Menjelajahi 19 Pantai di Blitar yang Indah

Last Updated on 3 months by panduaji

Mas, rekomendasi Pantai di Blitar dong!

Banyak teman yang bertanya padaku tentang pantai-pantai yang ada di Blitar. Sebagai salah satu kota di pesisir selatan pulau jawa, tidak heran kalau ada banyak sekali pantai di Blitar. Bahkan setelah lima tahun tinggal dan menjelajahi Blitar, belum semua pantai pernah aku datangi.

Pada kesempatan ini, aku mau menuliskan beberapa pantai di Blitar yang pernah aku datangi. Sehingga kalau ada teman yang tanya tentang pantai di Blitar, aku cukup membagikan link postingan blog ini. Kamu juga bisa melakukan hal yang sama apabila ditanya teman tentang daftar pantai di Blitar.

Pantai di bawah ini aku urutkan dari pantai paling barat sampai paling timur yang ada di Blitar. Jadi bukan urutan pantai paling bagus atau paling jelek ya. Setidaknya ada sekitar 17 pantai di Blitar yang pernah aku kunjungi. Tapi kalau kamu suka nongkrong, coba cek tempat nongkrong enak di Blitar yang menurutku harus kamu coba.

Pantai Pasur

Pantai Pasur Blitar
Pantai Pasur Blitar

Pantai Pasur merupakan pantai yang terletak di ujung barat wilayah Blitar. Pantai dengan kandungan pasir besi yang cukup baik dan pernah menjadi kawasan tambang pasir besi ini bisa dibilang panas ketika siang hari. Jangan coba-coba untuk berjalan tanpa alas kaki ketika siang hari di pantai ini, karena dapat membuat kaki melepuh.

Terbagi menjadi dua bagian, sisi barat dan timur. Sisi barat terdapat muara sungai yang cantik apabila proses penanaman di pantai ini sudah selesai. Sementara pengunjung bisa berkunjung di sisi timur pantai. Terdapat pepohonan cemara udang yang membuat kawasan ini rindang.

Ada beberapa warung yang sudah menjajakan makanan ringan. Tapi kalau ingin makan ikan bakar, pantai pasur bukan tempat yang cocok. Karena masih belum ada penjual ikan bakar di pantai ini. Fasilitas toilet juga sudah tersedia di pantai ini.

Akses jalan menuju ke pantai pasur bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Kondisi jalan sebenarnya cukup baik, hanya beberapa titik saja yang kondisi jalannya rusak. Elf long maupun bis kecil rasanya masih bisa kok menjangkau pantai ini.

Jarak tempuh dari pusat kota Blitar menuju ke pantai pasur yang terletak di Ds. Bululawang, Kec. Bakung ini sekitar 1 jam perjalanan lebih dikit. Sampai saat ini masih belum ada tiket masuk ke kawasan pantai ini. Jadi cuma bayar parkir aja.

Pantai Umbul Waru

Pantai Umbul Waru
Pantai Umbul Waru

Pantai umbul waru merupakan pantai yang memiliki pemandangan unik di Blitar. Pantai ini memiliki air terjun sekaligus kolam serasa infinity pool. Terdapat sebuah kolam yang mengalirkan air langsung ke laut dalam bentuk air terjun. Kamu bisa berfoto seperti di infinity pool atau berfoto dengan latar belakang air terjun yang langsung mengalir ke laut.

Sayangnya, untuk menuju ke pantai ini kamu butuh perjuangan ekstra. Pasalnya, akses jalan menuju ke pantai ini bisa dibilang cukup sulit. Hanya kendaraan roda dua saja yang mudah untuk mencapai pantai ini. Kendaraan roda empat masih agak susah untuk menjangkaunya, apalagi city car. Mending ditunda dulu.

Jangan datang ketika musim penghujan, karena kondisi jalan akan semakin parah dan menyulitkanmu. Selain itu, jangan turun ke bawah ketika air sedang pasang. Pantai akan hilang ketika ombak pasang, sehingga kamu cuma bisa menikmati keindahan air terjun dari atas saja.

Pantai Umbul Waru ini secara administratif terletak di Ds. Sidomulyo, Kec. Bakung, Kab. Blitar. Butuh waktu sekitar 90 menit dari Kota Blitar menuju ke pantai ini, karena jalannya cukup sulit yha.

Pantai Pangi

Pantai Pangi Blitar
Pantai Pangi Blitar

Pantai pangi merupakan pantai yang paling nyaman untuk kemping. Aku dulu suka kemping sambil mancing kepiting di pantai ini. Ada banyak yang kemping di sini ketika akhir pekan, aku juga pernah menikmati malam tahun baruan di pantai ini.

Pantai yang terletak di Ds. Tumpakkepuh, Kec. Bakung, Kab. Blitar ini memiliki akses jalan yang relatif mudah. Terkahir ke pantai ini hanya beberapa ratus meter saja jalan yang hancur. Selebihnya masih bisa dilewati lah. Meskipun begitu banyak kok pengunjung pantai ini yang datang rombongan bawa bus mini dan elf long.

Belakangan katanya akses jalan ke Pantai ini sudah dibenahi, sayangya aku masih belum sempat untuk update kondisi jalan menuju pantai pangi.

Untuk masuk ke pantai yang jaraknya sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Blitar ini, pengunjung perlu membayar tiket masuk sebesar Rp. 8.000 per orang.

Posisinya yang sedikit menjorok ke dalam membuat ombak di pinggir pantai ini relatif kecil dibandingkan ombak di pantai Blitar lainnya. Meskipun demikian, bentuk kontur dasar pantai yang memiliki batuan, ada baiknya berhati-hati ketika bermain air di pantai ini, karena bisa saja terseret sampai ke tengah.

Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo Blitar
Pantai Tambakrejo Blitar

Pantai paling populer dan terkenal di Blitar ini setiap minggunya dipadati ratusan bahkan sepertinya ribuan orang. Pantai dengan TPI (Tempat Pelelangan Ikan) paling besar di Blitar ini menyediakan aneka pilihan ikan laut segar maupun asap yang kata orang kota dibandrol dengan harga yang murah cuy!

Cocok untuk kamu yang ingin menikmati santapan ikan laut di pantai selatan Blitar. Warna pasir juga dominan warna putih yang cantik untuk berfoto. Kamu juga bisa naik perahu ke tengah dengan biaya Rp.15.000 per orang. Aku belum pernah mencoba naik perahu ini, hanya kata netijen yang ngetag Jelajah Blitar ketika pamer naik perahu di tambakrejo.

Di sisi barat pantai ini terdapat dermaga sekaligus bebatuan pemecah ombak yang instagramable untuk berfoto. Jadi bisa disimpulkan kalau Pantai Tambakrejo merupakan pantai yang paling ramai di Blitar.

Aku kurang tahu berapa tiket masuk ke pantai ini, terakhir bayar tiket sekitar tahun 2017. Kalau gak salah tiket masuknya cuma Rp.5.000. Kurang tahu kalau lagi kalau sekarang tiket masuknya berapa. Perjalanan menuju ke pantai ini butuh waktu sekitar 1 jam perjalanan dari kota Blitar.

Kamu bisa membawa kendaraan roda dua maupun empat ke pantai ini. Untuk bus besar, belum bisa dibawa menuju ke pantai ini. Bis mini dan elf bisa kok mencapai pantai ini. Aku kemarin lihat.

Fasilitas di pantai tambakrejo juga sudah komplit, semua kebutuhan wisata pun ada. Cari homestay dekat pantai Tambakrejo Blitar juga ada. Cuma kau belum pernah masuk, sepertinya langsung datang ke rumah-rumah bertanda homestay sudah cukup untuk menginap di pantai tambakrejo ini.

Secara administratif, pantai tambakrejo berada di Desa Tambakrejo, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar.

Pantai Pasir Putih Tambakrejo

Pasir Putih Tambakrejo Blitar
Pasir Putih Tambakrejo Blitar

Pantai pasir putih tambakrejo merupakan pantai yang berada di sebelah timur pantai tambakrejo. Pantai ini biasanya dikenal dengan pantai gondomayit, padahal sebenarnya pantai gondomayit merupakan pantai yang ada di sebelah timurnya.

Pantai tambakrejo dan pasirputih ini dipisahkan sebuah bukit yang cukup tinggi. Ada banyak menu ikan murah meriah di pantai pasir putih tambakrejo ini. Seporsi ikan bakar plus nasi cuma dibandrol dengan harga Rp.15.000. Sedangkan untuk es degan utuh berukuran sedang dibandrol dengan harga Rp.10.000

Meski pilihan ikan nggak sebanyak yang ada di pantai tambakrejo, ikan salem bakar tetap enak kok untuk dinikmati di pinggir pantai dengan es degan. Apalagi kalau makannya yang tersayang.

Kemarin untuk masuk ke pantai ini HTMnya Rp.7.000, sedangkan untuk hari biasa nggak pernah ada yang jaga parkirannya sih. Mobil bisa sampai ke pantai, kemarin bahkan ada bus kecil kapasitas 30an orang yang parkir di pantai ini juga.

Selain bisa menikmati makan di pinggir pantai, kalau mau nyepi bisa mlipir ke pantai pasetran gondomayit yang ada di sebelah timurnya. Waspada ketika bermain air di pantai ini, selain ombaknya yang cukup besar ada bulu babi yang berbahaya kalau tertusuk di kaki. Jadi tetap waspada ya, ada banyak bulu babi di sini.

Pantai Pasetran Gondomayit

Pantai Pasetran Gondomayit Blitar
Pantai Pasetran Gondomayit Blitar

Pantai Pasetran Gondomayit merupakan pantai kecil yang ada di sebelah timur pantai pasir putih tambakrejo. Dipisahkan dengan sebuah bukit dengan pesanggrahan di atasnya. Pantai ini punya banyak versi legenda yang nggak akan aku tulis di sini.

Dengan pasir berwarna putih dan ombak biru laut yang cantik membuat aku senang dengan suasana di pantai ini. Ada batuan karang yang menonjol di pantai yang cukup iconic dan cakep kalau ombak sedang pasang yang membentur batuan karang yang menjorok ini.

Fasilitas kamar mandi, warung makan dan sebagainya bisa mlipir ke Pantai Pasir Putih Tambakrejo. Karena di pantai pasetran gondomayit ini tidak ada warung dan fasilitas penunjang lainnya. Namun jaraknya cukup dekat dengan pantai pasir putih.

Mungkin ini bisa jadi jawaban, kenapa tugu beton nama pantai adalah pantai pasir putih, bukan pantai gondomayit. Karena pantai gondomayit ini terletak di sebelah timurnya.

Pantai Jebring

Pantai Jebring Blitar
Pantai Jebring Blitar

Pantai Jebring memiliki batu karang dengan bentuk yang iconic. Buat yang sudah terbiasa pergi ke pantai yang ada di Blitar. Mungkin akan langsung tahu kalau ini merupakan batuan yang ada di pantai Jebring.

Pantai yang terletak di Ds. Ngadipuro, Kec. Wonotirto ini merupakan satu dari sepuluh pantai di desa ini. Sama dengan pantai pasur, pantai Jebring ini memiliki pasir hitam yang mengandung bijih besi. Bahkan dulu, kawasan ini juga pernah menjadi tambang pasir besi dengan kualitas wahit.

