panduaji

Kategori: Uncategorized

Mineswaper Bukan Sekedar Adu Untung

Diperbarui:

Sebagai bagian dari komitmen kami terhadap transparansi, beberapa link di situs kami adalah link afiliasi. Artinya, tanpa biaya tambahan untuk Anda, kami mungkin mendapatkan komisi jika Anda memutuskan untuk melakukan pembelian melalui link tersebut. Komisi ini membantu kami membiayai keberlangsungan blog ini.

Mineswaper, adalah salah satu game dasar yang sudah terinstall secara default di beberapa sistem operasi seperti Ubuntu dan Windows. Ketika saya kecil dulu, saya cuma asal pencet, yang penting tidak menekan bagian yang merupakan BOM. Saya tidak tahu dimana letak bom tersebut, pokoknya asal pencet, kalau kepencet bom ya tinggal mengulangi. Hingga suatu ketika, saat bermain mineswaper saya diberitahu oleh seseorang (lupa siapa) rumus bermain mineswaper. Semenjak itulah main mineswaper jadi sangat begitu serius.

Menang mineswaper
Menang mineswaper 😀

Ternyata game ini bukanlah game adu keberuntungan menekan tempat yang bukan bom, namun merupakan game matematika, meski terkadang di dalamnya kita memerlukan sedikit gambling saat logika tidak menemukan jawabannya. Mirip-mirip dengan sudoku yang sampai saat ini masih membingungkan karena belum pernah main, cuma lihat temen yang serius main. Menurut saya mineswaper merupakan game yang sederhana namun menantang. Tidak seribet sudoku :D.

Mungkin yang baca tulisan ini tahu bagaimana rumusnya mineswaper, mengingat perkembangan zaman yang semakin cepat. Game-game seperti ini sudah mulai dimainkan oleh anak-anak. Saya cuma sekedar membagikan rumus rahasia bermain mineswaper. Siapa tahu aja ada yang belum tahu dan ingin mencoba. Hati-hati saja bisa bikin ketagihan lo :D.

RUMUS GAME MINESWAPER

Pertama-tama saat kita berrmain kita bisa memilih secara acak kotak mana yang ingin kita buka. Jika beruntung (lebih banyak beruntungnya sih), saat pertama kali buka kotak maka akan muncul banyak sekali ruang kosong yang aman dari bom. Sehingga kita bisa lanjutkan membuka kotak selanjutnya.
langkah pertama mineswaper
langkah pertama mineswaper
Untuk pilihan kedua mungkin akan sedikit berfikir, supaya tidak langsung terkena ranjau dan harus mengulang. Ada berbagai macam angka di sekitar kotak yang sudah terbuka. Itu merupakan kata kunci dalam membuka langkah selanjutnya. Coba perhatikan angka satu dan tiga yang saya tandai di bawah ini
perhatikan kotak yang ditandai
perhatikan kotak yang ditandai
Angka-angka tersebut adalah kunci untuk menemukan lokasi ranjau yang berada di sekitar angka. Angka 1 berarti di sekeliling angka tersebut terdapat sebuah ranjau. Sedangkan angka tiga berarti di sekitar angka tersebut ada 3 buah ranjau. Selama ini saya main, paling besar angkanya adalah angka 6, itupun jarang sekali keluar. Berikut gambar penjelasan dimana kemungkinan ranjau berada
posisi pasti ranjau
posisi pasti ranjau
Kotak warna orange lapis dua merupakan area yang di cover oleh kotak yang ada di lapis dua. Jadi bisa dipastikan bahwa dibawah angka satu tersebut adalah sebuah ranjau. Kita bisa menandai dengan melakukan klik kanan (OS Ubuntu). Sehingga tampak seperti gambar di bawah ini. Untuk kotak dengan angka tiga yang saya tandai, kita perlu melakukan analisa pada angka-angka disekitarnya. sehingga kita bisa menandai dimana saja bom itu berada.
Kemungkinan ranjau berada
Kemungkinan ranjau berada
Masih bingung dengan apa yang saya jelaskan? Coba mainkan mineswaper dan pilihlah salah satu kotak sampai anda menemukan sebuah ranjau. Dan pelajari posisinya berdasarkan angka-angka yang berada disekitarnya.
 analisa lokasi ranjau
analisa lokasi ranjau
Shopee Lovember

2 thoughts on “Mineswaper Bukan Sekedar Adu Untung”

Leave a Comment