Review SJCam 4000 Wifi, Kamera Aksi Go Pro Killer

Selasa, April 28, 2015

Beberapa bulan lalu aku kepikiran untuk beli sebuah kamera baru, setelah tengok sana dan sini aku baru tau kalau sekarang mulai ngetrend kamera aksi / action cam. Sudah ada satu brand yang menjadi pioner dan seolah menjadi nama produk tersebut seperti dengan pepsodent yang identik dengan pasta gigi, yaitu Go Pro.

Aku coba lihat sih harganya cukup mahal, 3 juta ++. Harganya jauh di luar budget yang cuma 2 jutaan :D. Aku urungkan niat untuk beli alternatif lainnya dan aku nemu SJCAM4000. Sebuah action cam yang mirip-mirip lah dengan Go Pro. Ada dua pilihan saat itu, yaitu SJCAM4000 biasa dan Wifi. Karena selisih harganya lumayan, akhirnya aku beli SJCAM4000 yang wifi.

Beli SJCAM4000 di Cina Lewat Aliexpress


Aku putuskan untuk beli langsung di Cina melalui aliexpress, karena saat itu harga sjcam4000 wifi di Indonesia masih sekitar 1.6 juta. Sedangkan kalau beli di Cina cuma $107-an saja yang apabila di kurskan kurang lebih 1.3 jutaan. 

Selain harga yang relatif lebih murah, aku juga pengen nulis tetang cara berbelanja di aliexpress yang sudah aku posting beberapa waktu yang lalu. Lumayan lah buat nambah isi postingan blog, apalagi belakangan ternyata postingan tersebut membantu banyak orang yang pengen berbelanja langsung ke Cina.

Kalau mau beli SJCAM4000 Wifi juga ini ada yang lebih murah daripada yang aku beli waktu itu Lihat SJCam4000 Wifi

Alasanku Beli SJCAM4000 Wifi

Ada beberapa alasan yang membuatku akhirnya memutuskan untuk membeli SJCAM400 Wifi. Berikut beberapa alasan kenapa aku memilih beli SJCAM4000 Wifi dibanding kamera sejenis yang lain

Enggak Ribet!

Pertimbangan pertama adalah aku suka jalan-jalan dan enggak terlalu suka bawa bawaan yang ribet banget. Dengan SJCAM ini kamera bisa aku masukkan ke saku dan beres deh. Beda lagi kalau bawa DSLR yang harus bawa tas sendiri, makan space banyak dan kudu telaten bersihin, maintenance dll. Males yang ribet seperti itu. Jadi kamera semacam ini bisa mudah dibawa kemanapun, bahkan ke dalam air sekalipun.

Jual Action Cam Berbagai Merk
Kalau kamu bingung mau beli action cam apa, coba deh buka halaman jual action cam berbagai merk.

Kamera ini pun aku pasangi Micro SD sebesar 32 GB yang sudah lebih dari cukup untuk foto-fotoku selama ini. Karena setiap selesai jalan-jalan, hampir semua data langsung aku pindah. Soalnya kalau enggak gitu sering lupa dan males buat mindahin

Anti Air

Sebenernya enggak anti air juga sih, pokoknya kalau waterproof case nya di pasang, airnya enggak masuk dan kena kamera. Jadi aman kalau dipakai underwater maupun upwater. Meskipun di jalanan yang hujan tetap aman ketika casenya di pasang.

Harga Relatif Murah

Jika dibandingkan dengan Go Pro, harga SJCAM4000 Wifi ini jauh lebih murah. Aku enggak terlalu mikirin brand juga sih. Pokok kualitasnya bagus, yasudah pake aja. Lebih mikir ke fungsinya aja sih.

Ada Wifinya!

Ada beberapa teman yang bertanya, sebenarnya buat apa sih kameramu kok ada wifinya? Buat upload ke instagram / sosmed gitu? Jadi dengan adanya wifi aku bisa ngontrol kamera lewat hape. Sehingga enggak perlu minta tolong orang lain buat motoin kalau lagi sendiri.

Udah sih, mungkin 4 point diatas merupakan alasan utamaku beli SJCAM4000Wifi

Review SJCAM4000 Wifi

Aku enggak begitu paham dengan dunia fotografi jadi review ini berdasarkan pengalaman pengguna biasa yang enggak begitu paham dengan berbagai macam hal teknis yang ada di kamera. Aku cuma mau nulis gambaran pengalaman menggunakan SJCAM4000 beberapa bulan ini.