Di sebelah barat pantai ini terdapat muara sungai yang sedang dalam proses penghijauan kembali. Sehingga nantinya ketika sudah hijau pemandangan yang ditawarkan di muara sungai ini selain cantik juga bisa bermanfaat untuk menghijaukan alam.

Sebenarnya, ketika mengambil gambar melalui drone ada gugusan pulau kecil di sisi baratnya. Sayangnya pemandangan ini belum bisa dinikmati dari pantai Jebring.

Akses menuju ke Pantai Jebring bisa termasuk dalam kategori medium ke sulit. Akses jalan bisa dibilang cukup rusak untuk menuju ke pantai. Meskipun begitu, mobil bisa menjangkaunya. Hanya saja kalau terlalu ceper mungkin akan tersangkut di bebatuan. Jadi aku sarankan untuk menghindari pemakaian mobil kota-kota untuk menjelajah ke sini.

Gunakan mobil yang cukup tinggi untuk memastikan bahwa mobil tidak tersangkut dengan bebatuan makadam yang menemani perjalanan menuju ke pantai ini. Butuh waktu sekitar 90 menit perjalanan dari Kota Blitar untuk menuju ke pantai Jebring ini.

Sampai saat ini belum ada fasilitas apapun di pantai jebring, sepertinya ada beberapa penjual di akhir pekan. Karena waktu aku terakhir kali ke sana, belum ada penjual sama sekali. Ada beberapa gubuk jualan namun nggak jualan di hari biasa.

Di sebelah timurnya, terdapat pantai princen yang hanya bisa diakses dari Pantai Jebring ketika air surut. Tidak disarankan bermain air di pantai Jebring karena ombak di pantai ini besar dan langsung menghadap samudera hindia.

Pepohonan cemara udang di pantai Jebring juga sudah cukup tinggi, sehingga cukup nyaman untuk duduk bersantai di bawah pepohonan yang rindang sembari ngobrol bersama teman-teman ditemani deburan ombak dan angin laut.

Pantai Princen

Pantai Princen Blitar
Pantai Princen Blitar

Pantai Princen ini berada di sebelah timur pantai jebring. Setauku aksesnya hanya bisa dilalui dari pantai jebring ketika gelombang laut surut. Ada sebuah tebing cukup tinggi yang memisahkan pantai Jebring dan Princen. Kalau mau nekat datang ke pantai ini ketika pasang mungkin bisa menuruni bukit pemisahnya.

Ada semacam goa kecil di pantai princen yang sampai saat ini belum aku datangi. Aku terakhir mengakses pantai ini ketika pertama kali ke Pantai Jebring pada tahun 2015. Setelah itu ketika main ke pantai ini cuma keliling di pantai jebring saja.

Pantai Wedi Ireng

Pantai Wedi Ireng
Pantai Wedi Ireng

Pantai wedi ireng ini berada tidak jauh dari Pantai Jebring, tidak jauh juga dari pantai Keben. Lokasinya agak nylempit sehingga nggak begitu kelihatan kalau nggak berhenti. Perlu sedikit jalan dari tempat terakhir memarkirkan motor untuk turun ke pantai ini.

Aku dulu ke pantai ini karena pengin ke pantai keben tetapi nggak keturutan. Udah hopeless ketika berusaha menuju ke pantai keben ketika musim hujan, tanpa bekal dan ada truk tebu yang sedang panen. Pantainya kecil, pasir berwarna hitam dan cukup kotor dengan sampah organik.

Pantai Keben

Pantai Keben Blitar
Pantai Keben Blitar

Pantai keben bisa dikategorikan merupakan pantai yang masih perawan. Akses masih sulit dan belum ada fasilitas apapun di pantai ini. Cocok untuk mereka yang suka menjelajahi medan yang cukup sulit. Hindari datang ketika musim hujan maupun musim panen tebu, karena akses jalannya cukup sulit.

