Salah satu fitur Blender yang sangat membantu dalam modeling adalah background image, dengan background image kita bisa melakukan modeling dan melihat gambar referensi dalam waktu bersamaan. Dengan begitu kita bisa ngeblat atau trace background tersebut.
Teman-teman sering mengeluhkan background gambarnya tidak muncul di 3D view. Ada banyak parameter yang digunakan untuk menampilkan background image, salah satunya tampilan HARUS menggunakan view atau sudut pandang ORTHO. Berikut penjelasan tentang fitur-fitur yang ada pada background image di Blender.
Background Images
Background Image Axis
Fitur yang digunakan untuk mengatur dari sudut pandang mana saja kita dapat melihat background. Salah satu hal yang mutlak untuk menampilkan bacgkround image adalah sudut pandang Ortho. Pada sudut pandang perspektif background gambar tidak akan muncul. Untuk memindah tampilan sudut pandang dari ortho ke perspektif maupun sebaliknya adalah dengan menekan numpad 5.
pilihan view pada background image
Kadang kita butuh gambar referensi yang menampilkan tampak depan, samping, atas, dll. Kita bisa mengatur gambar sesuai dengan kebutuhan. Katakanlah sebuah gambar referensi yang didalamnya ada tampak depan dan samping. Kita bisa tambahkan 2 background image dengan gambar yang sama. Dimana background pertama kita posisikan objek untuk tampak depan sedangkankan untuk background yang kedua kita posisikan objek untuk tampak samping. Pengaturan posisi background akan dijelaskan di bawah.
background image view
Image atau Movie Clip
Background image selain digunakan untuk modeling, terkadang juga saya gunakan untuk video referensi saat membuat sebuah animasi. Untuk menambahkan video sebagai background image tinggal tekan tab movie clip.
Background Gambar dan Video
Oppacity
Berguna untuk menebalkan atau menipiskan gambar background. Semakin besar nilainya, gambarnya akan semakin jelas. Sedangkan jika semakin kecil nilainya, gambar akan semakin tipis dan transparan. Berikut contohnya
Oppacity background gambar
Back dan Front
Merupakan posisi background terhadap objek. Jika kita pilih Back, background image akan ada di belakang objek. Sedangkan jika kita pilih Front, background image akan ada di depan objek. Berikut perbedaan pilihan back dan front
Back dan Front Background Gambar
Stretch, Fit dan Crop
Merupakan opsi peletakan gambar dari sudut pandang kamera.
Stretch: Membuat gambar seukuran sudut pandang kamera meski itu memperbesar gambar dan membuat gambar background tidak proporsional
Fit: Membuat gambar berada pada proporsi yang sebenarnya, meski di bagian kanan atau atas ada ruang kosong.
Crop: Gambar dibiarkan melebar melebihi sudut pandang kamera.
Background gambar Stretch, Fit dan Crop
Posisi X dan Posisi Y
Merupakan opsi yang digunakan untuk mengatur posisi gambar pada 3D view. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mengatur berbagai sudut pandang pada sebuah objek. sehingga posisi ketika view depan objek berada pada gambar depan, dan apabila view samping objek berada pada gambar samping. X merupakan posisi ke horizontal, sedangkan Y merupakan posisi vertikal.
background dengan posisi X dan Y
Size
Merupakan opsi yang digunakan untuk mengatur besar kecilnya ukuran gambar pada 3D View. Namun sesuaikan besar kecilnya sesuai dengan kebutuhan dan resolusi gambar. Berhati-hatilah jika resolusi gambarnya kecil kita besarkan, gambar tersebut akan terlihat pecah.
Semoga teman-teman bisa paham dengan apa yang saya jabarkan diatas, sehingga dapat menambahkan background image dan mengatasi masalah background image pada Blender untuk mulai melakukan modeling maupun animasi :D. Semoga bermanfaat
Leave a Comment