Bagaimana Developer Game Mendapatkan Penghasilan?

Selasa, Agustus 26, 2014

Darimana penghasilan seorang developer game? Mungkin menjadi pertanyaan untuk orang yang ingin terjun di bidang ini maupun orang yang terkadang iseng memikirkannya. Pada tulisan kali ini saya ingin berbagi informasi tentang peluang penghasilan para game developer. Mungkin bisa jadi pandangan teman-teman yang ingin terjun di bidang ini.

Sepengetahuan saya, para developer game bisa mendapatkan penghasilan dari menjual game, menjual item dalam game dan dari sponsor. Kok bisa? Saya akan coba ulas pada postingan ini :D.

Menjual Game

Game Plant Vs Zombie Terbaru yang dijual $43.90
Game Plant Vs Zombie Terbaru yang dijual $43.90

Menjual game merupakan salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan uang. Karena kita hanya perlu membuat game dan menjualnya. Kita sebagai developer akan mendapatkan uang dari setiap penjualan game. Coba tengok developer game besar seperti EA Sport dan Ubisoft. Mereka mendapatkan banyak sekali uang dari penjualan game yang dibuatnya.

Kartu kredit merupakan salah satu sarana untuk membeli produk apapun di luar negeri, seperti halnya dengan game. Nah, masalahnya kartu kredit belum begitu populer di Indonesia. Sehingga pembelian menggunakan kartu kredit belum besar di Indonesia apalagi di dunia maya yang masih diragukan banyak orang.

Masalah utama dalam penjualan game ini adalah cracker (tolong koreksi apabila salah). Banyak para developer game besar merugi karena ulah para cracker yang menyebarkan versi crack dari game yang baru saja dirilis. Bahkan terkadang dalam hitungan jam di hari yang sama dengan perilisan game, versi crack sudah tersedia dan bisa di download. Developer game besar saja bisa kecolongan secepat itu, apalagi developer game kecil.

Sudah susah payah membuat sebuah game, eh malah dibajak. Gak jadi dapat penghasilan bukan? Setahu saya belum ada solusi konkrit untuk masalah ini. Salah satu solusi yang masuk akal untuk mengatasi hal ini adalah merilis game gratis yang bisa di download oleh siapapun.

Kalau gamenya gratis, terus developer game bisa mendapatkan penghasilan dari mana? Setidaknya ada dua pilihan yang bisa dijadikan opsi oleh para developer game untuk mendapatkan penghasilan dari game yang sudah mereka bagikan secara gratis. Yaitu dengan menjual item premium seperti yang ada pada game clash of clans atau dengan memasang iklan seperti yang ada pada game flappy bird.

Menjual Item Premium

Saat ini kamu bisa download game gratis dengan berbagai macam pilihan, seperti game dota 2 yang bisa kamu download dan mainkan secara gratis. Namun di dalam permainan gratis tersebut, terdapat berbagai macam pilihan item premium yang bisa kamu beli menggunakan uang.

Dalam kasus Dota 2, kamu bisa membeli pakaian dari seorang karakter yang kadang bisa menghabiskan uang ratusan ribu, seperti pakaian karakter di bawah ini
Item Premium Dota 2
Item Premium Dota 2
Dengan membeli item premium, pemain game mungkin bisa mendapatkan prestige atau bisa lebih bergaya dengan karakter yang ada dalam gamenya. Apalagi kalau item tersebut limited edition.

Namun untuk mendapatkan uang dari menjual item premium menurut saya cukup sulit, karena kebanyakan game yang menawarkakn item premium merupakan game online. Untuk game yang sifatnya offline saya belum pernah tahu ada item premium yang dapat dibeli dengan uang.

Untuk menambahkan fitur pembelian ini membutuhkan biaya yang cukup besar sepertinya, sehingga menurut saya kurang cocok kalau developer game kecil yang baru berdiri memilih opsi ini untuk mendapatkan penghasilan dari gamenya,

Opsi terakhir mungkin sangat cocok untuk dimanfaatkan oleh pengembang game yang masih baru merangkak. Pasalnya dengan merilis game gratis, mereka bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan apabila game yang dibuat memang disukai banyak orang. Tanpa orang harus mengeluarkan uang untuk membelinya. Yaitu menempatkan iklan atau sponsor di dalam gamenya.

Memasang Iklan di dalam Game

Iklan di game flappy bird
Iklan dalam game flappy bird

Ini merupakan salah satu cara yang sepertinya paling menguntungkan untuk para pengembang game, karena dengan cara ini pengembang game bisa mendapatkan penghasilan dari para pengiklan dan tidak membuat para pemain game gratisan tersebut mengeluarkan uang untuk bermain game.

Flappy bird adalah salah satu game yang sukses dengan metode ini. Setidaknya flappy bird bisa menhgasilkan sekitar $50.000 per hari atau setara dengan 500 juta rupiah perhari apabila kurs dollar adalah 10.000 (Source: Cnet). Menggiurkan bukan?

Biasanya iklan akan muncul di bawah aplikasi. Mungkin kamu bisa menemuinya di berbagai macam game android dan iOS yang gratis.

Menyediakan slot iklan di dalam game merupakan metode yang cocok untuk para pengembang game mobile yang sekarang sedang berkembang. Terutama untuk smartphone seperti androida dan iOS. Karena iklan hanya akan muncul apabila pengguna terhubung dengan internet.

Menurut saya, saat ini sebagian smartphone dalam kondisi online, entah itu saat membuka sebuah aplikasi, memainkan game atau saat hanya berada di saku pemiliknya. Ini yang menyebabkan peluang pemasangan iklan merupakan cara paling efektif untuk saat ini, terutama para pengembang game yang masih merintis.

Penutup

Semoga dengan adanya tulisan ini teman-teman bisa tahu, sebenarnya dari mana para developer game itu mendapatkan uang. Sehingga teman-teman yang ingin terjun di bidang ini pun bisa tahu bagaimana caranya menghasilkan uang apabila terjun di bidang ini.

Apabila ada kesalahan, pertanyaan maupun ingin menambahkan jangan ragu untuk menuliskannya dalam kolom komentar yang sudah saya sediakan di bawah. Semoga bermanfaat :)

You Might Also Like

4 comments

  1. Very nice article! I'd love to see this in english. Just read it with google translator :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks for read it, maybe i will write it in english on my english blog panduaji.com. Long time no post there... hehe

      Hapus
  2. trus,, klo developer game flash facebook, masang game di fb ada waktunya (kontrak) dan byar brapa, sebelum game tsb ditutup?
    sbg contoh, game2 cina itu kan sepi,, tp lum ditutup, knpa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk game di facebook setahu saya gratis sih, tapi ya nggak tahu lagi. Soalnya belum pernah tahu temen yg bikin game di facebook

      Hapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe