnya menyempatkan waktu untuk berkunjung ke salah satu studio animasi berpengaruh di dunia ini. Akhirnya saya memasukkan museum ghibli ke dalam itinerary liburan ke Jepang.

Ghibli Museum merupakan museum milik studio animasi Ghibli yang berada di Mitaka, Tokyo, Jepang. Studio Ghibli merupakan studio animasi legendaris di Jepang yang menurut saya sejajar dengan Disney maupun Pixar. Animasi 2D tradisional garapan Ghibli selalu dieksekusi dengan sempurna dibawah arahan Hayao Miyazaki.

Jam Buka Museum Ghibli

Tiket museum ghibli tidak bisa dibeli on the spot! Jumlah pengunjung harian dibatasi dan jam buka untuk masuk ke dalam museum ini juga dibatasi. Sehingga untuk bisa datang ke museum ghibli ini kamu harus benar-benar riset terlebih dahulu.

Jadi nggak bisa kamu ujug-ujug datang ke museum, beli tiket dan masuk. Untuk datang ke Museum Ghibli memang diperlukan sedikit persiapan, mulai dari waktu kunjungan dan jam kunjungan.

Ghibli Museum buka mulai pukul 10.00 pagi sampai pukul 18.00 sore yang terbagi hanya dalam empat sesi saja. Jadi, pengunjung hanya bisa masuk pada jam sesi tersebut dibuka. Selain itu, pengujung juga hanya boleh masuk sesuai jam sesi yang sudah dibeli.

Adapun empat sesi jam masuk ke museum studio ghibli ini adalah sebagai berikut

  • Jam pertama pukul 10.00 – 10.30
  • Jam kedua pukul 12.00 – 12.30
  • Jam ketiga pukul 14.00 – 14.30
  • Jam keempat pukul 16.00 – 16.30

Kamu tidak bisa masuk ke dalam museum apabila melewati jam tersebut. Misal kamu punya tiket untuk masuk jam 14.00, kamu hanya bisa masuk antara pukul 14.00 – 14.30. Kamu tidak bisa masuk jam pertama maupun kedua. 14.40 juga sudah tidak bisa masuk lagi.

Tahu kan bagaimana ontimenya orang Jepang? Jadi kamu harus benar-benar mengatur itinerary agar bisa datang setidaknya 30 menit sebelum pintu dibuka karena antriannya juga lumayan panjang.

Waktu itu saya beli tiket untuk pukul 4 sore, tetapi daripada ketinggalan masuk, saya sudah main-main di taman sekitar museum ghibli.

Nggak ada batasan berapa lama di dalam museum, ketika kamu masuk pukul 10.00 bebas mau sampai museum tutup pada pukul 18.00 juga bisa. FYI aja sih, kafe topi jerami baru buka pukul 11.00.

Oh iya, jangan agendakan datang di hari selasa, karena museum Ghibli ini libur setiap hari selasa dan hari-hari tertentu. Untuk jadwalnya, kamu bisa cek di sini.

Cara Menuju Museum Ghibli

Museum Ghibli Bus

Cara paling mudah untuk menuju Ghibli Museum ini adalah naik kereta api JR. Stasiun kereta paling dekat dengan Museum Ghibli adalah Mitaka. Kamu bisa naik kereta api JR Chuo Line yang membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari Stasiun Shinjuku. Turun dari Stasiun Mitaka berjalanlah ke arah Selatan dan tunggu di halte nomor 9. 

Harga tiket bus di halte nomor 9 ketika saya berkunjung adalah sebagai berikut

  • ¥ 210 untuk dewasa sekali jalan
  • ¥ 320 untuk dewasa PP (Stasiun – Museum)
  • ¥ 110 untuk anak-anak dibawah 11 tahun sekali jalan
  • ¥ 160 untuk anak-anak dibawah 11 tahun PP (stasiun – museum)

Kalau pengen cepet sih bisa langsung beli tiket roundtrip alias PP. Lebih ekonomis cyint dibanding yang one way. 

HTM Ghibli Museum

Totoro di Loket Museum Ghibli

Untuk masuk ke museum studio ghibli yang legendaris ini kita diharuskan untuk membayar tiket masuk. Berikut daftar harga tiket masuk ke Museum Ghibli.

