Memulai Belajar Blender

Kamis, Agustus 09, 2012

Mulai belajar Blender dari mana? Itulah pertanyaan yang lumayan sering saya dengar. Mulai dari teman kuliah, kenalan bahkan yang berkirim email. Banyaknya yang bertanya sedemikian rupa akhir-akhir ini membuat saya semakin ingin untuk segera posting tulisan ini, meski memang sebelumnya sudah ada di waiting list tulisan.

Jika ditanya bagaimana memulai belajar Blender, saya sendiri tidak tahu urutang yang benar. Yang pasti sebelum kita mulai belajar sesuatu, kita harus mengenali apa yang akan kita pelajari tersebut. Dalam kasus ini adalah Blender, jadi sebelum kita belajar kita harus tahu apa itu Blender, Fungsinya apa saja. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, Blender adalah salah satu software multimedia open source. Untuk mempelajarinya, pertama-tama kita harus mempelajari navigasinya.
Organic Modeling
Organic Modeling
Navigasi itu penting sekali untuk memudahkan kita menghafal cara-cara kerja dari software itu sendiri. Sehingga secara tidak langsung membantu pemahaman kita tentang sistem kerja sebuah softaware. Karena semua software 3D pada dasarnya memiliki konsep yang sama, yang membedakan hanyalah NAVIGASInya. Jika ingin beralih software, tentu kita akan belajar lagi tentang NAVIGASI.

Setelah menguasai navigasi kita bisa belajar apa saya yang kita inginkan. Fokuslah belajar apa yang disukai terlebih dahulu. Jika masih bingung apa yang disukai, silakan coba untuk mempelajari fitur-fitur dari software tersebut hingga akhirnya menemukan sesuatu yang disukai.
Mechanic Modeling
Mechanic Modeling
Menurut saya, kesalahan banyak pemula adalah, ketika ia melihat sesuatu yang WOW, KEREN, dsb mereka langsung ingin membuat seperti itu. Jarang yang menganalisa dengan sangat detail apa saja yang dibutuhkan untuk membuat itu semua. Mungkin karena generasi ini memang terdidik sebagai generasi INSTANT, sehingga apapun yang dilihatnya merupakan sesuatu yang bisa didapatkan dengan mudah.

Jika memang ingin membuat sesuatu yang WOW, analisalah, apa saja yang dibutuhkan untuk membuat hal seperti itu. Misal Animasi tulisan transformer yang beberapa waktu lalu ditanyakan oleh seorang teman melalui email. Untuk membuatnya yang perlu kita pelajari kurang lebih: Modeling, Animation, Material dan Texturing, Compositing. Jadi jika ingin menguasai cara pembuatannya sesuatu yang sudah kita inginkan, FOKUS belajar pada apa saja yang DIBUTUHKAN. Untuk membuat animasi logo transformer belum perlu mempelajari sclupting, projection painting, rigging. Jadi simpan dulu keinginan untuk mempelajari itu.
Modeling Logo SNMPTN Ads
Modeling Logo  ~ SNMPTN Ads
Memang saat belajar banyak sekali keinginan untuk belajar lebih, banyak fitur-fitur yang menarik kita kenal saat proses belajar, namun ada baiknya untuk ditahan sementara demi mengejar apa yang diinginkan. Seperti halnya puasa yang menahan sampai magrib untuk berbuka :D. Dengan begitu belajar kita untuk membuat animasi logo transformer bisa efektif dan tepat sasaran. Setelah animasi logo tersebut jadi, baru kita mulai belajar yang lain.

Tapi jika masih bingung urutan belajar Blender, silakan coba beberapa urutan di bawah ini.

  1. User Interface / Navigasi : Untuk awal, pelajari saja UI yang ada secara default. Jangan yang aneh-aneh dulu :D. Penting untuk mempermudah kita menggunakan fitur-fitur yang ada pada sebuah software.
  2. Mechanic Modeling: Merupakan modeling dasar yang berupa alat-alat mekanik seperti roda, bulpen, lemari, pintu. Atau bisa dibilang modeling benda mati lah. Ini merupakan modeling-modeling dasar yang mempermudah kita dalam mengenal konsep modeling dan mengetahui fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan
  3. Organic Modeling: Merupakan modeling menengah yang berupa modeling karakter atau benda-benda hidup. Seperti manusia, hewan dan lain sebagainya. Untuk awal memang sulit, dalam tahapan ini kita juga dituntut untuk belajar topologi tubuh sehingga menghasilkan model yang bagus.
  4. Terserah mau belajar apalagi, biasanya jika sudah sampai tahap modeling organic kita tahu apa yang perlu dipelajari. Semisal texturing untuk memberi tekstur pada modeling kita, kalau nggak gitu belajar rigging agar karkter kita bisa digerakkan, atau yang lain.
Organic Modeling
Organic Modeling
Kalau saya, pertama kali belajar Blender adalah modeling buah durian seesuai tutorial yang ada di blognya mas Budip. Setelah itu belajar modeling yang bisa dibilang geje. Hingga akhirnya mengenal yang namanya game engine. Lalu saya buat sebuah game labirin dan piano yang saat ini bisa di download secara gratis. Setelah itu belajar video editing, kemudian baru mulai belajar modeling dsb. Saya belajar dengan urutan seperti itu karena ada tuntutannya tugas sekolah sih :D.
Komunitas Blender Indonesia
Komunitas Blender Indonesia
Selamat mencoba belajar Blender :D, jika ada kesulitan langsung kirimkan pertanyaan saja di http://forum.blenderindonesia.org dengan permasalahan yang detail. Jangan bertanya bagaimana cara membuat transformer lo ya :D. Coba dulu saja jika mengalami kesulitan bisa diposting. Jangan bertanya sebelum mencoba :D.
Blender Indonesia
Blender Indonesia


You Might Also Like

2 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe