Menikmati Sunset di Pantai Serang Blitar

Menikmati Senja di Pantai Serang Blitar – Sedang di Blitar dan ingin menikmati senja di pantai? Pantai Serang merupakan pantai dengan pemandangan senja paling bagus di Blitar. Wajib masuk daftar tempat melihat sunset di Blitar. Anak senja banget pokoknya.

Setiap bulan September, Pantai Serang Blitar punya gawe yaitu Serang Culture Festival. Rangkaian kegiatan yang sudah sudah rutin dilaksanakan 5 tahun belakangan. Setiap tahun aku pergi ke pantai ini, namun ternyata aku belum pernah menulisnya di blog ini.

Jadi, pada kesempatan ini aku mau menulis sedikit cerita tentang wisata pantai serang yang ada di Blitar selatan.

Sekilas Tentang Pantai Serang Blitar

Pantai Serang Blitar
Pantai Serang Blitar

Pantai Serang merupakan pantai yang secara adminisrtatif terletak di Ds. Serang, Kec. Panggungrejo, Kab. Blitar. Pantai di Blitar selatan dengan bentang pantai yang cukup luas dan warna pasir hitam kecoklatan membuat orang akan malas untuk datang ke sini.

Pantai Serang di Blitar merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk melihat hilal. Lokasi pemantauan hilal terletak di bukit sebelah timur Pantai Serang.

Pantai Serang bisa dibilang cukup rindang dan teduh, pepohonan cemara udang dari ujung barat ke ujung timur menjadi tempat yang nyaman untuk berteduh ketika matahari sedang terik. Angin sepoi-sepoi memberikan kenikmatan tersendiri saat bersantai di bawah pepohonan cemara udang beralaskan tikar dengan suara deburan ombak pantai selatan.

Pantai Serang Blitar merupakan salah satu pantai di Blitar yang enak buat camping. Jadi kalau mau camping di pantai ini dipersilakan bawa tenda sendiri. Nggak usah repot-repot masak, karena banyak warung dengan sajian yang cukup enak dan buka 24 jam kalau lagi banyak yang camping, terutama malam minggu. Dari banyak warung yang pernah aku coba, kebanyakan warung menyediakan makanan yang enak kok.

Baca : Tempat camping di Blitar

Selain pantai serang, masih ada beberapa alternatif yang bisa dikunjungi walau harus berjalan kaki yang agak lumayan. Seperti pantai serit yang berada di sebelah barat pantai serang Blitar ini merupakan pantai perawan yang aksesnya hanya naik 2 bukit dari Pantai serang ini meski belum begitu rindang, pemandangan dari bukitnya juga cukup menawan

Sedangkan pantai di sebelah timur pantai ini yang dikenal dengan pantai padang maesan ini merupakan tempat nelayan serang menambatkan perahunya.

Bisa nggak berenang di Pantai Serang Blitar? Sangat tidak aku sarankan, karena pantai serang merupakan pantai di selatan Jawa yang memiliki ombak cukup besar. Sudah pernah ada korban jiwa yang terseret ombak di pantai serang.

Fasilitas di Pantai Serang Blitar

Pantai Serang Blitar merupakan salah satu pantai yang sudah dikelola cukup baik oleh pemerintah desa, hampir semua fasilitas tersedia di pantai ini. Mulai dari warung di sekitar pantai yang sudah tertata rapi, kamar mandi yang memadai, mushola yang cukup besar hingga tersedianya homestay yang sayangnya belum dikelola demgan baik.

Meski pantai serang tidak memiliki TPI (Tempat Pelelangan Ikan), pengunjung tetap bisa mendapatkan aneka olahan ikan segar yang disajikan dalam bentuk ikan bakar dengan harga yang cukup bersahabat. Mulai kisaran Rp. 15.000 per porsi, tergantung jenis ikan dan metode memasaknya.

Persewaan ATV di Pantai Serang
Persewaan ATV di Pantai Serang

Pantai Serang Blitar memiliki bentang pantai yang cukup luas dan bikin males kalau harus jalan dari ujung ke ujung, persewaan ATV menjadi salah satu solusi untuk keliling kawasan pantai ini tanpa harus berjalan kaki. Untuk tarifnya sendiri aku kurang tahu karena lebih suka jalan kaki sambil rasan-rasan :D.

Parkiran motor tersebar di beberapa titik pantai serang Blitar. Parkiran mobil juga cukup luas dan sangat dekat dari pantai. Bisa menampung sampai ratusan mobil.

Akses internet di pantai serang Blitar ini belum begitu bagus, biasanya kita bisa mendapatkan sinyal di kawasan parkir mobil. Namun jangan khawatir, di warung-warung banyak yang sudah menyediakan internet gratis kok kalau makan di sana.

Kuliner di Pantai Serang

Meski tidak memiliki TPI (Tempat Pelelangan Ikan), ada banyak ikan segar yang tersedia di warung-warung Pantai Serang. Mayoritas menu ikan laut merupakan ikan bakar. Aku sudah pernah mencoba beberapa warung yang jualan di Pantai Serang, rata-rata makanan yang disajikan cukup enak kok.

Kuliner di Pantai Serang
Kuliner di Pantai Serang

Harga yang ditawarkan pun juga cukup masuk akal, sekitar 15 ribu untuk satu ekor ikan yang ukurannya lumayan besar. Ada baiknya bertanya terlebih dahulu sebelum memesan ikan. Di beberapa warung, kita bisa memilih ikan segar mana yang ingin kita santap.

