Peluang Usaha Sampingan Persewaan Kamera

panduaji

0 Comment

Link
Tas Action Cam
Di tengah maraknya virus traveling, banyak membuka peluang usaha baru terutama bagi para pemilik modal, nah salah satu peluang yang enggak terlalu ribet dan enggak membutuhkan banyak biaya adalah rental action cam.

Udah baca review go pro hero 4 yang aku beli beberapa bulan lalu? Nah, aku beli kamera itu juga untuk disewakan. Karena kalau pegang uang cash sering kepake enggak jelas, mending aku beliin barang kemudian disewain. Selain bisa dipakai sendiri bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Usaha Persewaan Actoin Cam
Usaha Persewaan Actoin Cam

Sebenernya uang tersebut aku simpan dalam bentuk barang karena saat ini belum ada kebutuhan yang mendesak. Barang tersebut sebagai tabungan untuk perjalanan agak panjang tahun depan. Jadi kalau waktu mau berangkat kekurangan biaya, aku bisa jual barangnya. Aku enggak pakai itung-itungan yang terlalu ribet.

Anggap aja harga go pro hero 4 silver edition lengkap dengan aksesoris berupa monopod, 2 extra baterai, charger external, tas dan memori card 32Gb itu 6 juta. Apabila satu minggu ada satu orang yang sewa dengan harga sewa 125rb, maka dalam 50 minggu akan terkumpul uang sebesar 6.250.000. Namanya juga angan-angan kalau bisa ngumpul segitu ya Alhamdulillah. Kalau ternyata duitnya masih kurang, enggak ada salahnya kamera dijual, anggap saja 3 jutaan. Kan lumayan ? Itu perhitungannya.

Keperluan untuk Sewa Kamera

Perlengkapan Sewa Action Cam
Perlengkapan Sewa Action Cam
Aksesoris apa aja sih yang dibutuhkan untuk persewaan kamera? Ini sebuah pertanyaan yang sebenernya susah-susah gampang. Karena di setiap persewaan kamera punya standard sendiri-sendiri. Kalau aku sih menyesuaikan dengan yang aku butuhkan selama perjalanan. Berikut standard aksesoris kamera yang aku sertakan dalam paket sewa action cam

Action Cam

Ada banyak jenis action cam yang bisa disewakan, mulai dari yang murah meriah Xiaomi Yi, Bpro, SJCAM, sampai Go Pro Hero 4 Black Edition. Terserah sih mau sewain yang mana, kalau lihat di Blitar peminat dari Xiaomi Yi cukup besar. Karena banyak yang tanya kamera itu daripada Go Pro Hero 4.
Action Cam
Action Cam
Semua action cam yang disewakan sudah termasuk waterproof case yak! Jadi kalau xiaomi yi, ya kamu harus beli waterproof casenya juga. Aku saranin kalau mau disewakan beli yang original biar awet. Soalnya kau pernah beli yang kw itu cepet rusak. 
Baca juga review xiaomi yi action cam

Monopod / Tongsis

Meski enggak terlalu suka pakai monopod / tongsis tapi karena kebutuhan orang yang mau menyewa biasanya untuk berselfie ria kamu HARUS menyertakan aksesoris ini dalam paket sewa action cam! Hukumnya wajib memenuhi kebutuhan konsumen.
Monopod / Tongsis Action Cam
Monopod / Tongsis Action Cam
Untuk Monopod aku percaya pakai Attanta SMP-07, harganya 100 ribuan belum termasuk ongkos kirim. Ada sih yang mirip attanta smp-07 yaitu hunter seri berapa gitu. Harganya sama, handgripnya karet lebih enak dipegang sebenernya. Tapi bagian mur baut ada yang gampang lepas. Makanya aku lebih rekom pakai SMP-07.
Selain itu biasanya akan sulit untuk memanjangnkan sticknya gegara ada air di dalam. Pastikan kering sebelum memendekkan monopod / tongsis tersebut biar lancar kalau mau dipanjangin maupun dipendekin.

2 Baterai Cadangan dan External Charger

External Charger dan Chargernya
External Charger dan Chargernya
Selain menggunakan baterai bawaan kamera aku sediakan 2 baterai cadangan yang membuat siapapun yang sewa bener-bener aman dari kehabisan baterai. Pastikan kedua baterai dalam kondisi terisi penuh saat disewa sehingga tidak ada celah komplain untuk hal ini :D.
Wajib disertakan external charger, karena semua action cam yang aku miliki secara default alias bawaan enggak ada external chargernya. Semua di cas menggunakan kamera. Kalau kamera buat ngecas, lha terus gimana foto-fotonya? Dengan adanya external charger semua jadi lebih mudah, tetunya lengkap dengan kabel datanya. Kalau emang kekurangan baterai, bisa di cas pakai power bank dan kamera tetep bisa dipakai.

Micro SD 32 Gb

Micro SD 32 Gb
Micro SD SanDisk 32 Gb
Aku pakai Micro SD Sandisk Ultra 32 Gb untuk semua kamera yang aku sewakan. Dengan memoricard sebesar itu sebenernya mubadzir sih, soalnya enggak pernah orang sewa sampai penuh setengahnya aja. Tapi enggak ada salahnya kalau sewaktu-waktu disewa agak lama dan butuh memori yang cukup besar.
Selisih harga Micro SD 32 Gb juga enggak terlalu banyak jika dibandingkan yang 16 Gb. Jadi ya sekalian aja sih. Harganya sekitar 150 ribuan kalau enggak salah.

Tas Action Cam

Tas Action Cam
Tas Action Cam
Tas action cam ini penting banget, selain buat melindungi kamera ketika di sewa juga memudahkan orang untuk menata kamera dan membawanya. Aku prefer pakai tas yang kecil karena lebih enak bawanya, kalau yang medium itu terlalu besar sehingga makan tempat cukup banyak.

Menentukan Harga Sewa Action Cam dan Jaminan

Untuk menentukan harga sewa action cam memang susah-susah gampang sih, ada baiknya lihat kompetitor yang sudah ada di daerah sekitarmu. Pilih yang reasonable price, jangan terlalu mahal apalagi murah. 
Di Blitar beberapa waktu lalu ada yang sewain Yi Cam dengan harga 30rb sehari, ternyata perlengkapan aksesorisnya hanya waterproof case, tongsis dan mmc 16 Gb. Karena aku punya standard yang beda, aku tetep pede aja pakai harga 50rb sehari :).
Keputusan harga sewa action cam sepenuhinya kebijakan kamu. Tapi berdasarkan diskusi bareng Mas Wisnu, ada baiknya menyesuaikan dengan harga kameranya. Berikut pricelist harga sewa kamera yang aku tawarkan
  • SJCAM SJ4000Wifi : 40 ribu / hari
  • Xiaomi Yi : 50 ribu / hari
  • SJCAM SJ5000+ : 75 ribu / hari
  • Go Pro Hero 4 SE : 125 ribu / hari.
Semua kelengkapan aksesorisnya sama sesuai dengan poin-poin yang aku jelaskan diatas. Kalau untuk jaminan biasanya aku pakai E-KTP. Kalau Go Pro Hero 4 pakai KK Asli juga bukan fotokopian :D.
Biar makin mantep bikinin aja surat perjanjian dengan materai 6 ribu supaya mengikat. Intinya semua kerusakan ketika sewa adalah tanggung jawab penyewa. Aku enggak terlalu ketat untuk jam pengembalian. Kecuali kalau ada yang antri sewanya baru aku kejar-kejar kalau mau overtime 😀 

Modal Biaya untuk Paket Sewa Kamera Action Cam

Berapa modal yang dibutuhkan untuk paket sewa action cam? Nah, ini agak susah ya, karena belum ada yang jual paket sesuai dengan yang aku inginkan. Jadi belinya di tempat yang terpisah sehingga biaya enggak bisa bener-bener fix. Kurang lebih berikut biaya yang dibutuhkan untuk beberapa paket yang aku tawarkan diatas.

Paket Xiaomi Yi untuk Rental yang Disarankan

  • Xiaomi Yi + Battery + USB cable (Standard Package)
  • Tongsis Attanta SMP-07/ Sejenisnya
  • WaterProof Case Kingma up to 40M (Garansi 7 hari)
  • Sandisk Micro SD 32GB (Class 10) up to 48MB/s (Garansi 5 tahun) 
  • External Charger + Extra Battery (Garansi 7 hari)
  • Tas Medium
Yang membedakan dengan standardku sih cuma jumlah baterai externalnya. Harganya sekitar 1.6 juta sudah dapet komplit.

Paket Go Pro Hero 4 untuk Rental yang Disarankan

  • Go Pro Hero 4 Silver Edition (garansi 2 tahun)
  • Extra rechargeable for gopro
  • Charger 2slot
  • Tas for gopro
  • Memory sandisk high speed 32gb class 10
  • Monopod tongsis underwater /  Tongsis 3 Way
Sedikit berbeda dengan yang aku punya tapi enggak masalah sih, sudah lebih dari cukup kalau untuk sewa. Kisaran harganya sih sekitar  5.8 juta.

Layanan Pelanggan

Sebelum menyewakan kamera, kamu harus memastikan bahwa semua kamera bisa berjalan dengan baik. Mulai dari password wifi masing-masing kamera terus jangan lupa untuk mengajari yang sewa cara mengoperasikan. Cara menghubungkan kamera, dll.
Selain itu waktu dikembalikan pastikan semua kamera dalam kondisi normal. Cek semua perangkatnya harusnya tidak ada yang berubah. Coba aktifkan wifi dan coba ambil foto dan lihat hasilnya. Ketika semua baik-baik saja ya sudah selesai deh urusannya.
Kalau kamu sewain macem-macem kamera kamu kudu ngerti kelebihan dan kekurangan masing-masing kameranya. Sehingga pelanggan bisa tahu kamera mana yang sesuai dengan yang diharapkan.
Kamu punya uang nganggur? Mending di investasikan seperti ini supaya bisa jadi passive income yang lumayan lho. Udah sih gitu aja postingan tentang peluang usaha sampingan buka persewaan kamera. Kalau ada yang mau ditanyakan, tulis aja di kolom komentar

Tags:

Share:

Related Post

Leave a Comment