  • ¥ 1000 untuk dewasa diatas 19 tahun
  • ¥ 700 untuk remaja antara 13 – 18 tahun
  • ¥ 400 untuk anak-anak antara 7 – 12 tahun
  • ¥ 100 untuk anak-anak antara 4 – 6 tahun
  • Gratis untuk anak dibawah usia 4 tahun.

Paket Wisata Ghibli Museum

Jika nggak mau ribet, sebenernya kamu bisa ambil paket wisata yang disediakan oleh agen travel di Jepang. Nggak perlu ribet nungguin tanggal dan beli tiket. Berikut 2 paket wisata yang di dalamnya terdapat tour ke Ghibli Museum dan sekitarnya. Sayangnya ketika saya cek, tahun 2022 ini. Paket wisata ini sedang tidak tersedia.

  • Ghibli Museum & Inokashira Park Walking Tour, jalan-jalan di museum ghibli sama Taman Inokashira. Didampingi dengan guide berbahasa inggris yang bakal menceritakan berbagai macam hal yang dilewati sepanjang jalan.
    Baca detail paket
  • Ghibli Museum – Hotel Gajoen Tokyo – Edo-Tokyo Open Air Architectural Museum Tour, merupakan paket tour 3 in 1 dengan guide berbahasa inggris yang akan mengajakmu untuk Masuk Ghibli Museum – Buffet makan siang di Hotel Gajoen Tokyo dan lanjut ke Edo-Tokyo Open Air Architectural
    Baca detail paket

Cara Beli Tiket Museum Ghibli Online

Tiket Museum Ghibli di Jepang

Ada banyak cara untuk membeli tiket museum ghibli. Seperti beli di lawson yang bisa sampai 4 bulan kedepan. Sayangnya untuk pembelian secara online di luar Jepang seperti hanya bisa dilakukan mulai tanggal 10 setiap bulannya untuk kedatangan bulan depan.

Jadi ketika mau beli tiket untuk bulan Februari, saya baru bisa beli tiket museum Ghibli pada tanggal 10 Januari. Pastikan kamu segera membeli tiket begitu loket pembelian online dibuka karena kalau terlambat, kamu tidak bisa mendapatkan tiket masuk ke museum ini.

FYI, saya dulu beli pada tanggal 11 Januari ternyata untuk admission pukul 10.00 dan pukul 14.00 sudah penuh cuy. Makanya saya jadi beli yang pukul 16.00.

Berikut langkah-langkah membeli tiket museum ghibli secara online dari Indonesia

Buka Situs Pembelian Online Ghibli Museum

Pembelian tiket ghibli secara online dilayani oleh lawson ticket yang bisa dipesan dari seluruh dunia. Buka halaman https://l-tike.com/st1/ghibli-en/ untuk melakukan pembelian tiket secara online. Pastikan kamu buka di tanggal 10 setiap bulannya, karena kalau lebih dari tanggal tersebut takutnya sudah sold out.

Pilih Event Date

Setelah membuka halaman pembelian tiket, kamu pilih event date yang hanya ada satu saja. Berikut penampakan event date yang saya dapatkan ketika mau melakukan pembelian tanggal 10 Nopember 2019.

Beli Tiket Museum Ghibli

Setelah itu pilih tanggal dan jam untuk masuk kawasan museum. Ya mirip-mirip sama kalau kamu mau beli tiket bioskop gitu ya. Berikut penampakannya. Untuk yang bertanda x tiket sudah tidak tersedia, alias sold out. Berikut penampakan ketika saya akses tanggal 10 Nopember 2019 jam 4 sore.

Pilih tanggal dan jam tiket

Dari sekian banyak tanggal, hanya ada tiket kosong untuk tanggal 12, 13, 14, 19 dan 20 pada pukul 16.00. Cukup rame bukan pemesanannya? Oleh karena itu mending langsung beli tanggal 10 sebulan sebelum berangkat karena takutnya nggak kebagian tiket untuk mampir ke sini.