Hanya saja, kita harus menunggu agak lama untuk pesanan ikan bakar. Maklum, proses pengolahan dari ikan segar ke ikan siap santap juga membutuhkan waktu. Untuk itu kita bisa bersantai sambil menikmati keindahan pantai serang sebelum menyantap makanannya.

Es kelapa muda atau es degan utuh dibandrol dengan harga antara 10 – 15 ribu saja. Cukup murah untuk sekelas destinasi wisata populer seperti pantai serang Blitar.

Event di Pantai Serang Blitar

Serang Culture Festival ke 5
Serang Culture Festival ke 5

Pantai Serang Blitar memiliki event tahunan yang menarik dan sayang kalau dilewatkan begitu saja. Event tahunan bertajuk Serang Culture Festival merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan di bulan September. Setidaknya event ini sudah berlangsung selama lima tahun.

Rangkaian kegiatan dalam Serang Culture Festival ini diantaranya ada festival layang-layang, festival patung pasir, pelepasan tukik, serang beach jazz festival, serang keroncong festival, serang barong festival, serang fishing festival

Kebetulan selama 5 tahun berjalanan, aku setiap tahun mlipir ke pantai serang. Nggak tau kenapa kok ya ternyata aku belum pernah menulis pantai serang di blog pribadi ini.

Tulisan ini aku buat setelah berkunjung ke Pantai Serang untuk melihat festival patung pasir yang diselenggarakan setiap tahunnya.

Waktu Terbaik ke Pantai Serang Blitar

sunset di Pantai serang
senja di Pantai Serang Blitar

Kapan waktu terbaik datang ke pantai serang? Akhir pekan merupakan salah satu waktu terbaik untuk pergi ke Pantai Serang Blitar. Namun apabila ingin menyaksikan momen matahari terbenan yang sempurna, bisa datang antara bulan Oktober – November. Karena di bulan tersebut, matahari terbenam tepat di laut sehingga tampak seperti pemandangan sunset di Bali.

Karena selain event serang culture festival, kita bisa menyaksikan matahari terbenam dengan sangat cantik di pantai ini. Bahkan dulu aku pernah melihat gerombolan lumba-lumba dari barat menuju timur. Sayangnya, saat itu cuma bawa kamera handphone yang nggak bisa menjangkau untuk mengabadikan fotonya. Tapi itu beneran cantik, karena bebarengan dengan sunset.

Akses dan Rute Menuju Pantai Serang Blitar

Akses utama menuju Pantai Serang Blitar dari Kota Blitar adalah melalui Kanigoro – Lodoyo – Panggungrejo – Pantai Serang. Adapun rute yang lebih detail dari kota Blitar melalui

  • Menuju ke Kanigoro yang berada di sebelah timur Kota Blitar
  • Perempatan lampu merah Kanigoro ambil rute ke selatan menuju ke Lodoyo / Sutojayan
  • Setelah melewati jembatan Glondong (Sungai Brantas) ambil ke kiri (satu arah) kemudian di pertigaan ambil ke kanan dan langsung ambil ke kiri lagi menuju ke Lodoyo
  • Sesampainya di perempatan lampu merah Lodoyo ambil rute ke kiri / timur menuju ke Panggungrejo
  • Setelah masuk desa Margomulyo, akan ada pertigaan dengan patung KB. Ambil rute ke kanan / ke selatan
  • Ikuti terus jalan utama melewati hutan dan perbukitan sebelum masuk ke Ds. Panggungrejo.
  • Setelah melewati Pasar Desa Panggungrejo, ada pertigaan dengan pohon besar di tengah, ambil jalan ke kanan sesuai petunjuk menuju ke Pantai Serang

Perjalanan dari Kota Blitar menuju pantai serang Blitar membutuhkan waktu antara 60 – 90 menit perjalanan. Kondisi jalan bisa dibilang cukup bagus, kecuali selepas pertigaan desa panggungrejo dan sebelum memasuki desa serang. Aspal bergelombang cukup mendominasi sehingga kendaraan nggak bisa ngebut.

Jika masih bingung dengan petunjuk arah yang sudah aku infokan di atas, lebih baik gunakan google maps untuk menuju ke Pantai Serang. Karena Google Maps sudah cukup akurat untuk mengantarkanmu ke pantai ini.

Apakah Bis Bisa ke Pantai Serang Blitar?

Untuk bis kecil dengan kapasitas penumpang standard . 30 orang sih masih bisa. Aku pernah melihatnya secara langsung beberapa kali. Sedangkan untuk bis besar, aku kurang tahu apakah bisa menuju ke pantai serang Blitar. Karena belum pernah melihatnya secara langsung.

Update: Aku pernah naik bis medium ke Pantai Serang. Videonya bisa dilihat di bawah ini

Dulu aku pernah bertanya kepada salah satu sopir bus pariwisata di Blitar ketika mau sewa bus. Apakah bus besar bisa sampai pantai Serang, kalau tidak musim tebu bisa. Itupun harus dengan pengawalan karena memang jalan menuju ke pantai serang bisa dibilang cukup sempit untuk ukuran bis besar.

Kalau ada pertanyaan seputar pantai serang Blitar, nggak perlu ragu untuk menuliskannya di kolom komentar ya, sebisa mungkin aku jawab.

Saya juga ada di Instagram facebook Twitter dan Youtube Suka menulis tentang blogging di panduaji.com

1 thought on “Menikmati Sunset di Pantai Serang Blitar”

Leave a Comment