Apakah mobil bisa sampai pantai ini? Tentu bisa dengan catatan bukan city car yang ceper. Butuh mobil yang tinggi macam jeep untuk bisa menjangkau pantai ini. Apabila musim panen tebu, urungkan datang dengan mobil, karena banyak jalan yang tertutup truk panen tebu.

Bentan pantainya tidak terlalu luas, namun memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Masih bersih, sepi sehingga tidak heran kalau banyak teman-teman yang mengatakannya sebagai pantai pribadi. Bentuk pantainya mirip dengan pantai pangi, yang membedakan jarak dari samudera yang tidak sejauh pantai pangi.

Pantai Pudak

wisata pantai pudak di Blitar
wisata pantai pudak di Blitar

Pantai Pudak sebelas dua belas dengan Pantai Keben. Keduanya pantai yang cantik. Jalan menuju pantai pudak juga bisa dibilang mengerikan. Bebatuan penuh makadam yang cukup untuk membuat mobil maupun motor tersangkut.

Pasir di pantai pudak ini putih bersih, warna lautnya juga cakep seperti di pasetran gondomayit. Namun sama dengan pantai keben, belum ada fasilitas apapun di pantai pudak ini selain pemandangan yang mengagumkan. Untuk saat ini, pantai di desa ngadipuro memang cocok untuk mereka yang suka berpetualang di jalanan sulit.

Ada sebuah batu agak menjorok ke tengah laut yang menjadi icon di pantai pudak. Seperti foto yang aku lampirkan di atas.

Perjalanan menuju ke pantai ini antara 90 – 120 menit, mengingat medan yang bisa dibilang masih cukup sulit. Setidaknya sampai saat ini belum ada pantai di desa Ngadipuro yang cocok untuk dilalui mobil kota macam avansa. Mending naik motor saja.

Pantai Dung Dowo

Pantai Dung Dowo
Pantai Dung Dowo

Masih terletak di Desa Ngadipuro, Pantai Dung Dowo ini memiliki tipikal pantai yang sempit. Bahkan ketika pasang, enggak ada pantai yang bisa sekadar digunakan untuk bersantai. Kalau mau piknik, mending mlipir ke timur sedikit untuk mencapai ke Pantai Bakung.

Pantai Bakung

Pantai Bakung Blitar
Pantai Bakung Blitar

Pantai Bakung di Desa Ngadipuro ini memiliki bentang pantai yang cukup luas dengan pasir di sebelah barat dan batu di sebelah timurnya. Pemandangannya juga cukup identik dengan Pantai Pudak dengan batu karang di tengah laut.

Kamu juga bisa camping asyik di Pantai ini meski nggak ada sumber mata air, kalau cuma semalam kamu bisa bawa cukup banyak air untuk ngopi dan memasak.

Pantai Serit

Pantai Serit Blitar
Pantai Serit Blitar

Mungkin belum banyak yang familiar dengan nama pantai serit, karena memang pantai serit ini belum begitu populer. Lokasinya berada di sebelah barat pantai serang dan belum ada akses memadai untuk mencapai pantai ini merupakan salah satu alasan pantai ini belum populer.

Ada sebuah icon batu mirip bentuk bangunan yang tampak dari pantai serit ini. Bahkan sampai saat ini masih menjadi misteri untukku. Ada muara sungai di sebelah barat pantai serit ini. Akses untuk menuju ke pantai ini dengan melalui dua bukit di sebelah barat pantai Serang.

Pantai serit ini masih sepi, warna pasirnya kecoklatan. Beda jauh dengan pantai serang yang cenderung dominan kehitam-hitaman. Belum ada fasilitas apapun di pantai serit ini, jadi kalau ke sini paling ya cuma foto-foto sambil menikmati pemandangan pantai yang masih sepi.

Justru pemandangan dari perbukitan pantai ini cukup cantik lho.

Pantai Serang

Sunset di Pantai Serang Blitar
Sunset di Pantai Serang Blitar

Pantai serang di Blitar ini merupakan salah satu primadona baru. Masuk dalam triangle diamond pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah kabupaten Blitar. Bisa dibilang Pantai Serang merupakan pantai yang memiliki event paling banyak seantero Blitar.

Setiap bulan September ada yang namanya Serang Festival. Rangkaian kegiatan diselenggarakan di pantai ini sehingga jangan heran kalau mulai banyak pengunjung yang datang ke pantai serang setiap harinya. Meskipun begitu, masih sama dengan kebanyakan pantai di Blitar. Hanya ramai ketika weekend saja. Hari biasa ya biasa aja sih.

Salah satu yang ngangenin dari Pantai Serang adalah senjanya yang syahdu. Pepohonan cemara udang yang ada di pinggir pantai juga bisa menjadi tempat berteduh paling nyaman dengan semilir anginnya. Bahkan syuting webseries Yakin Nikah Season 3 juga ada di pantai ini. Gak salah kalau menobatkan pantai serang menjadi pantai dengan sunset terindah di Blitar.

Pantai serang juga cocok kok buat camping bersama teman-teman. Ngobrol ngalor-ngidul menghabiskan malam dengan bebunyian alam. Bangun pagi disambut deburan ombak yang dan angin laut sepoi-sepoi. Udah kaya di buku pelajaran Bahasa Indonesia waktu SD dulu

Pantai Maesan Padang

Pantai Maesan Padang
Pantai Maesan Padang

Pantai Maesan Padang ini memang kurang populer untuk menjadi sebuah tempat wisata di Blitar, karena sebenarnya pantai ini merupakan pantai untuk para nelayan di Pantai Serang. Terletak di sebelah timur Pantai Serang dengan bentang pantai yang cukup sempit. Sehingga aman untuk meletakkan perahu di pantai ini.

Pantai Pasir Putih Sumbersih

Pantai Pasir Putih Sumbersih
Pantai Pasir Putih Sumbersih

Pantai Pasir Putih Sumbersih sering disebut dengan pantai peh pulo, entah siapa yang memulai penamaan ini. Mirip dengan pantai pasir putih tambakrejo. Bedanya, kalau pasetran gondomayit dan pasir putih tambakrejo jaraknya tinggal satu bukit sedangkan pasir putih sumbersih ke pantai peh pulo masih agak lumayan, sekitar 500an meter.

Akses jalan ke pantai pasir putih sumbersih ini bisa dibilang relatif mudah. Jalan dari desa terakhir menuju ke pantai sudah dalam bentuk cor sehingga siapapun bisa mencapai pantai ini dengan mudah. Baik kendaraan roda dua hingga elf long pun bisa mencapainya. Dapat ditempuh dari Kota Blitar sekitar 90 menit perjalanan.

Terakhir kali pergi ke pantai ini belum ada tiket masuk. Hanya bayar parkir aja. Fasilitas kamar mandi juga sudah ada kok. Pemandangan indah bisa dilihat dari tebing sisi barat pantai ini. Jika ingin menuju ke pantai peh pulo yang sebenarnya bisa mlipir ke melintasi bukit di sebelah timurnya.

Meski di pinggir pantai pasirnya berwarna putih, ketika surut akan nampak bebatuan karang yang mendominasi pinggiran pantai ini. Mirip dengan pasir putih tambakrejo. Belum ada penjual seafood di pantai pasir putih ini, jadi kalau niatnya cari seafood mending ke pantai tambakrejo, pasirputih tambakrejo, pangi maupun jolosutro.

Rute menuju ke pantai ini cukup mudah kok. Ikuti rute ke pantai serang sampai di desa panggungrejo. Ambil jalan lurus di pertigaan beringin besar. Ikuti jalan utama terus sampai menemukan papan petunjuk menuju ke pantai peh pulo. Papan petunjuk ini ada di hampir semua percabangan jalan menuju ke pantai. Kalau ragu bisa tanya ke penduduk sekitar.

Pantai Peh Pulo

Pantai Peh Pulo Blitar
Pantai Peh Pulo Blitar

Pantai Peh Pulo terletak di sebelah timur pantai pasir putih sumbersih, aku dulu ketika datang ke pantai ini parkir motor di atas dan turun dengan berjalan kaki. Pasir putih yang lembut, pemandangan laut ala raja ampat dengan gugusan kepulauan kecil yang cantik. Kalau di sini, pulau celeng nama pulau paling besar.

Pandan laut di pantai peh pulo cukup besar, sehingga bisa menjadi tempat untuk berteduh yang nyaman. Seingetku gak ada fasilitas apapun di pantai peh pulo ini. Penjual pun nggak ada. Jadi ada baiknya untuk membawa bekal dari rumah ketika ingin piknik ke pantai peh pulo

Pantai Jolosutro

Pantai Jolosutro Blitar
Pantai Jolosutro Blitar

Pantai Jolosutro ini terletak di Ds. Ringinrejo, Wates, Kab. Blitar. Pantai di ujung timur Blitar ini memiliki bentang pantai paling luas seantero Blitar. Lebih dari 1 kilometer lho. Akses jalan menuju ke pantai ini juga bisa dibilang relatif mudah meski cukup sempit. Sudah aspal semua. Pemandangan selama perjalanan menuju pantai juga cakep.

Pantai Jolosutro merupakan pantai yang menjadi tempat mlasti umat hindu yang ada di Blitar dan sekitarnya. Dengan pasir pantai yang hitam membuat pantai ini cukup panas ketika dikunjungi siang hari. Namun pepohonan cemara udang yang sudah rimbun membuat suasana di pinggir pantai lebih sejuk dengan angin sepoi-sepoi yang berhembus.

Ada warung seafood yang meneyajikan aneka menu ikan laut meski jumlahnya terbatas. Terakhir pergi ke pantai ini, aku menikmati satu gurita bakar bersama teman-teman yang dibandrol dengan harga Rp.50.000. Fasilitas di pantai ini juga sudah lengkap kok, ada banyak kamar mandi yang tersedia.

Tiket masuk ke pantai jolosutro ini kalau nggak salah sekitar 5 ribu rupiah.

Banyak Pantai di Blitar

Lha kok ternyata ada banyak sekali pantai di Blitar yang sudah pernah aku jelajahi. Meski belum semua pernah aku datangin. Ingat, nggak ada pantai yang dekat dari stasiun Blitar. Nggak ada juga angkutan umum dari stasiun ke pantai. Ada baiknya bawa kendaraan pribadi kalau mau pergi ke pantai yang ada di Blitar. Kalau naik kereta, mending kamu jalan-jalan ke tempat wisata dekat stasiun Blitar aja.

Jika ditanya pantai favorit, aku cukup bingung. Karena setiap pantai punya keunikan yang berbeda. Kalau pengen camping aku mungkin pilih ke pantai pangi atau pantai serang. Kalau cari seafood bisa mlipir ke tambakrejo, pantai serang juga bisa. Kalau pengin gurita ya langsung ke pantai jolosutro. Kalau ingin bersantai paling bisa ke pantai pasur.

Kalau kamu mau bertanya tentang pantai yang ada di Blitar, kamu bisa tulis di kolom komentar yang udah aku sediakan di bawah ini ya!

Bantu sebarkan informasi Pantai di Blitar ini ke media sosialmu, biar banyak yang tahu kalau Blitar punya banyak pantai yang indah!

Previous

Nyoba Naik MTrans, Bus Malam Bali Blitar Super Nyaman

Nandur Pangerten Kunci Sukses Pelestarian Lingkungan

Next

Saya juga ada di Instagram facebook Twitter dan Youtube Suka menulis tentang blogging di panduaji.com

3 thoughts on “Menjelajahi 19 Pantai di Blitar yang Indah”

Leave a Comment