Tutorial Blender Custom Shape Rig

Jumat, Februari 28, 2014

Saya sudah lama tidak menulis tutorial Blender, pada kesempatan ini saya mau nulis sebuah tutorial yang sering ditanyakan oleh beberapa adik kelas. Tutorial ini berawal dari pertanyaan, Bagaimana sih membuat rigging menjadi bentuk-bentuk yang diinginkan? Sebenarnya saya sudah pernah menuliskan tutorial ini sebelumnya, coba cek di tulisan yang berjudul Custom Shape Rig. Setelah membaca ulang tulisan tersebut memang gak jelas banget. Untuk itu saya mau menuliskannya lagi dengan penjelasan yang lebih manusiawi

Untuk teman-teman yang masih bingung penjelasan diatas, berikut screenshot custom shape rig yang pernah saya buat untuk sebuah proyek animasi.
Custom Shape Rig
Custom Shape Rig

Fungsi Custom Shape Rig

Custom shape rig merupakan sebuah metode modifikasi bentuk rigging dengan bentuk shape. Entah ini benar atau salah, namun menurut pendapat pribadi saya memang begitu. Dengan adanya custom shape rig, kita dapat merubah bentuk kontroler rigging sesuai dengan kegunaan masing-masing. Sehingga diaharpkan dapat memudahkan animator dalam melakukan proses animasi.

Catatan: Custom shape rig bukanlah teknik rigging. Hanya modifikasi visualisasi rigging. Sehigga rigging tidak lagi berbentuk tulang / bone namun berbentuk shape yang sudah kita atur sebelumnya.

Cara Membuat Custom Shape Rig

Pada tulisan ini saya tidak akan menuliskan tutorial rigging, karena saya fokus hanya pada pembuatan tutorial custom shape rig. Saya asumsikan teman-teman sudah memiliki sebuah objek dengan riggingnya. Sehingga tinggal menggunakan custom shape rig ini untuk mengubah visualisasi / penampilan rigging.

Axis Bone

Sebelum membuat custom shape rig ada yang perlu diperhatikan, yaitu axis dari bone bukan armature. Bone merupakan potongan-potongan tulang pada armature. Sedangkan armature adalah kumpulan bone. Jadi lihat axis dari BONE. Untuk melihatnya bisa cek screenshot di bawah ini

Menampilkan Axis Bone
Menampilkan Axis Bone
Setelah mengetahui axis dari bone yang ingin dirubah tampilannya menjadi shape sesuai keinginan kita, sekarang kita buat shape untuk menggantikan tampilan bone tersebut. Buat sesukamu, saya biasanya menggunakan sebuah plane dan menghilangkan face yang ada.

Mungkin sebagai referensi kamu bisa melihat custom shape yang saya buat pada gambar di bawah ini

contoh shape
contoh shape
Untuk memudahkan dalam penggunaannya, gunakan nama shape yang bisa dengan mudah diingat, terutama untuk kamu yang melakukan rigging. Kalau untuk animatornya mungkin memerlukan nama bone yang jelas sesuai dengan fungsinya.

Axis Shape

Setelah membuat shape sesuai dengan bentuk yang diinginkan, pastikan susunan axis dari shape dan bone yang sudah kita buat sebelumnya sama. Kalau tidak sama, akan berdampak pada saat menggerakkan kontroler. Gerakan tidak sesuai dengan arah yang kita tentukan.

Axis shape dan bone
Axis shape dan bone

Cara Memutar Axis Shape

Tidak semua shape yang dibuat untuk mengubah visualisasi memiliki axis yang sama. Kita perlu sedikit memanipulasi rotasi untuk mengubah axis dari shape yang ada. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengubah axis shape
  • Seleksi shape yang sudah ada, rotate supaya axis pada shape dan bone sama. 
  • Setelah axis dari bone dan shape sama, masuk edit mode dan rotate seluruh vertex untuk mengembalikan ke posisi sebelum object di rotasi
  • Setelah itu coba cek pada object mode, posisi axis dari bone dan shape akan tetap sama dan bentuk shape sesuai dengan yang kita inginkan.

Mengaktifkan Custom Shape Rig pada Bone

Setelah semua sesuai, kini saatnya kita menggunakan custom shape rig pada sebuah bone yang diiginkan. Untuk mengaktifkan custom shape rig pada bone, ikuti langkah-langkah di bawah ini
  • Seleksi bone yang ingin diubah dengan bentuk custom shape
  • Masuk pose mode
  • Buka properties bone
  • Pada display, pilih nama shape yang digunakan untuk menggantikan bone terseleksi. Apabila bingung, coba lihat gambar di bawah ini
Mengubah bone dengan shape
Mengubah bone dengan shape
Kurang lebih begitulah cara membuat custom rig di Blender, sehingga bentuk controller rigging sesuai dengan yang kita inginkan dan sesuai juga dengan fungsinya. Semoga dengan tutorial blender custom shape rig ini bisa membantu teman-teman yang sedang belajar rigging dan membantu para animator supaya bisa lebih nyaman karena tidak harus menggerakkan tulang-tulang.

Saran

  • Berikan nama yang sesuai dengan fungsi / bentuknya sehingga bisa mempermudah kamu apabila sudah berurusan dengan custom shape yang banyak
  • Pindahkan shape yang digunakan untuk custom shape rig pada layer yang tidak akan kamu gunakan. Karena metode ini hanya memvisualisasikan bentuknya, tidak menggunakan objeknya
Apabila ada kesalahan dalam penulisan atau kesalahan dalam cara penerapannya, tolong dikoreksi. Sehingga tutorial ini bisa bermanfaat untuk siapapun yang ingin belajar menggunakan Blender.

Salam

panduaji.net

You Might Also Like

0 comments

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe