Mending FRESH Install

panduaji

0 Comment

Link
Mending FRESH Install 1
Ubuntu 11.04 img by ubuntu.com
Ubuntu 11.04 sudah rilis, dan kini sudah banyak dari teman-teman saya menggunakannya. Banyak fitur  baru yang tertanam dalam ubuntu terbaru ini. Salah satu yang mencolok adalah desktop environment yang beralih dari GNOME menjadi UNITY.

Saya sendiri selama ini setia bersama Lucy (Ubuntu 10.04) dan ingin sekali segera melakukan upgrade untuk menggunakan Natty (Ubuntu 11.04). Awalnya saya enggan untuk melakukan fresh install, karena saya harus melakukan instalasi software-software yang saya butuhkan dan itu memakan cukup banyak waktu, oleh karena itu saya putuskan untuk upgrade menjadi 10.10 terlebih dahulu sebelum upgrade 11.04.

Setelah melakukan penantian sekitar 20 jam melakukan upgrade, saya berhasil migrasi ke Maverick (Ubuntu 10.10), namun muncul sebuah permasalahan baru. Saya tidak dapat login ke desktop, lantaran pesan error “GNOME Power Manager have not been installed correctly “. Padahal sebelumnya saya upgrade dari 9.10 ke 10.04 menggunakan cara ini tidak timbul masalah. Masalah kali ini berbeda dengan masalah yang pernah saya alami sebelumnya yang terpecahkan dengan tulisan ini

Beruntung saya melakukan dual boot dengan linux mint, sehingga saya bisa menggunakannya untuk back up data saya yang ada di file system Maverick dan mendownload ISO Ubuntu 11.04. Karena hal tersebut akhirnya saya memilih untuk melakukan FRESH INSTALL Ubuntu saya.

Dengan melakukan Fresh Install tentu saya perlu melakukan beberapa hal dibawah ini
  • Menginstal aplikasi yang saya butuhkan secara manual
  • Mengkonfigurasi beberapa file yang sudah saya otak-atik
  • Download library, driver dll
Karena memang benar-benar baru menginstall sebuah OS pada Laptop. Mungkin itu sedikit share saya tentang ubuntu opsi upgrade atau fresh install. Semoga bisa jadi pertimbangan buat teman-teman yang ingin melakukannya juga.

Tags:

Share:

Related Post

Leave a Comment