Kalau kamu mungkin lebih paham tentang masalah gini ini, dan aku terlanjur nulis sesuatu yang salah tolong di koreksi lewat kolom komentar yang ada di bagian bawah postingan yak, supaya enggak menyesatkan orang-orang yang sama enggak tahunya seperti aku.

Lensa Wide yang Pas

SJCAM4000 Wifi, punya lensa wide yang menurutku pas. Enggak terlalu wide sehingga menghasilkan gambar yang cembung seperti go pro maupun lensa fish eye. Sehingga jarak dengan jarak yang begitu dekat dengan objek masih bisa kelihatan bagus gitu hasil jepretannya. Menurutku lho ya ....

Jepretan SJCAM4000 Wifi

Warna Birunya Bagus

Beberapa kali moto di berbagai macam tempat, sepertinya kamera ini punya korelasi yang cukup baik dengan warna biru. Karena beberapa foto yang ada dominasi warna birunya cukup bagus hasilnya. Padaha enggak pakai filter apapun, asal enggak backlight hasil birunya beneran keren deh. Ini beberapa jepretan pakai SJCAM4000 Wifi di daerah dengan warna biru yang bagus menurutku

Warna Biru di Istana Gebang Blitar
Warna Biru di Istana Gebang Blitar
Warna biru di lautan Bawean
Warna biru di lautan Bawean
Bagaimana menurutmu? Warna biru hasil jepretan kamera SJCAM4000 Wifi diatas? Bagus apa enggak?

Kurang Bagus untuk Tempat Remang - Remang

Beberapa kali aku coba gunakan SJCAM4000 Wifi untuk mengambil sunset hasilnya enggak sebagus hape motorola moto g yang aku punya. Bener-bener enggak cocok untuk ngejar sunset dan tempat remang - reman dengan intensitas cahaya yang minim. 

Berikut perbandingan antara hasil kamera SJCAM4000 dengan Motorola Moto G saat aku coba ambil sunset di persawahan deket rumah

Sunset dengan SJCAM4000 Wifi
Sunset dengan SJCAM4000 Wifi
Sunset dengan Motorola Moto G
Sunset dengan Motorola Moto G
Keduanya diambil di tempat yang sama dan jam yang selisihnya enggak jauh jauh amat sih. Not recomended dah kalau untuk tempat yang cahayanya remang-remang. 

Beda lagi kalau masih ada lampu, hasilnya enggak terlalu jelek kok. Ini hasil kalau masih ada lampu yang menerangi

Ambil gambar malam dengan penerangan lampu
Ambil gambar malam dengan penerangan lampu

Ada Masalah pada Wifi

Adanya wifi pada kamera ini bener-bener membantu, salah satunya waktu aku solo traveling ke Pacitan. Seenggaknya bisa foto selfie di pantai klayar tanpa minta tolong ke orang lain. 

Selfie pakai Wifi
Selfie pakai Wifi
Sayangnya ada masalah dengan wifi kamera ini. Entah kenapa untuk mode kamera sering delay bahkan bikin aplikasi di android hang. Kalau udah gitu complicated banget deh. Sedangkan kalau untuk mode video, lancar-lancar aja meski ada delay yang enggak begitu lama.

Di tempat-tempat luas semacam pantai wifi error jarang ditemui, selain itu aku juga udah pernah coba di monumen trisula Blitar, kalau waktu ngarahin kamera ke arah cahaya itu enggak ada hang, lancar-lancar aja. Begitu dibalik, langsung gambar berhenti. Mungkin ada malasah dengan sensornya.

Kualitas Video Full HD

Beberapa kali ngrekam video pakai sjcam4000 wifi, hasil lumayan bagus. Apalagi dengan hasil video Full HD 1080p. Ini hasil rekaman video dengan SJCAM4000 Wifi yang aku upload dengan resolusi Full HD di youtube. Kebetulan waktu itu ngetest dengan nyemplungin kamera di kolam yang ada di bagian belakang candi penataran Blitar


Mudah Bikin Videolapse

Selain bisa digunakan untuk video, aku juga pernah nyoba bikin videolapse dengan mudah. Tinggal set timernya aja terus biarin ngrekam sampai semau kita. Setelah itu langsung jadi deh videolapse yang kita inginkan. Ini salah satu contoh videolapse yang aku ambil di area jurug muncar dengan settingan timer 5s.


Foto Underwater Tidak Mengecewakan

Aku baru coba ambil foto underwater dengan kamera ini sekali, yaitu pas main ke Pulau Bawean. Hasil dari foto underwaternya juga enggak jelek kok. Bagus!. Ini foto underwater dengan kamera sjcam4000 wifi yang aku ambil.

Foto Underwater Bawean
Foto Underwater Bawean

Ganti Lensa Mudah



Beberapa waktu lalu ada fog di lensa SJCAM4000 Wifi yang aku pakai. Enggak tahu kenapa kok Fognya bisa muncul. Apesnya, fog itu udah coba kubersihkan dan ternyata enggak bisa. Hasilnya jepretan jadi kurang sip karena ada fognya. Entah gara-gara apa fog itu bisa muncul. Berikut foto ketika sjcam4000 wifi punyaku ada fognya.

Fog pada Lensa
Fog pada Lensa
Kualitas foto sebenernya enggak pengaruh sih, cuma ada bagian foto yang ngeblur. Lha itu karena fog / kabut yang ada dalam kamera. Alhasil aku beli lensa replacement go pro dan hasilnya sama aja perasaan :D . Tutorial cara bongkar pasang lensa lain kali ya, tak bikinin video tutorialnya sendiri. Paling cepet sih akhir bulan ini :D.

Baterai Boros

Bisa dibilang baterai dari SJCAM4000 Wifi ini boros meski fitur wifi enggak di nyalain. Jadi kalau mau pergi jauh ada baiknya punya baterai cadangan untuk gantiin sewaktu-waktu kehabisan baterai. Selain itu juga sediain power bank biar bisa ngecas dimanapun kamu berada.
>

Suara Mic Pelan

Untuk yang mau bikin video pakai kamera ini jangan berharap lebih dengan suara microphone yang masuk. Karena suaranya benar-benar pelan banget. Kadan kedengeran, kadan juga enggak. Bisa digunakan tapi jangan terlalu berharap lebih :D.

Perlu Perbaikan Fitur di Aplikasi Androidnya

File Manager SJCAM4000 Wifi
File Manager SJCAM4000 Wifi

Dengan adanya aplikasi android, aku bisa langsung lihat hasil dari jepretan yang udah di lakuin. Sayangnya, enggak ada fitur thumbnail di aplikasi androidnya. Cuma ada nama filenya aja. Selain itu kadang urutan fila juga enggak urut. Mencar-mencar deh jadinya kalau mau nyari filenya.

Aplikasi androidnya sangat perlu diperbaiki, karena bener-bener bakal ngebantu banget kalau sudah ada fitur thumbnail. Meskipun thumbnail enggak ada, seenggaknya filenya urut sesuai dengan pemotretan juga sudah cukup membantu.

Kesimpulan

Buat yang enggak suka ribet dan pengen hemat space, boleh di beli deh sjcam4000 wifinya. Karena beneran enggak bikin ribet. Selain itu kualitas foto juga lumayan bagus sih menurutku. Bisa digunakan di berbagai macam medan kecuali tempat yang gelap / remang-remang cahayanya.

Cocok buat yang suka jalan-jalan dan mengabadikan moment, kalau untuk pekerjaan yang professional aku kurang tahu sih.

Mungkin itu dulu sih review singkatku tentang kamera SJCAM4000 Wifi yang aku beli beberapa bulan yang lalu. Semoga bisa membantu temen-temen yang masih ragu dengan kamera ini.

You Might Also Like

8 comments

  1. Sama nih kasusnya, lensa kamera ada fog. Beli lensa replacement gopro dmn ya? Ada video bongkar lensa kamera sjcam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli di saya bisa :p . wkwkwkwk

      Untuk video bongkar pasangnya nya mau bikin tapi masih belum sempat.

      Hapus
  2. Gan bnrn jual lensa replacementnya? Kalo iya ada kontak infonya? Sy lagi butuh nih:(, udah ngeblur soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, maaf gan stoknya sudah habis. hehe

      Hapus
  3. Bro kalo mau nonaktifin fish eye nya gimana ya supaya gambarnya normal ga cembung

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak bisa, karena itu lensanya bukan efek aplikasi :)

      Hapus
  4. Gan mau tanya. Kalo jepretan pake wifi ko hasilnya jd ada noise nya kayak garis2 gt ya? Tp kalo wifi nya di matiin, hasil jepretannya normal2 aja. Kira2 kenapa ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau itu aku kurang tahu gan, soalnya aku dulu enggak pernah ngalamin itu. coba deh update firmwarenya.

      Hapus

Komentar spam enggak bakal aku approve lho. Gunakan nama asli bukan keyword :p

Facebook

Subscribe