panduaji

Kategori: Uncategorized

Tutorial Dasar Eclipse

Diperbarui:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut. Komisi ini membantu kami membiayai keberlangsungan blog ini.

Eclipse adalah salah satu software open source yang belakangan sering saya buka, karena ada mata kuliah visual programming. Kenapa saya memilih eclipse? Bukan hanya karena eclipse yang digunakan di kampus, namun juga karena eclipse relatif lebih ringan dibandingkan Netbeans yang juga digunakan untuk pemrograman java. Saya sendiri heran kenapa sudah dikenalkan dengan java, padahal tidak ada basic pemrograman C. Langsung OOP.
Mungkin saya telat dalam memposting ini, karena sebelumnya saya sudah membuat tutorial untuk menggunakan eclipse sebelum mengenalkannya terlebih dahulu.
Saat pertama kita buka eclipse, akan muncul sebuah splash screen yang kemudian dilanjutkan untuk memilih workspace, mungkin sebagian orang bertanya, apa itu workspace? Workspace adalah folder yang kita gunakan untuk meyimpan bermacam-macam project dengan eclipse, oleh karena itu saya sarankan meskipun memiliki banyak sekali project, namun tetap dalam satu folder. Sehingga ketika membuka eclipse tidak perlu mengatur workspace yang digunakan. wasting time.
Tutorial Dasar Eclipse 1
user interface eclipse
Sebelum mengnal lebih jauh, saya akan memperkenalkan sedikit tentang interface eclipse.
  1. Package Explorer, merupakan jendela yang menampilkan project-project yang sudah kita buat dalam sebuah workspace. Jendela ini layaknya exlpore pada sistem operasi windows, yang berguna untuk mengexplore project yang ada dalam sebuah workspace
  2. Java Editor, merupakan jendela yang menampilkan coding java yang sedang kita kerjakan. Dari sini kita mengetikkan perintah-perintah dalam syntax java untuk membuat sebuah aplikasi.
  3. Console, merupakan jendela yang menampilkan hasil output dari aplikasi yang kita buat. Agar hasil outputnya mau berjalan, tekan RUN pada toolbar. Jika yang munculm error, berarti aplikasi yang kita buat memang memiliki error, dan console ini akan menunjukkan dimana letak errornya.
  4. Toolbar, berisi shortcut perintah dalam bentuk icon. Seperti create new (project, folder), create new visual classes (GUI with Swing), Save, Run, Create new package, Create new class dan masih banyak lagi
Setiap kita membuat sebuah project, secara otomatis ecplipse akan membuatkan folder untuk project tersebut. Berikut beberapa penulisan yang sering dan dianjurkan untuk digunkaan dalam penulisan coding java.
Project dan Class:
  • Selalu diawali dengan huruf besar
  • Tidak menggunakan spasi
  • Tidak dimulai dengan angka
  • Jika lebih dari satu kata, tiap awal kata dengan huruf besar. Contoh: AplikasiKalkulator
Method:
  • Selalu diawali dengan huruf kecil
  • Tanpa menggunakan spasi
  • Jangan diawali dengan angka
  • Jika lebih satu kata untuk kata kedua dan selanjutnya diawali dengan huruf besar. Contoh: getAngkaAplikasiKalkulator
Mungkin sedikit tidak nyambung karena saya sendiri juga bingung bagaimana menjelaskan dasar-dasar eclipse. Karena itu luas dan saya belum memiliki cukup waktu untuk mengerjakannya ditengah-tengah aktivitas kuliah.
Shopee Lovember

15 thoughts on “Tutorial Dasar Eclipse”

  1. Next, edit the project.properties file in your project and add the
    line:
    android.library.reference.1

    Nah kalo ini maksudnya bagamana gan?

    Reply
  2. menurut pemahaman saya, itu berarti perlu menambahkan android.library.reference di dalam project.properties

    maaf kalau salah, saya belum pernah otak-atik android. hehehe

    Reply
  3. Saya mau tanya, apa penyebab koding di eclipse selalu error dan tidak mau jalan di laptop saya?
    Soalnya ketika saya coba di laptop dan pc lain tidak ada masalah?
    Mohon pencerahannya?

    Reply
  4. saya mau tanya,kok koding eclipse dilaptop saya selalu error dan tidak mau di run?
    Ketika saya coba di laptop dan pc lain tidak ada masalah?
    Mohon pencerahannya

    Reply

Leave a Comment