Tentukan Jumlah Tiket yang Dibeli

Setelah pilih tanggal, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menentukan jumlah tiket yang dibeli. Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya bahwa ada beberapa jenis tiket. Isi dengan benar jangan salah daripada nggak boleh masuk

Jumlah tiket yang dibeli

Pastikan tanggal dan jam diingat dengan betul saat menyusun itinerary. Pembelian secara online ini hanya dapat tiket dalam bentuk elektronik, saya sarankan untuk print atau menyimpannya dalam bentuk gambar untuk memudahkan ketika mau masuk museum ghibli.

Oh iya, pembayaran untuk pembelian tiket ini hanya menggunakan kartu kredit ya. Pastikan kamu sudah ada kartu kredit yang akan digunakan untuk membayarnya

Pembayaran Tiket Museum Ghibli

Informasi Tour Leader

Masukkan email dan nomor handphone untuk pendaftaran. Gunakan email dan nomor handphone tour leader dari group liburanmu untuk handle tiket ini. Untuk nomor telepon Indonesia gunakan 628xxxxx. Form ini hanya dapat diisi dengan angka saja

Masukkan informasi pemesan

Untuk memesan tiket di ghibli museum kamu hanya perlu mengisi informasi salah satu orang yang ikut dalam rombonganmu. Pastikan mengisi menggunakan identitas orang yang pasti datang. Tanpa orang ini datang, bisa jadi tiketmu tidak berlaku.

Informasi Tour leader / tim yang berangkat meliputi alamat menginap di Jepang. Masukkan aja nama penginapan yang kamu gunakan stay saat hari H. Nomor paspor dan asal negara yang nantinya di konfirmasi oleh petugas di ghibli museum.

Beli Tiket Ghibli Museum

Setelah itu ikutin terus langkah-langkahnya dan gunakan password yang mudah untuk mengakses halaman My Page Login. Halaman ini hanya bisa diakses untuk ngeprint etiket. Nggak lama setelah itu akan hilang. Karena punyaku dulu sudah nggak bisa diakses.

Informasi Pembelian Tiket

Setelah itu lanjutkan sesuai dengan intruksi untuk melakukan pembelian sampai pembayaran agar berhasil. Nantinya kamu akan mendapatkan email tentang informasi login dan jangan sampai lupa ngisi password My Page Login. Karena seingetku ini nggak bisa di forget password sih. Jadi jangan sampai lupa.

Kalau sudah membayar dan eticket muncul. Langsung print ke PDF dulu untuk menjaganya. Jangan lupa dicetak untuk memudahkan kamu ketika main ke Museum Ghibli ini. Gimana? Mudah bukan cara membeli tiketnya?

Tips Datang ke Ghibli Museum

Antrian masuk museum ghibli

Sudah dapat tiket kan? Nah, berikut ini saran saya untuk kamu yang akan masuk datang ke Ghibli Museum.

  • Datang lebih awal ya, karena antrian masuk ke museum ini bisa dibilang cukup panjang. Mending langsung stay di depan tiket ketika sudah hampir buka sehingga bisa lebih lama di dalam museum. Apalagi kalau dapat tiket untuk jam 16.00.
  • Tidak boleh membawa makanan dan minuman di museum. Jadi untuk makanan dan minuman jangan dikeluarkan / dimakan ketika berada dalam museum.
  • Tidak boleh merekam maupun mengambil gambar dalam studio. Jadi nikmatin aja aneka hal unik yang ada dalam museum. Banyak hal menakjubkan dibalik layar pembuatan sebuah film animasi 2D
  • Gunakan frame tiket untuk melihat pergerakannya di salah satu ruangan. Maaf saya lupa namanya
  • Kamu berhak untuk menonton film pendek yang diputar saat itu di studio yang sudah disediakan. Tapi 1 tiket hanya boleh menonton sekali. Jadi jangan lewatkan ya
  • Jangan lupa beli buku tentang ghibli museum ini. Harganya cuma ¥1000 dapat 2 buah buku dan sebuah ilustrasi rancangan museum yang dibuat oleh Hayao Miyazaki pada tahun 1999.

Ada pertanyaan? Tulis aja di kolom komentar, nanti akan saya coba jawab satu persatu pertanyaan yang ada.

shopee promo

Saya juga ada di Instagram facebook Twitter dan Youtube Suka menulis tentang blogging di panduaji.com

2 thoughts on “Ghibli Museum di Tokyo (Tiket, Rute, Tips dan Trik)”

Leave a Comment